2017-09-15 15:00:14

4 Hal Positif yang Bisa Dipelajari Anak Lewat Traveling

4 Hal Positif yang Bisa Dipelajari Anak Lewat Traveling

Berjalan-jalan ke tempat-tempat baru saat traveling bisa memperkaya diri kita, mulai dari mengembangkan empati, memahami keragaman budaya, serta memberikan pemahaman yang lebih baik akan dunia. Begitu pula saat kita traveling bersama anak. Berikut ini adalah hal-hal positif yang dapat Anda ajarkan pada anak saat traveling bersama.

1.Belajar prioritas
Tak hanya selama traveling, anak bisa belajar tentang prioritas bahkan sejak masih berkemas sebelum berangkat. Bantu anak menentukan barang-barang mana yang perlu dibawa, dan mana yang bisa ditinggalkan di rumah. Contohnya, jika anak memiliki boneka beruang kesayangan yang biasa dipeluk saat tidur, namun ukurannya terlalu besar untuk dibawa traveling, Anda dapat memberikan pengertian pada anak mengapa boneka beruangnya tidak bisa ikut bepergian. Anda bisa meminta anak membawa barang lain yang juga bisa membuatnya menikmati perjalanan, misalnya buku favorit atau mainan kesayangan yang bisa dibongkar pasang sehingga ringkas saat dikemas.

2.Belajar negosiasi
Belajar negosiasi saat traveling dapat dilakukan dalam berbagai kesempatan. Mulai dari saat merencanakan perjalanan, libatkan anak untuk ikut merencanakan itinerary dan menentukan tempat mana saja yang perlu dikunjungi. Anak pasti sudah memiliki ide sendiri untuk tempat mana yang ingin mereka datangi, mana yang tak ingin mereka datangi. Di sisi lain, Anda juga punya pertimbangan lain saat menentukan destinasi, misalnya tempat tersebut tak hanya menyenangkan namun juga edukatif. Saat inilah Anda bisa mulai mengajak mereka berdiskusi dan mengajarkan tentang negosiasi. Beri mereka pemahaman mengapa satu tempat bisa dikunjungi sedangkan tempat lain tidak, jelaskan apa manfaatnya bagi mereka dan bagi keluarga.

3.Belajar menghargai perbedaan
Dengan traveling, anak-anak dapat melihat langsung keragaman yang ada di dunia, salah satu yang paling menantang adalah ketika bertemu banyak orang dari berbagai penjuru dunia, termasuk penduduk setempat. Jadikan momen ini saat untuk mengajarkan anak agar bisa menghargai perbedaan antara berbagai orang dan budaya. Tugas Anda adalah untuk memberitahu mereka betapa indahnya keanekaragaman dan bagaimana cara menghargai siapapun yang mereka temui tanpa memandang latar belakang mereka.

4.Belajar menghadapi kejadian tak terduga
Meski Anda sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang, tetap saja ada kemungkinan hal tak terduga terjadi saat traveling. Mulai dari ketinggalan pesawat atau kereta api, kehabisan tiket, kehilangan barang-barang berharga, hingga anggota keluarga jatuh sakit. Kejadian-kejadian seperti ini bisa merusak suasana liburan dan mengganggu rencana perjalanan yang sudah Anda susun sebelumnya. Jika hal-hal yang tidak terduga ini terjadi, Anda harus mengajarkan pada anak untuk tidak panik dan tetap tenang menikmati perjalanan. Ajarkan anak untuk tetap bersyukur dan melihat sisi positif tiap kejadian. Lagipula, momen seru perjalanan keluarga ini tidak terjadi setiap hari, bukan?

Selalu ada kemungkinan hal-hal tak terduga terjadi selama perjalanan. Lindungi diri dan keluarga sepanjang jalan dengan Jasindo Travel Insurance, produk asuransi perjalanan komprehensif yang memberikan jaminan manfaat perlindungan medis (reimbursement), bantuan darurat (evakuasi dan repatriasi), kecelakaan diri dan meninggal dunia akibat kecelakaan, ketidaknyamanan perjalanan, dan manfaat lainnya termasuk bantuan tanggung jawab hukum dan risiko mobil sewa untuk tertanggung yang melakukan perjalanan lintas negeri maupun lintas negara.Dapatkan Jasindo Travel Insurance di agen-agen penjualan dan cabang-cabang Asuransi Jasindo terdekat. Anda juga bisa menghubungi kami untuk memeroleh informasi lebih lanjut.

Bagikan