berita

Kinerja Jasindo Cemerlang, Pendapatan Premi Naik Hampir 37% per Juni 2025

Kinerja Jasindo Cemerlang, Pendapatan Premi Naik Hampir 37% per Juni 2025

Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) mencatatkan pertumbuhan kinerja yang impresif sepanjang semester I-2025. Hingga akhir Juni, total pendapatan premi Perusahaan mencapai Rp 2,43 triliun, tumbuh signifikan 36,98% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 1,77 triliun.

Pertumbuhan ini ditopang oleh lonjakan premi di hampir seluruh lini produk unggulan. Lini Bisnis Engineering melesat 301,57% Year-on-Year (YoY) menjadi Rp216,76 miliar dari sebelumnya Rp53,98 miliar pada Juni 2024.

Lini Bisnis Personal Accident juga mengalami pertumbuhan signifikan sebesar 77,16%, menjadi Rp1,51 miliar.

Sementara itu, Lini Bisnis Cargo tumbuh 38,74% menjadi Rp 34,43 miliar, dan Property naik 23,67% menjadi Rp 549,35 miliar.

Pertumbuhan juga terjadi pada Lini Bisnis Energy, baik Offshore yang naik 7,95% menjadi Rp409,13 miliar maupun Onshore yang tumbuh 19,90% menjadi Rp86,02 miliar.

Lini Bisnis Liability atau Tanggung Gugat mengalami pertumbuhan tipis sebesar 0,69% YoY.

Selain pertumbuhan premi, hasil underwriting Jasindo juga meningkat 20,02% menjadi Rp252,03 miliar. Di sisi lain, hasil investasi naik tipis 2,75% secara tahunan menjadi Rp132,45 miliar.

“Pertumbuhan premi yang kuat mencerminkan strategi bisnis yang agresif namun selektif, serta meningkatnya kepercayaan pasar terhadap produk dan layanan Jasindo,” ujar Sekretaris Perusahaan Jasindo, Brellian Gema dalam keterangan resmi.

Menurut Brellian, kinerja solid ini tidak lepas dari fokus Perusahaan pada penerapan prinsip kehati-hatian dan penguatan mitigasi risiko melalui prudent underwriting serta penyesuaian profil risiko dengan risk appetite yang terukur.

Lebih lanjut, Brellian menjelaskan bahwa Jasindo juga terus memperkuat tata kelola Perusahaan yang baik, transparan, dan akuntabel. Sejak 2021, Perusahaan telah menjalankan transformasi menyeluruh di seluruh lini bisnis dan operasional.

Salah satu langkah nyata ialah program Sosialisasi Strategi Anti-Fraud yang ditujukan kepada seluruh karyawan Jasindo sebagai bagian dari upaya pengendalian internal dan pencegahan risiko operasional.

“Penerapan strategi anti-fraud bukan hanya kewajiban internal, tetapi juga bentuk komitmen Jasindo dalam menjaga kepercayaan dan perlindungan maksimal kepada seluruh Tertanggung,” tambah Brellian.

Ia menegaskan, tindakan fraud bukan hanya merugikan Perusahaan, tetapi juga membahayakan hak dan kepentingan para Tertanggung. Oleh karena itu, Jasindo

berkomitmen memperkuat sistem pengawasan internal dan meningkatkan kesadaran risiko di seluruh jenjang Perusahaan.

***

Tentang PT Asuransi Jasa Indonesia

Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi umum dengan kepemilikan 1 lembar saham seri A dwiwarna milik Negara Republik Indonesia dan 424.999 lembar saham Seri B milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia. Serta terbukti tangguh untuk bangkit dari kondisi yang menantang dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan profesional dan terbaik.

Saat ini Asuransi Jasindo fokus pada pertumbuhan bisnis yang profitable dan sustainable baik pada bisnis penugasan pemerintah maupun non pemerintah, serta memperkuat support business untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah. Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan reasuradur terkemuka, terutama untuk pertanggungan yang bersifat mega-risk.

Asuransi Jasindo juga senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya AKHLAK, sehingga Asuransi Jasindo melakukan pengembangan terhadap tata kelola dan manajemen risiko melalui penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) agar Perusahaan dapat menjaga Amanah yang dipercayakan oleh setiap tertanggung.

 

Bagikan

LAYANAN NASABAH