2018-01-15 10:39:25

5 Cara Menjaga Stamina Saat Mengemudi Jarak Jauh

Tidak hanya mobil yang harus Anda siapkan saat akan menempuh perjalanan jarak jauh. Menjaga stamina saat mengemudi jarak jauh pun wajib Anda lakukan. Apa saja yang sebaiknya Anda lakukan untuk menjaga kondisi tubuh saat akan berkendara dalam jarak jauh?

  1. Perhatikan kenyamanan berkendara, mulai dari posisi kursi hingga jarak dengan setir
    Posisi yang tidak pas dan tidak nyaman saat berkendara akan membuat pengemudi cepat lelah. Atur jarak bangku dengan setir senyaman mungkin. Setel kursi agar Anda tidak perlu meregangkan badan saat menyentuh kemudi. Lalu posisikan kursi Anda pada sudut 100 derajat, sehingga Anda tidak membungkuk. Dan ganjal bagian punggung Anda menggunakan bantal kecil atau bahkan handuk yang digulung.
  2. Menyiapkan makanan sehat
    Mengemas makanan Anda sendiri adalah cara terbaik untuk tetap mengonsumsi makan sehat sekaligus menjaga stamina saat mengemudi jarak jauh. Makanan yang baik dibawa antara lain buah-buahan kering, buah segar yang tahan lama seperti apel, anggur, atau jeruk, dan kacang-kacangan.
  3. Mencukupi kebutuhan cairan
    Isi kembali energi Anda dengan mengonsumsi air putih. Hindari mengonsumsi cairan lain seperti kopi, sirup, atau minuman yang mengandung kafein, soda, dan pewarna lainnya. Selain memngembalikan kesegaran tubuh, air putih bisa membuat Anda lebih berkonsentrasi. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih minuman isotonik untuk mengembalikan elektrolit tubuh.
  4. Sempatkan beristirahat sejenak
    Jika Anda menempuh jarak perjalanan hingga 6 jam, sebaiknya beristirahat setiap 2 jam sekali. Hal ini dibutuhkan untuk menghilangkan ketegangan pada otot-otot tubuh sekaligus memulihkan tenaga, baik dengan makan atau sekadar berbaring. Jika Anda mengemudi mobil terlalu lama tanpa beristirahat, tubuh akan kekurangan konsentrasi.
  5. Tetap relaks dan jangan terbawa emosi di jalanan
    Saat terjebak macet, Anda rentan emosi. Kelola emosi dengan mengatur napas atau mendengarkan lagu favorit. Melakukan peregangan otot-otot di dalam kendaraan beroda empat sambil ngemil saat terjebak macet juga bisa jadi pilihan. Manfaatkan semaksimal mungkin kemacetan dengan melakukan hal-hal menyenangkan atau sekadar beristirahat sejenak.

Selain menjaga kesehatan Anda sebagai pengemudi, hadirkan perlindungan menyeluruh sepanjang perjalanan dengan mengasuransikan kendaraan Anda bersama Asuransi Jasindo Oto yang memberikan beragam pilihan jaminan perlindungan dengan kemudahan pembayaran premi, mulai dari Kerugian (Kerusakan atau Kehilangan) Kendaraan Bermotor, Tanggung Jawab Hukum terhadap Pihak Ketiga, dan Santunan terhadap Pengemudi dan Maximum 3 Orang Penumpang.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Jasindo Oto, hubungi contact center 24 jam kami di 1500073 atau kunjungi website www.jasindo.co.id.

Bagikan