2017-12-20 06:26:06

5 Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil

Selain untuk menjaga kebugaran selama kehamilan, dengan berolahraga, kehamilan akan berjalan dengan lebih sehat dan persalinan yang akan dihadapi juga dapat berjalan dengan lancar. Olahraga apa saja yang aman dan dapat dilakukan oleh ibu hamil? Berikut beberapa di antaranya: 

1. Senam ibu hamil

Senam untuk ibu hamil yang terdiri dari berbagai gerakan yang berfungsi melatih kelenturan sendi dan otot agar tidak kaku seiring dengan bertambahnya usia kehamilan dan mempersiapkan otot-otot panggul jelang persalinan. Ada berbagai posisi senam dapat dicoba oleh Anda yang sedang hamil, seperti berbaring, posisi berbaring miring, duduk bersila, hingga posisi merangkak. 

2. Jalan kaki

Jalan kaki adalah olahraga paling sederhana yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Jika dilakukan di awal kehamilan pun, jalan kaki akan dapat membantu mengurangi risiko keguguran. Jika usia kehamilan sudah memasuki trimester terakhir, berjalan kaki santai selama 15-30 menit tiap hari dapat membantu agar persalinan lebih lancar. 

3. Yoga

Gerakan yoga untuk ibu hamil atau pre-natal yoga ditujukan untuk kelancaran sirkulasi darah dan latihan pernapasan. Meski gerakannnya lebih terbatas, pre-natal yoga dapat mulai dilakukan sejak awal masa kehamilan dengan catatan, Anda tidak memiliki riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya atau tidak mengalami gejala morning sickness yang mengganggu. 

4. Stretching 

Stretching atau peregangan pada otot dan sendi sangat penting untuk dilakukan ibu hamil. Selain untuk menjaga postur tubuh selama kehamilan, stretching juga berguna untuk menjaga agar posisi tulang tetap terjaga seiring dengan kenaikan berat badan saat kandungan semakin besar. 

5. Berenang 

Berenang saat hamil dapat membantu menjaga kelenturan otot-otot tubuh sehingga Anda merasa lebih segar dan tidak terlalu letih. Dengan berenang, Anda dapat melatih teknik pernapasan untuk menghadapi persalinan nanti. Namun berenang lebih baik dilakukan saat usia kehamilan sudah menginjak bulan ketujuh atau lebih karena di saat itu kandungan Anda sudah lebih stabil dan kuat.

Yang terpenting, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan olahraga di saat hamil agar Anda tahu mana olahraga yang aman dilakukan. 

Berikan perlindungan ekstra pada diri Anda dan buah hati dalam kandungan dengan asuransi kesehatan Jasindo Health dari Asuransi Jasindo. Manfaat Jasindo Health meliputi jaminan Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Gigi, Manfaat Melahirkan, Manfaat Kacamata, serta Manfaat Medical Check-Up. Jasindo Health juga menawarkan benefit yang fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan melalui pembuatan produk yang bersifat Tailor Made (menyesuaikan kebutuhan Anda) dan Indemnity (dapat langsung berobat ke rumah sakit tanpa menggunakan rujukan dari dokter keluarga).

Untuk informasi lengkap tentang Jasindo Health, kunjungi www.jasindo.co.id atau hubungi contact center 24 jam 1500073. 

 

Bagikan