2017-08-01 09:28:29

5 Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Pancaroba

5 Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Pancaroba

Sebentar panas, sebentar hujan. Di Indonesia, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya ini biasa terjadi pada bulan September dan April. Cuaca tak menentu membuat tubuh harus beradaptasi pada perubahan cuaca dan temperatur. Akibatnya daya tahan tubuh menurun, virus dan bakteri pun jadi makin mudah berkembang biak. Tak heran, orang lebih mudah terserang flu, batuk, demam, dan diare di musim pancaroba. Lakukan 5 tindakan pencegahan berikut agar daya tahan tubuh terjaga dan Anda tetap sehat selama musim pancaroba.

1.Perbaiki Asupan Nutrisi

Pastikan paduan asupan harian Anda memberikan semua unsur nutrisi yang diperlukan tubuh, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral. Tak ketinggalan, minum 2 liter air putih per hari secara bertahap.

2.Olahraga Teratur

Lakukan olahraga rutin minimal 3 kali seminggu, masing-masing selama 45 menit. Olahraga membantu meningkatkan daya tahan tubuh, memperlancar peredaran darah dan sistem metabolisme, serta membantu menjaga berat badan. Tak perlu olahraga berat. Cukup latihan-latihan fisik yang sederhana namun efektif, seperti lari dan bersepeda.

3.Cukup Istirahat

Untuk orang dewasa, lama jam tidur ideal yang direkomendasikan oleh National Sleep Foundation dari Amerika Serikat adalah 7-9 jam. Tak hanya memulihkan stamina, tidur berkualitas juga bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme, meregenerasi sel tubuh, dan membantu menjaga kesehatan mental.

4.Konsumsi Suplemen Bila Perlu

Meski sudah menjalani pola makan sehat, tak ada salahnya tetap mengonsumsi suplemen yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Suplemen yang biasa dikonsumsi adalah yang mengandung vitamin C, Zinc, atau Echinacea. Pastikan Anda membaca label yang tercantum pada kemasan suplemen untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi tubuh.

5.Jaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Selain mandi dua kali sehari, jaga kebersihan diri dengan cuci tangan sebelum makan dan setelah keluar dari toilet. Perhatikan juga kebersihan lingkungan sekitar. Meski Anda sudah mengonsumsi makanan sehat dan bersih, percuma jika alat memasak dan makannya tidak bersih dan tidur di kamar yang berdebu? Kalau begini, penyakit akan terus menjadi ancaman bagi Anda. Kurangi kesempatan kuman dan bakteri untuk berkembang biak dengan menjaga kebersihan secara menyeluruh, diri dan lingkungan.

Apapun cuaca dan kondisi lingkungan, pastikan kesehatan tetap terjaga dengan pilihan perlindungan dari Jasindo sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.



Bagikan