2017-09-15 14:49:39

4 Tips Sukses Berbisnis Bersama Pasangan

4 Tips Sukses Berbisnis Bersama Pasangan

Menjalankan bisnis bersama pasangan memang seru. Selain bisa menghabiskan waktu bersama, Anda juga bisa menentukan karir bersama. Namun hati-hati, berbisnis bersama pasangan bisa berubah jadi mimpi buruk, merusak tak hanya bisnis namun juga hubungan Anda. Supaya tidak terjadi, berikut 4 tips sukses saat berbisnis bersama pasangan:

1.Sepakati visi dan misi bisnis
Kesamaan tujuan dan cara pandang, termasuk visi dan misi bisnis yang hendak dibangun bersama pasangan adalah hal utama dan hal pertama yang perlu Anda pastikan. Ini akan mengurangi potensi konflik saat menjalankan bisnis bersama pasangan. Misalnya jika Anda berdua mengembangkan bisnis restoran dengan menu makanan organik sehat, lalu pasangan tiba-tiba punya ide memperluas bisnis dengan membuka waralaba. Anda punya kesamaan passion dan tujuan namun perbedaan cara meraih tujuan. Sepakati terlebih dulu visi dan misi bisnis karena kedua hal ini akan sangat memengaruhi strategi pengembangan bisnis.

2.Pembagian tugas dan tanggung jawab yang tegas
Pembagian peran yang jelas juga akan memudahkan Anda dan pasangan untuk fokus pada tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam bisnis. Misalnya, Anda mengurus produksi dan operasional bisnis sehari-hari sedangkan pasangan mengurus masalah pemasaran dan pengembangan bisnis. Dengan pembagian peran yang jelas, masing-masing pihak bisa berkonsentrasi pada tugas dan dapat saling memberi masukan atau kritik dengan objektif.

3.Berikan batasan antara urusan pribadi dan bisnis
Tantangan terbesar menjalankan bisnis bersama pasangan adalah bersikap profesional. Anda dan pasangan harus menetapkan batasan dengan memisahkan urusan pribadi dengan bisnis. Dalam menjalankan bisnis, kesampingkan dulu masalah pribadi dengan pasangan. Jika tidak bisa bersikap profesional, maka selain bisnis yang akan berantakan, hubungan Anda dan pasangan juga bisa terancam berakhir.

4.Saling menghormati dan dewasa dalam berkonflik
Kurangi potensi konflik dengan tidak langsung berkomentar atau menyalahkan ketika pasangan melakukan kesalahan. Hal ini bisa berujung pada saling menyalahkan atau membela diri dan meningkatkan skala konflik. Anda berdua harus bisa dewasa, menekan ego pribadi dan menyikapi konflik bisnis dengan profesional. Kemudian cari tahu penyebab dan menyelesaikan masalah tersebut bersama-sama, sejalan dengan visi misi yang sudah Anda berdua tetapkan di awal.

Bagikan