2019-08-08 12:01:16

5 Cara Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus memiliki perasaan cinta dan kesetiaan pada tanah air tempat kita berpijak, atau yang biasa disebut sebagai nasionalisme. Dengan nasionalisme yang tinggi, maka seseorang dapat memberikan usaha terbaiknya untuk membuat negaranya menjadi tempat terbaik untuk ditinggali. Selain itu, dengan cinta dan kesetiaan terhadap Indonesia, kita akan merasa bangga dan selalu menonjolkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki Indonesia, seperti budaya, bahasa, kuliner, ataupun produk-produk buatan Indonesia. Hal tersebut dapat membuat prestise Indonesia meningkat di mata internasional. Di zaman modern ini, hendaknya nasionalisme ditanamkan secara kuat agar Indonesia semakin dikenal oleh dunia. Berikut 5 cara menumbuhkan rasa nasionalisme: 

Belajar Sejarah Indonesia

Sejarah Indonesia sudah seharusnya tidak lagi dianggap sebagai momok yang membosankan, apalagi bagi para generasi muda. Sejarah bukan hanya kumpulan tahun, tempat, atau nama yang perlu diingat. Lebih dari itu, dengan memahami sejarah, maka kita dapat mempelajari suatu peristiwa yang pernah terjadi dan apa yang dilakukan oleh orang-orang pada saat itu sebagai referensi untuk hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Kita juga bisa lebih mengerti esensi mengapa Indonesia bisa terbentuk. Hendaknya sejarah dipelajari dengan narasi. Anda bisa menemukan literatur yang menarasikan sejarah dengan bahasa yang mudah dimengerti, mencari film tentang sejarah Indonesia, atau bertanya pada mereka yang memiliki pengetahuan mendalam tentang sejarah Indonesia. Mempelajari dan memahami sejarah Indonesia merupakan awal dari menumbuhkan rasa nasionalisme.

Traveling Keliling Indonesia 

Berjalan-jalan ke setiap sudut Indonesia dan menikmati keindahan alamnya merupakan salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Dengan mengetahui tempat-tempat yang ada di Indonesia dan bentang alamnya yang begitu indah, maka akan memupuk kecintaan kita pada negeri zamrud khatulistiwa ini. Selain itu, di masing-masing tempat, kita bisa mempelajari budaya yang berbeda-beda di setiap provinsi sehingga dapat membuat kita menghargai segala perbedaan yang bersatu dalam nama Indonesia. Jika biaya traveling dirasa terlalu mahal, tidak perlu khawatir, Anda bisa backpacking lewat darat atau menabung terlebih dahulu. Pokoknya, traveling keliling Indonesia merupakan hal yang layak dilakukan!

Baca juga: 6 Tips Traveling Aman dan Murah

Menikmati Kuliner Asli Indonesia

Salah satu cara untuk mempelajari budaya Indonesia yang sangat kaya adalah dengan menikmati kuliner khas daerah. Tercatat ada sekitar 5.300 makanan asli Indonesia yang tersebar di 34 provinsi. Bahkan di kota besar seperti Jakarta atau Bandung, terdapat banyak sekali kuliner daerah lain di restoran-restoran yang tersebar di penjuru kota. Dengan menikmati kuliner khas daerah dan mencoba memahami asal-usul terciptanya makanan tersebut beserta bumbu-bumbunya, Anda bisa menanamkan nasionalisme dengan cara yang menyenangkan, dan yang pastinya mengenyangkan!

Mempelajari Kehidupan Para Tokoh Bangsa

Ada banyak tokoh bangsa yang terkenal hingga saat ini. Yang paling mudah untuk dipelajari karena literaturnya banyak dan masih banyak penutur yang bisa menceritakan kisah hidupnya (Baik secara langsung maupun lewat video), adalah Soekarno dan Mohammad Hatta. Presiden dan wakil presiden pertama Indonesia tersebut merupakan dua tokoh yang sangat bisa diteladani berkat kecerdasan serta kegigihan mereka dalam membawa Indonesia ke dalam pintu gerbang kemerdekaan. Gaya Soekarno yang berapi-api dan mampu memikat masa, serta kepribadian Hatta yang tenang namun luar biasa cerdas dapat dijadikan inspirasi bagi kita untuk tumbuh menjadi pribadi yang pintar dan berkharisma. Dengan mempelajari perjuangan para tokoh bangsa, Anda dapat mendalami apa yang mereka inginkan untuk bisa membuat Indonesia menjadi negara yang maju dan beradab.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Traveling

Memakai Produk Buatan Indonesia

Sejak dulu, masyarakat Indonesia selalu didengungkan untuk bangga memakai produk buatan Indonesia. Pengaplikasian nasionalisme menyenangkan lainnya memang dengan menggunakan produk buatan dalam negeri. Ini dapat dimulai dari hal terkecil seperti menggunakan produk perawatan tubuh dari brand lokal, sampai membeli barang elektronik buatan Indonesia. Selain untuk memajukan perusahaan dalam negeri, dengan bangga menggunakan produk Indonesia, maka kita juga dapat menggaungkan nama Indonesia ke dunia internasional. Contohnya, Anda bisa menggunakan kain batik buatan Pekalongan yang indah untuk menghadiri acara konferensi internasional atau untuk sekedar liburan ke luar negeri. Anda juga bisa memberikan barang atau makanan khas Indonesia seperti angklung, blangkon, rendang, atau bahkan mi instan asal indonesia yang mendunia sebagai hadiah bagi teman-teman Anda dari luar negeri.

Demikian 5 cara menumbuhkan nasionalisme dengan mudah dan menyenangkan. Semakin Anda mengenal kekayaan alam dan budaya Indonesia, semakin Anda cinta pada negeri tempat Anda lahir dan tumbuh besar ini. Selain itu, dengan mempelajari sejarah Indonesia, kita juga akan semakin memahami mengapa kita harus mencintai dan turut membantu untuk membuat Indonesia menjadi negara yang maju dan beradab. Sisihkan uang dan waktu Anda untuk menjelajahi tempat-tempat indah dan eksotis di Indonesia, dan juga mencicipi beragam kuliner asli Indonesia sebagai sebuah pengalaman yang tak terlupakan di hari tua nanti.

Dan saat bepergian keliling Indonesia, jangan lupa proteksi diri Anda dari risiko kecelakaan atau penyakit yang mendadak menyerang dengan asuransi travel dari Asuransi Jasindo. Kunjungi situs Asuransi Jasindo dan isi data Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Jelajahi keindahan Indonesia ditemani proteksi dari Jasindo untuk pengalaman manis dan bebas kekhawatiran!

Bagikan