Tata Kelola Perusahaan

17 Maret 2016

Asuransi Jasindo sebagai perusahaan asuransi menyadari pentingnya penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance), terutama guna mendapatkan kepercayaan dari Stakeholders. Hal ini tercermin dari komitmen untuk menerapkan GCG di perusahaan sejak tahun 1999.

Dalam pelaksanaannya, seluruh Insan Jasindo senantiasa melakukan perbaikan yang berkelanjutan dengan tetap mengacu kepada Peraturan Menteri BUMN No.PER-01/MBU/2011 tentang penerapan Praktik Good Corporate Governance di Badan Usaha Milik Negara.

Sebagai perusahaan asuransi, penerapan GCG ini juga mengacu kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 02/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan yang Baik bagi Perusahaan Perasuransian.

Asuransi Jasindo telah memiliki kebijakan/perangkat GCG yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam mengimplementasikan GCG di Asuransi Jasindo, yaitu:

1. Pedoman Good Corporate Goverenance (GCG Code) PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

2. Board Manual (Persero) PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

3. Audit Committee Charter (Piagam Komite Audit) PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

4. Internal Audit Charter (Piagam Audit Internal) PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

5. Kebijakan Kepatuhan Hukum dan Peraturan Perundang-undangan PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

6. Kebijakan Mekanisme Benturan Kepentingan (Conflict Of Interest) PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

7. Kebijakan Larangan Pemberian dan Penerimaan Hadiah Atau Suap (Gratifikasi) Di Lingkungan PT Asuransi Jasa   Indonesia (Persero)

8. Mekanisme Pelaporan Penyimpangan atau pelanggaran  (Whistle Blowing) Di Lingkungan

9. Pelaporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

10. Enterprise Risk Management (ERM) Committee Charter (Piagam Komite Kebijakan Risiko) PT Asuransi Jasa Indonesia            (Persero)

11. Code of Conduct

Asuransi Jasindo secara aktif melakukan assessment GCG baik eksternal (oleh pihak independen) maupun internal (self assessment) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dimana untuk tahun 2015 diperoleh skor 92,95 dengan predikat “Sangat Baik”.

Selain itu, sebagai bukti kepercayaan Stakeholders, Asuransi Jasindo memperoleh penghargaan sebagai berikut:

1. Peringkat 1 Kategori BUMN Keuangan – Non Listed dalam Annual Report Award 2015.

2. Predikat “Most Trusted Company” dalam CGPI Award 2015 oleh Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).

3. Asuransi yang Berpredikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2014 pada Infobank Insurance   Awards 2015

4. BUMN Kategori Industri Keuangan yang Berpredikat “SANGAT BAGUS” atas Kinerja Keuangan Selama Tahun 2014 pada   Infobank BUMN Awards 2015

5. Kategori Strategic Marketing “Silver” dan Tactical Marketing “Silver” pada BUMN Marketing Award 2015

6. Top 3 Best Financial Performance pada Warta Ekonomi Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2015

7. Best of Employee Net Promotor Score on Insurance Sector oleh Indonesia Human Capital Study (IHCS) tahun 2015

8. Best of Human Capital Index on Insurance Sector oleh Indonesia Human Capital Study (IHCS) tahun 2015

9. Top IT Transformation on insurance sector 2015

10. CEO PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) – Top ICT Leadership 2015

11. Top IT Manager 2015


Guna menjaga kepercayaan dari Stakeholders, Asuransi Jasindo melakukan pemeringkatan, baik nasional maupun internasional dengan hasil sebagai berikut:

1. Outlook Stable id AA (Pemeringkatan oleh Pefindo tahun 2015)

2. Best Financial Rating (FSR) Outlook Stable B++ & Issuer Credit Rating (ICR) Outlook Stable bbb+ (Pemeringkatan     oleh AM Best tahun 2015).


Dalam penerapan GCG dibutuhkan komitmen seluruh insan Asuransi Jasindo, terutama kepatuhan pada etika jabatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Dengan adanya komitmen, maka dapat meningkatkan citra perusahaan dan pelayanan kepada pelanggan. Sehingga dapat meningkatkan daya saing perusahaan serta memberikan nilai tambah kepada Stakeholders.

 


Kebijakan Mekanisme Benturan Kepentingan

Audit Committee Charter 2013

Internal Audit Charter

Board Manual 2013

Kebijakan Kepatuhan Hukum

Kebijakan Larangan Gratifikasi 2013

GCG Code 2013

Kebijakan LHKPN

Kebijakan Whistleblowing