2017-12-20 06:28:44

Semakin Mengerti Fungsi dan Manfaat Asuransi

Secara umum, mungkin Anda merasa sudah cukup paham tentang pentingnya asuransi. Tapi bagaimana dengan fungsi asuransi? Apa bedanya fungsi asuransi dengan manfaat asuransi? Cari tahu bersama Asuransi Jasindo.

Fungsi Asuransi

Asuransi memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi utama, fungsi tambahan dan fungsi-fungsi lainnya. 

Fungsi utama asuransi adalah untuk pengalihan risiko (Risk Transfer), sebagai wadah dana bersama (The Common Pool), dan sebagai mekanisme untuk membuat tiap peserta membayar kontribusi dana dengan adil (Equitable Premiums).

Sedangkan fungsi tambahan asuransi adalah untuk melakukan investasi yang berasal dari dana asuransi (Stimulus to Business Enterprise), mencegah terjadinya kerugian (Loss Prevention) dan mengurangi kerugian (Loss Control) berdasarkan rekomendasi surveyor asuransi, sebagai dana kegiatan sosial misalnya santunan orang cacat, janda, yatim (Social Benefits), dan sebagai pembayaran yang diterima tertanggung pada akhir kontrak yang merupakan akumulasi premi ditambah dengan bunga (Savings).

Yang terakhir, fungsi lain-lain asuransi adalah sebagai sumber dana investasi yang berasal dari premi yang disediakan untuk membayar klaim (Investment of Funds) dan Pendapatan Jasa (Invisible Earnings).

 

Manfaat Asuransi

Manfaat asuransi berbeda dengan fungsi asuransi. Manfaat asuransi adalah keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda mendaftar atau memiliki produk asuransi. Manfaat tersebut di antaranya: 

1. Memberikan ketenangan. Dengan fungsinya sebagai pengalihan risiko (Risk Transfer), asuransi memberikan memberikan proteksi dari risiko ketidakpastian dan kerugian, baik bagi perorangan maupun perusahaan sehingga memberikan rasa percaya diri dan ketenangan menghadapi masa depan.

2. Menjaga stabilitas finansial. Dengan asuransi, perusahaan dapat menjaga kelancaran keuangan perusahaan karena potensi risiko dapat ditanggulangi. Jika terjadi kerugian, pihak asuransi akan memberikan sebagian hingga seluruh kewajiban pembayaran Anda atas suatu kejadian. Begitu juga untuk pribadi, dengan pertanggungan, asuransi membantu agar keseimbangan finansial Anda tak terganggu karena kejadian tak terduga.

3. Sebagai salah satu cara menabung atau investasi. Jika kebetulan dana yang terkumpul tak terpakai, di akhir masa pertanggunan Anda akan menerima kembali uang Anda.

Berikan proteksi untuk apapun kebutuhan hidup Anda dengan beragam pilihan produk asuransi dari Asuransi Jasindo. Untuk semakin memahami asuransi atau untuk informasi lebih lengkap, janan ragu hubungi contact center 24 jam kami di 1500073 atau kunjungi website www.jasindo.co.id.

 

Bagikan