2019-09-06 12:00:47

5 Fakta Hari Pelanggan Nasional

Tahukah Anda kalau di Indonesia ada yang namanya Hari Pelanggan Nasional? Hari Pelanggan Nasional jatuh pada tanggal 4 September, dan mulai dicetuskan sejak tahun 2003. Tujuan dari adanya Hari Pelanggan Nasional adalah untuk mendorong semangat perusahaan supaya memberikan pelayanan yang memuaskan para pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa sejatinya, komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dari perusahaan dilandaskan pada pelayanan optimal untuk para pelanggan sehingga membangun relasi yang baik antara brand dan juga pelanggan tersebut (customer centric). Sayangnya, tidak banyak orang Indonesia yang mengenal Hari Pelanggan Nasional ini, padahal pelangganlah objek perayaannya. Untuk itu, simak 5 fakta Hari Pelanggan Nasional berikut ini:

Digagas oleh Handi Irawan

Handi Irawan sebagai penggagas Hari Pelanggan Nasional. Sumber: id.wikipedia.org

Handi Irawan adalah CEO dari perusahaan riset dan konsultasi marketing yang bernama Frontier Group, yang juga sekaligus pakar pemasaran. Handi juga merupakan pemrakarsa beberapa penghargaan yang terkenal di Indonesia seperti Top Brand Award, ICSA (Indonesian Customer Satisfaction Award), Marketing Award, dan IMAC (Indonesia's Most Admired Companies). Digagaskannya Hari Pelanggan Nasional oleh Handi didasari oleh pikiran dan pemahaman selama bertahun-tahun mengenai tingkah laku perusahaan di Indonesia. Hari Pelanggan Nasional Indonesia kemudian dicanangkan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada 4 September 2003 dengan dihadiri oleh 200 jajaran direksi dari berbagai perusahaan serta BUMN.

Baca juga: 5 Cara Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

Makna Logo Hari Pelanggan Nasional

Hari Pelanggan Nasional memiliki logo tersendiri yang didesain oleh salah satu desainer iklan terbaik di Indonesia. Logo ini memiliki warna dasar hijau yang melambangkan senyum manusia. Warna hijau mencerminkan rasa bersahabat dan keramahan, juga kesejukan. Tipologi huruf kecil dipilih untuk menggambarkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang. Sedangkan senyum manusia yang tulus menandakan kepuasan pelanggan. 

Salah Satu Upaya Meningkatkan Indeks Keberdayaan Konsumen 

 

Perlu diketahui, Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) yang merupakan dasar untuk mengukur kesadaran dan pemahaman konsumen mengenai hak dan kewajibannya, memiliki hasil yang meningkat pada tahun 2019 dibandingkan di tahun 2018. Yang mulanya hanya berada di level Paham menjadi level Mampu. Hal tersebut menujukkan bahwa konsumen di Indonesia sudah mampu menggunakan hak dan kewajibannya untuk menentukan pilihan terbaik dan menggunakan produk dalam negeri. Akan tetapi, masih ada dua tingkatan lagi agar konsumen Indonesia berada di level tertinggi, yakni Kritis dan Berdaya.

Untuk itu Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah dan pelaku usaha untuk konsisten mengedukasi pelanggan supaya meningkatkan tingkat keberdayaan pelanggan. Dengan adanya Hari Pelanggan Nasional, maka diharapkan perusahaan sebagai pelaku usaha lebih terpacu untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi para pelanggan.

Dibanjiri oleh Berbagai Macam Promo

Pada Hari Pelanggan Nasional di tanggal 4 September, banyak perusahaan yang memberikan promo menarik bagi para pelanggan. Promo yang biasanya diberikan antara lain dalam bentuk potongan harga atau juga buy one get one untuk membeli makanan atau minuman. Tak hanya perusahaan yang menjual makanan atau minuman yang mengadakan promo menarik, tapi juga operator telekomunikasi, bank, otomotif, serta banyak industri lainnya turut merayakan Hari Pelanggan Nasional ini dengan promo dan voucher untuk para pelanggan. Beberapa gerai turut menyediakan suvenir khusus untuk menyambut Hari Pelanggan Nasional. Pertamina juga membagikan isi ulang Bright Gas Gratis selama satu tahun, atau setara dengan 1 tabung Bright Gas 12 kg per bulan kepada dua pelanggan setia pengguna gas LPG. Selain itu, grup band D'Masiv mengadakan penampilan di atas kereta commuter line untuk menghibur para penumpang dalam rangka merayakan Hari Pelanggan Nasional ini.

Baca juga: 7 Cara Memilih Ikan Segar

Dimeriahkan dengan Parade Simpatik di Car Free Day (CFD)

Perayaan Hari Pelanggan Nasional di tahun 2019 dimeriahkan dengan parade simpatik pada Car Free Day (CFD) di Jakarta pada hari Minggu tanggal 1 September 2019, dan diikuti oleh berbagai perusahaan dan juga BUMN. Parade simpatik di CFD ini juga merupakan ajang bagi perusahaan untuk meluncurkan produk-produk terbaru mereka. Selain dengan parade meriah Hari Pelanggan Nasional 2019 juga diisi dengan seminar. 

Demikian 5 fakta Hari Pelanggan Nasional yang sejatinya harus diketahui oleh para pelanggan, karena pelanggan adalah objek utama bagi perusahaan untuk menyediakan pelayanan terbaik mereka demi pengalaman positif dan kepuasan dari pelanggan itu sendiri. Dengan adanya Hari Pelanggan Nasional diharapka masyarakat Indonesia lebih mengetahui hak dan kewajibannya sebagai seorang pelanggan dan juga dapat memanfaatkan momentum ini untuk mendapatkan penawaran terbaik dari perusahaan yang berpartisipasi di dalamnya.

Selain harus mengetahui hak dan kewajiban sebagai pelanggan, akan lebih baik lagi jika Anda juga mampu melindungi diri dari segala risiko yang dapat terjadi di kehidupan. Untuk itu, Anda berhak mendapatkan perlindungan terbaik dari Asuransi Jasindo untuk bisa menjalani hidup dengan bebas dari rasa khawatir. Kunjungi website Asuransi jasindo dan segera pilih jenis perlindungan yang terbaik bagi Anda dan keluarga. Asuransi Jasindo turut berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal bagi hidup Anda dan juga keluarga!

Bagikan