2017-10-18 08:16:16

5 Langkah Membuat Review Keuangan Akhir Tahun yang Efektif

5 Langkah Membuat Review Keuangan Akhir Tahun yang Efektif

Akhir tahun sudah di depan mata. Sudah waktunya memeriksa kondisi keuangan Anda. Coba cek tabungan, investasi, dan rencana keuangan Anda. Apakah masih sejalan dengan rencana dan target finansial yang Anda buat di awal tahun? Jika tidak, Anda perlu membuat review yang efektif agar bisa memperbaiki rencana keuangan Anda untuk tahun depan. Simak 5 langkah membuat review keuangan akhir tahun yang efektif bersama Jasindo:

1.      Hitung Seberapa Banyak Hutang Konsumtif Anda
Membeli barang konsumtif dengan berhutang artinya Anda belum layak memiliki barang tersebut. Boleh saja menambah hutang, tapi hutang produktif, artinya hutang yang digunakan sebagai modal usaha. Ingat bahwa total cicilan hutang bulanan tidak lebih dari 30% penghasilan. Jika lebih dari itu, jadikan “Melunasi Hutang” sebagai catatan keuangan akhir tahun Anda. Anda bisa mulai melunasi hutang dengan memperpanjang tenor cicilan atau dengan menambah penghasilan.

2.      Hitung Kekayaan Bersih
Kenaikan kekayaan bersih adalah tolak ukur bertambahnya nilai kekayaan. Kekayaan bersih dihitung dari hasil penjumlahan seluruh total aset dikurangi total utang. Idealnya ada kenaikan nilai kekayaan bersih, baik dari kenaikan aset lancar (kas, piutang, investasi jangka pendek, persediaan, dan beban dibayar di muka) ataupun dan aset investasi.

3.      Analisa Perkembangan Investasi
Untuk menganalisa investasi Anda, Anda perlu informasi terkini tentang tren produk investasi yang Anda miliki, apakah naik, stagnan, atau malah turun. Misalnya Anda memiliki produk reksadana. Analisa investasi akan menentukan apakah Anda perlu memindahkan investasi ke produk lain, atau perlu diversifikasi pada instrumen investasi lain. Analisa semua aset investasi yang Anda miliki, termasuk aset riil seperti properti.

4.      Hitung Dana Darurat
Memang mengumpulkan dana darurat butuh waktu. Namun Anda tetap perlu melakukan evaluasi berkala untuk tahu apakah dana darurat sudah bertambah atau malah berkurang.  Idealnya, besar dana darurat minimal adalah 6 kali pengeluaran bulanan. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, Anda butuh dana darurat 9 kali pengeluaran bulanan.

5.      Jangan Sekadar Resolusi
Resolusi keuangan dan review keuangan adalah satu kesatuan. Jika Anda tidak punya resolusi keuangan, Anda akan kesulitan membuat review keuangan. Begitu juga sebaliknya, percuma membuat resolusi keuangan jika tidak melakukan review secara rutin. Lihat apa saja yang sudah dilakukan, apa yang belum, dan apa solusi yang diperlukan. Misalnya jika pertengahan tahun depan anak akan masuk sekolah, jadikan ini sebagai pertimbangan saat melakukan review akhir tahun dan jadikan sebagai resolusi awal tahun berikutnya.

Dalam menyusun rencana finansial, Anda harus memerhitungkan kemungkinan-kemungkinan tak terduga dalam hidup. Karena itu, jadikan asuransi sebagai elemen penting perencanaan keuangan Anda.

Lindungi apapun rencana masa depan Anda bersama beragam produk, baik untuk segmen ritel maupun korporasi, dari Asuransi Jasindo. Untuk informasi lebih lanjut tentang produk, kunjungi kantor cabang atau agen penjualan Asuransi Jasindo, jelajahi website kami, atau hubungi Contact Center 24 jam kami di 1500073.

Bagikan