2017-12-20 06:20:40

5 Tips Jadikan Perjalanan Bisnis Lebih Efektif

Saat melakukan perjalanan bisnis, Anda perlu mengatur segala hal dengan matang, mulai dari biaya, jadwal, hingga akomodasi. Agar lebih efektif, lakukan langkah berikut agar perjalanan bisnis lancar dan Anda bisa fokus mempersiapkan meeting, presentasi, dan membangun jaringan untuk prospek baru. 

1. Packing bertahap

Selalu merasa kewalahan sebelum hari keberangkatan perjalanan bisnis? Ini karena Anda tidak melakukan persiapan secara bertahap. Usahakan 80% barang sudah Anda kemas dua hari sebelum keberangkatan. Anda juga bisa menulis daftar bawaan di kertas kecil sebagai panduan untuk perjalanan bisnis Anda selanjutnya agar lebih santai sebelum berangkat. 

2. Pesan tiket dan hotel jauh-jauh hari

Skyscanner menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk mendapatkan tiket murah adalah lima minggu sebelumnya. Sedangkan CheapAir merekomendasikan untuk memesan tiket pesawat 54 hari sebelum keberangkatan. Jika terpaksa melakukan pemesanan mendadak, situs perkiraan harga tiket Hopper menyarankan untuk memesan tiket di hari Kamis agar Anda mendapatkan harga yang kompetitif. 

3. Manfaatkan promo

Program promo dan rewards adalah salah satu ‘teman terbaik’ saat perjalanan bisnis. Manfaatkan kartu member frequent flyer yang Anda miliki, cek poin mileage yang Anda dapatkan, lalu tukarkan dengan benefit yang diinginkan. 

4. Jadwalkan lebih dari satu pertemuan sekaligus

Peribahasa “sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui” berlaku dalam perjalanan bisnis. Agar optimal, atur jadwal pertemuan lebih dari satu janji pada hari dan tempat yang sama. Selain akan menghemat biaya, Anda juga bisa memangkas waktu karena tak harus bepergian dari satu ke tempat lain.

5. Pastikan rencana perjalanan Anda tercatat

Untuk mengurangi risiko kejadian tak terduga selama perjalanan, berikan salinan rencana perjalanan Anda kepada asisten atau karyawan Anda. Jika perlu, berikan juga kepada teman dekat atau keluarga. Bagikan juga kontak orang yang bisa dihubungi saat kejadian darurat, seperti narahubung, sopir, atau nomor hotel.

Selain 5 tips di atas, minimalkan risiko selama perjalanan bisnis dengan perlindungan Travel Insurance dari Asuransi Jasindo yang memberikan jaminan manfaat perlindungan medis (reimbursement), bantuan darurat (evakuasi dan repatriasi), kecelakaan diri dan meninggal dunia akibat kecelakaan, ketidaknyamanan perjalanan, dan manfaat lainnya untuk tertanggung yang melakukan perjalanan lintas negeri maupun lintas negara.

Untuk perlindungan menyeluruh, manfaatkan Asuransi Pelangi  yang memberikan proteksi dalam penerbangan, mulai dari ruang tunggu pemberangkatan, selama penerbangan, hingga sampai bandara tujuan. 

Untuk informasi selengkapnya, kunjungi www.jasindo.co.id atau hubungi contact center 24 jam 1500073. 

 

Bagikan