Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa

17 Februari 2016

Memasuki usia lebih dari empat dasawarsa, PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau yang dikenal dengan Asuransi Jasindo telah ditempa oleh pengalaman yang panjang sehingga berhasil meraih kepercayaan publik serta memiliki kinerja usaha yang gemilang. Pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras segenap karyawan serta dukungan pihak eksternal, termasuk di antaranya adalah seluruh Penyedia Barang dan/atau Jasa yang bermitra dengan Asuransi Jasindo. 

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, pembiayaan untuk Pengadaan Barang dan/atau Jasa di Asuransi Jasindo bersumber dari anggaran perusahaan. Adapun pelaksanaannya berpedoman pada peraturan perusahaan yang disusun dengan mengacu pada Peraturan Menteri Negara BUMN No.PER-05/MBU/2008 tanggal 3 September 2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara serta Peraturan Menteri BUMN No.PER-15/MBU/2012 tanggal 25 September 2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Negara BUMN Nomor PER-05/MBU/2008 tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa Badan Usaha Milik Negara. 

Dalam pelaksanaannya, Pengadaan Barang dan/atau Jasa di Asuransi Jasindo menerapkan prinsip-prinsip di antaranya efisien, efektif, kompetitif, transparan, adil dan wajar, serta akuntabel. 

Terdapat empat metode yang dapat dipergunakan dalam Pengadaan Barang dan/atau Jasa di Asuransi Jasindo. Pemilihan dalam penggunaan metode pengadaan dilakukan dengan mempertimbangkan dan memperhatikan jenis, sifat dan nilai barang dan/atau jasa dan jumlah Penyedia Barang dan/atau Jasa yang ada. Empat metode dimaksud adalah sebagai berikut : 

1. Pembelian Langsung 

Pembelian terhadap barang yang terdapat di pasar, dengan demikian nilainya berdasarkan harga pasar. 

2. Penunjukan Langsung 

Pengadaan Barang dan/atau Jasa yang dilakukan secara langsung dengan menunjuk 1 (satu) Penyedia Barang dan/atau Jasa atau melalui beauty contest.

3. Pemilihan Langsung (Seleksi Langsung untuk Pengadaan Jasa Konsultan) 

Pengadaan Barang dan/atau Jasa tanpa melalui pelelangan dan hanya diikuti oleh Penyedia Barang dan/atau Jasa yang memenuhi syarat, yang dilakukan dengan cara membandingkan penawaran sekurang-kurangnya 2 (dua) penawaran.

4. Pelelangan Terbuka (Seleksi Terbuka untuk Pengadaan Jasa Konsultan) 

Pengadaan Barang dan/atau Jasa yang pelaksanaannya diumumkan secara luas melalui media massa guna memberi kesempatan kepada Penyedia Barang dan/atau Jasa yang memenuhi kualifikasi untuk mengikuti pelelangan.

Evaluasi dilakukan pada setiap Pengadaan Barang dan/atau Jasa di Asuransi Jasindo untuk memastikan bahwa proses yang dilakukan sesuai dengan ketentuan serta prinsip-prinsip pengadaan. 

Sebagai komitmen untuk berintegritas dalam pelaksanaan Pengadaan Barang dan/atau Jasa, Pakta Integritas menjadi instrumen dalam setiap proses Pengadaan Barang dan/atau Jasa. Prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik senantiasa dipegang teguh dan diterapkan oleh seluruh jajaran manajemen dan staf Asuransi Jasindo, salah satunya dengan tidak menerima pemberian dalam bentuk apapun dari Penyedia Barang dan/atau Jasa.