2017-10-18 04:31:07

5 Hal yang Harus Anda Tanyakan pada Agen Asuransi

5 Hal yang Harus Anda Tanyakan pada Agen Asuransi

Asuransi jadi salah satu cara mengurangi dampak negatif kejadian-kejadian tak terduga dalam hidup pada orang-orang yang Anda sayangi. Namun sebelum memutuskan mendaftar asuransi, ada hal-hal tertentu yang harus Anda pastikan. Salah satu caranya adalah berdiskusi dengan agen asuransi yang akan Anda pilih. Tapi apa saja yang harus Anda tanyakan? Lihat 5 pertanyaan di bawah ini:

1.      Apa saja yang dilindungi asuransi dan berapa besar pertanggungan?
Ini hal pertama yang harus Anda tanyakan dan pastikan. Jika Anda berencana mengambil asuransi kesehatan, tanyakan jenis penyakit apa saja yang akan ditanggung, apakah mencakup penyakit kritis, penyakit tropis, hingga penyakit karena keturunan. Kalau Anda akan mengambil asuransi kendaraan, tanyakan apakah yang akan ditanggung hanya total loss atau comprehensive loss (partial dan total loss)? Tanyakan juga besar pertanggungan yang ditawarkan karena tiap perusahaan asuransi memiliki formula berbeda untuk menentukan jenis asuransi dan jumlah pertanggungan yang Anda butuhkan.

2.      Apa saja manfaat tambahan yang bisa saya peroleh?
Berikutnya, tanyakan dan pastikan apa saja riders atau manfaat tambahan yang bisa Anda dapatkan. Beberapa jenis manfaat tambahan yang umumnya ada antara lain adalah penggantian biaya premi hingga pertanggunan kematian akibat kecelakaan tak disengaja.

3.      Apa saja yang harus saya perhatikan dalam polis asuransi saya?
Polis asuransi berisi kesepakatan hak dan kewajiban antara Anda dan perusahaan asuransi dan biasanya menggunakan bahasa hukum. Wajar jika Anda enggan untuk membacanya dengan teliti. Agar tak kebingungan, fokuskan perhatian pada Halaman Pernyataan, Nama Tertanggung, Konteks Pengecualian, Premi, Prosedur Klaim, dan Potongan Biaya dan jangan ragu menanyakan setiap kalimat yang tidak Anda pahami pada agen asuransi Anda.

4.      Bagaimana cara mengajukan klaim?
Untuk tahu bagaimana proses klaim dan berapa lama waktu yang diperlukan hingga klaim cair, Anda dapat meminta agen asuransi membuat daftar persyaratan dalam dokumen terpisah dari polis yang Anda terima. Dengan begitu, saat ada kejadian tak terduga dan Anda sedang tidak di tempat, keluarga punya bukti tertulis saat akan mengurus klaim. Anda juga perlu meminta narahubung selain agen yang bisa dihubungi untuk proses klaim, agar Anda tak kesulitan jika agen asuransi Anda tak bisa membantu Anda saat itu.

5.      Bagaimana kondisi perusahaan asuransi Anda?
Anda bisa menanyakan peringkat perusahaan asuransi tersebut di survei lembaga keuangan tepercaya untuk mengetahui kesehatan keuangan dan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Selain pada agen asuransi, Anda bisa juga bisa browsing atau bertanya pada profesional tentang perusahaan asuransi tersebut.

Jangan ragu untuk menanyakan setiap hal yang jadi keraguan saat akan berasuransi pada agen asuransi Anda sebab cara agen asuransi menjawab pertanyaan Anda bisa menjadi indikator kredibilitas perusahaan tersebut.

Berkomitmen membantu Anda memilih asuransi terbaik yang dapat melindungi Anda dan keluarga, selain ke agen asuransi kami, dapatkan informasi tentang produk dan layanan Asuransi Jasindo kapan saja, dari mana saja dengan menghubungi Contact Center 1500073 yang hadir 24 jam setiap hari.

Bagikan