2017-10-18 08:13:42

5 Langkah Untuk Memulai Bisnis Pribadi

5 Langkah Untuk Memulai Bisnis Pribadi

89 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Oktober 1928, para pemuda Indonesia sepakat mempersatukan bangsa Indonesia dan berjuang demi kemajuannya. Di era kemerdekaan ini, seperti apa wujud sumbangsih yang bisa Anda lakukan bagi negeri? Salah satunya, membangun bisnis dan menjadi wirausaha agar bisa memberdayakan dan mencerdaskan orang lain sekaligus mewujudkan cita-cita pribadi. Berikut 5 persiapannya:

1. Ide Usaha
Kegemaran dan keahlian pribadi adalah sumber inspirasi tercepat untuk menentukan jenis usaha Anda. Namun, coba temukan juga inspirasi di luar. Dari sisi pelanggan, selidiki apa yang digemari banyak orang saat ini, misalnya minum kopi susu atau makan ayam geprek. Peluang juga bisa dicari dari kebijakan baru pemerintah, seperti perubahan listrik pascabayar menjadi prabayar yang membuka peluang bisnis token listrik.

2. Perencanaan Bisnis
Rencanakan bagaimana cara Anda akan menjalani usaha, mulai dari modal usaha, tempat dan segala peralatan usaha, hingga tenaga kerjanya. Jangan lupa manfaatkan sosial media sebagai cara pemasaran bisnis yang efektif, bahkan bisa sekaligus Anda jadikan sebagai lapak usaha. 

3. Survei Lapangan
Lakukan pengamatan untuk memahami perilaku konsumen, kompetitor bisnis, dan target penjualan agar Anda bisa mendapatkan gambaran bagaimana peluang bisnis Anda di masa depannya. Jangan lupa urus perizinan, perpajakan dan sebagainya yang perlu dilakukan. 

4. Persiapan Mental
Meski Anda merasa telah merencanakan segala sesuatu dengan matang, sayangnya kejadian tak terduga seringkali terjadi, misalnya terjadi lonjakan permintaan konsumen saat tenaga kerja terbatas, perbedaan pendapat dengan rekan bisnis, dan sebagainya. Untuk itu, Anda perlu persiapan mental dalam menghadapi pasang dan surutnya menjadi seorang wirausaha. Kuncinya tetap semangat serta jangan terpaku hanya pada masalah, melainkan segera cari solusinya.

5. Memulai Usaha
Anda akan memasuki gerbang persaingan bisnis dan mungkin akan mengalami kewalahan di awal perjalanan Anda. Tetaplah optimis dan berusaha untuk berpikiran positif karena “petualangan” Anda baru dimulai.

Agar lebih tenang, seiring berkembangnya bisnis Anda, asuransikan aset-aset Anda, salah satunya asuransi kebakaran sebagai langkah antisipasi bila kantor Anda mengalami musibah kebakaran atau asuransi uang untuk melindungi setiap transaksi bisnis Anda. Pilih perusahaan asuransi tepercaya seperti Asuransi Jasindo yang siap melayani serta mendukung impian Anda menjadi wirausaha.

Untuk informasi lebih lanjut tentang produk, kunjungi kantor cabang atau agen penjualan Asuransi Jasindo, jelajahi website kami, atau hubungi Contact Center 24 jam kami di 1500073.

 

Bagikan