2017-08-02 08:59:31

5 Persiapan Sebelum Jogging

5 Persiapan Sebelum Jogging

Olahraga adalah salah satu syarat utama gaya hidup sehat. Agar manfaatnya optimal, Anda wajib berolahraga rutin minimal 3 kali seminggu, masing-masing selama 45 menit. Dari beragam latihan fisik, lari-lari ringan atau jogging masih jadi olahraga yang paling populer. Tak heran, sebab jogging mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Meski bukan latihan fisik yang sulit, namun ada beberapa persiapan yang harus Anda lakukan agar dapat berlari dengan nyaman dan terhindar dari cedera. Berikut 5 persiapan penting sebelum jogging:

1.Isi Perut Dulu

Agar punya energi yang cukup dan terhindar dari rasa lapar tiba-tiba, Anda perlu makan setidaknya 1-2 jam sebelum jogging. Beri jeda waktu karena makan tepat sebelum olahraga justru akan memberikan rasa tidak nyaman pada perut. Pilihan asupan ringan namun kaya karbohidrat kompleks dan protein, seperti semangkuk oatmeal dengan potongan buah atau olahan pasta sederhana dengan irisan dada ayam.

2.Cukup Minum

Meski nanti akan merasa haus kembali ketika berlari, namun Anda tetap harus memastikan tubuh Anda sudah terhidrasi dengan baik sebelum berlari. Jika Anda berencana jogging lebih dari 45 menit, jangan lupa bawa botol atau perlengkapan minum yang didesain khusus untuk berlari agar tubuh tetap terhidrasi selama berlari.

3.Outfit Yang Tepat

Pakaian berperan besar memberikan kenyamanan saat berolahraga. Kenakan pakaian yang tidak terlalu ketat, berpori, dan mampu menyerap keringat, seperti bahan yang mengandung polypropylene atau bahan Coolmax dan Supplex. Hindari bahan katun, karena cenderung menjadi basah ketika kena keringat dan memberikan rasa tidak nyaman. Tak kalah penting, gunakan sepatu yang tepat untuk mendukung gerakan Anda.

4.Kenali Lintasan

Memahami lintasan lari penting agar Anda bisa mengantisipasi segala sesuatu. Cari tahu apakah jalanannya licin, menanjak, atau berliku. Jika Anda mengetahui jalur lari Anda adalah lapangan terbuka dan bukan komplek perumahan yang dipenuhi pohon rindang, otomatis Anda akan memersiapkan kacamata hitam, bukan? Yang tak kalah penting, pilih area lari yang familiar bagi Anda.

5.Jangan Lupa Pemanasan

Supaya otot tidak kaget dan terhindar dari cedera, jangan lupa lakukan pemanasan ringan sekitar 5 menit sebelum jogging seperti berjalan kaki dikombinasikan dengan gerakan mengangkat lutut atau high knees dan berbagai gerakan serupa lainnya. Pemanasan bertujuan untuk melemaskan dan meningkatkan fleksibilitas otot, serta melebarkan pembuluh darah sehingga oksigen lebih banyak mengalir ke otot.



Bagikan