2017-08-01 09:28:19

Jadikan Asuransi Bagian Rencana Keuangan Anda

Jadikan Asuransi Bagian Rencana Keuangan Anda

Pengelolaan keuangan tidak bisa dipelajari dalam satu atau dua minggu. Proses ini berlangsung selama bertahun-tahun sampai Anda bisa membuat perencanaan keuangan yang cocok dengan Anda. Padahal perencanaan keuangan jadi elemen penting untuk menetapkan tujuan hidup, apalagi jika Anda sudah berkeluarga.

Salah satu elemen penting perencanaan keuangan adalah asuransi. Asuransi diperlukan dengan karena ada aspek risiko yang harus selalu diperhitungkan dalam rencana keuangan. Dengan asuransi Anda akan terlindung karena penggantian dari kejadian-kejadian yang tidak terduga seperti pemutusan hubungan kerja, kehilangan, kerusakan, penyakit kritis, hingga kematian. Asuransi membantu meminimalkan dampak risiko sehingga masa depan keuangan pribadi dan keluarga lebih terjamin.

Setelah memahami pentingnya asuransi, mulai tetapkan tujuan finansial dengan melakukan pemeriksaan pada beberapa hal yang berkaitan dengan keadaan keuangan Anda, mulai dari: total aset yang dimiliki, total hutang yang ada, total pendapatan dan pengeluaran setiap bulan dan tahun, dan jumlah tabungan yang Anda miliki.

Berikut 4 langkah menyusun rencana finansial:

1.Cari tahu cashflow

Mungkin selama ini Anda sering merasa bingung. Masih tengah bulan tapi uang Anda di rekening sudah sangat menipis. Dengan melakukan "pemeriksaan" finansial, Anda dapat mengetahui pasti cashflow Anda. Jika Anda sudah mengetahui cashflow Anda, Anda akan lebih mudah menghitung jumlah uang yang masuk dan keluar setiap bulannya dan bisa lebih mengendalikan likuiditas. Anda juga akan tahu pengeluaran-pengeluaran mana yang bisa Anda prioritaskan, mana yang bisa Anda kurangi sebagai dasar rencana keuangan Anda.

2.Tetapkan target

Buat target yang spesifik, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Anda bisa membuat target jangka pendek seperti traveling, dan target jangka panjang seperti mempersiapkan pendidikan anak. Dengan begitu Anda bisa mengantisipasi keadaan keuangan Anda, sehingga dapat terhindarkan dari kemungkinan kalap berbelanja atau berhutang untuk hal-hal konsumtif yang seharusnya bisa dihindari.

3.Tetapkan langkah pendukung

Setelah menyusun rencana keuangan, ambil langkah selanjutnya untuk semakin mematangkan rencana masa depan. Misalnya jika Anda berencana segera berkeluarga, maka Anda bisa mulai menabung dengan menentukan berapa jumlah yang akan Anda tabung tiap bulan. Begitu pula jika Anda berencana memulai kredit rumah pertama atau menyiapkan dana pendidikan anak.

4.Lindungi dengan asuransi

Jika Anda sudah menyusun rencana keuangan, maka hal lain yang perlu Anda lakukan adalah untuk mengambil langkah lebih lanjut untuk melindungi diri dari segala risiko yang tak terduga. Bersama beragam produk Asuransi Jasindo, Anda tidak perlu lagi khawatir akan risiko yang akan membahayakan rencana keuangan Anda.

Yang perlu Anda perhatikan, tidak semua produk asuransi cocok untuk kebutuhan dan rencana hidup Anda. Sesuaikan jenis asuransi yang akan Anda pilih dengan kebutuhan yang paling Anda prioritaskan dalam hidup.



Bagikan