2017-10-18 04:28:36

5 Gerakan Olahraga Sederhana agar Produktif Bekerja

5 Gerakan Olahraga Sederhana agar Produktif Bekerja

Tahukah Anda, tanggal 9 September lalu adalah Hari Olahraga Nasional? Rayakan dengan menjadikan olahraga sebagai bagian rutin dari kegiatan Anda sehari-hari. Jangan hanya selama sebulan, lakukanlah tiap hari. Untuk Anda yang sibuk bekerja, berikut 5 gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan di tengah kesibukan bekerja:

1.      Chair Dips
Manfaatkan kursi kerja Anda untuk olahraga ringan di kantor. Cukup letakkan kursi di belakang Anda. Lalu dengan posisi tubuh membelakangi kursi, pegang lengan kursi tersebut. Ambil posisi senyaman mungkin saat pegangan, lalu dengan lutut ditekuk, naik turunkan lengan Anda.

2.      Wall Sits
Manfaatkan waktu tersisa saat istirahat makan siang. Mengapa tidak menyempatkan waktu untuk sedikit berolahraga? Cari dinding yang agak luas, lalu sandarkan punggung pada dinding, namun tekuk lutut seperti orang duduk di kursi. Duduk dan tahan posisi selama 30-60 detik. Anda bisa mencoba menyilangkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri, tahan selama 15 detik. Ulangi gerakan yang sama dengan kaki yang lain.

3.      Chair Legs
Sempatkanlah berolahraga ringan di kantor untuk menguatkan otot perut dan paha. Caranya mudah. Anda tidak perlu beranjak dari kursi, cukup duduk dengan posisi tegak, lalu angkat kedua kaki secara bersama-sama naik turun secara perlahan. Lakukan hingga 20 kali. Kombinasikan dengan pengaturan nafas. Ketika kaki naik, ambil nafas panjang melalui hidung, lalu ketika kaki turun buang nafas lewat mulut.

4.      Chair Lunges
Latihan ini akan membantu Anda lebih rileks di tengah kesibukan kantor. Posisikan kursi di belakang Anda, lalu taruh salah satu kaki di atas kursi dan kedua tangan di pinggang, bergeraklah naik turun secara perlahan sebanyak 10 kali. Lalu ganti dengan kaki lainnya. Olahraga ringan ini bisa melatih keseimbangan sekaligus menguatkan otot paha dan perut.

5.      Desk Push-Ups
Gerakan terakhir ini memanfaatkan meja kerja. Ini adalah gerakan push up ringan yang menggunakan bantuan meja kerja sebagai tumpuan. Berdiri beberapa langkah di depan meja dengan kaki rapat. Lalu letakkan telapak tangan di tepi meja, beri jarak selebar bahu dan posisikan dada turun ke dekat sisi meja seperti melakukan push up. Lakukan gerakan ini dalam beberapa kali hitungan dan ulangi lagi pada saat Anda ada waktu luang disela-sela pekerjaan.

Sisipkan latihan di tengah padatnya aktivitas Anda. Yang terpenting, Anda harus berkomitmen menyempatkan diri melakukannya setiap hari. Selain berolahraga dan menjalankan gaya hidup sehat meski sibuk, sempatkanlah di tengah kesibukan Anda untuk memberikan perlindungan ekstra bagi kesehatan Anda dengan Asuransi Kesehatan Jasindo Health.

Dengan rentang usia peserta mulai 6-59 tahun, Jasindo Health adalah produk asuransi kesehatan komprehensif meliputi jaminan Rawat Inap, Rawat Jalan, Rawat Gigi, Manfaat Melahirkan, Manfaat Kacamata, Manfaat Medical Check Up, serta Manfaat lain dengan batasan tertentu (jantung, hemodialisa, kemoterapi, dan pengobatan khusus lainnya yang termasuk dalam kategori penyakit kritis).

Bagikan