2019-08-01 12:00:37

5 Lokasi Upacara Unik 17 Agustus

upacara bendera

Hari kemerdekaan di Indonesia pada tanggal 17 Agustus pada institusi pendidikan dan institusi pemerintahan biasa diperingati dengan melakukan upacara bendera sebagai pengingat bahwa pada 17 Agustus 1945, segala pengorbanan dan jerih payah para pahlawan terbayar dengan kemerdekaan Indonesia. Upacara peringatan 17 Agustus layaknya dilakukan di lapangan upacara dengan sepasukan petugas untuk memimpin upacara dan melakukan pengibaran bendera merah putih. Namun, rupanya upacara peringatan 17 Agustus ini tidak hanya dilakukan di lapangan saja. Ada beberapa jenis perayaan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang bisa dibilang unik karena tidak dilakukan di tempat yang lazim. Simak 5 lokasi upacara unik 17 Agustus berikut:

  • Upacara di Atas Gunung

 

Upacara 17 Agustus di Semeru

Pernahkan terpikirkan bahwa ada upacara yang dilakukan di gunung? Tak hanya dingin, tapi juga perjuangan untuk mencapai puncak gunung tersebut tentunya tidak mudah karena proses pendakian adalah hal yang membutuhkan kekuatan tubuh dan stamina yang kuat. Tidak tanggung-tanggung, tempat yang dijadikan tempat untuk mengadakan upacara 17 Agustus ini adalah jalur pendakian gunung Semeru, yang juga merupakan gunung tertinggi di seluruh pulau Jawa. Terbayang kan, betapa serunya mendaki gunung ini untuk kemudian memperingati upacara 17 Agustus di jalur pendakian. Upacara yang dikelilingi keindahan alam Semeru membuat hati merasa damai dan semakin bangga menjadi warga Indonesia, mengingat betapa indahnya alam yang dimiliki oleh negeri ini. Tertarik mencoba?

  • Upacara di Tengah Sungai

Upacara 17 Agustus di tengah Sungai Ciliwung. Sumber: tirto.id

Ada beberapa daerah yang mengadakan upacara 17 Agustus di tengah sungai. Contohnya pada tahun 2018, Komunitas Ciliwung Depok mengadakan upacara pengibaran bendera di Sungai Ciliwung. Upacara tersebut dilangsungkan di hamparan cadas badan sungai dengan membawa pasukan pengibar bendera menggunakan perahu karet. Upacara tersebut diadakan untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya sungai Ciliwung sebagai salah satu sumber air yang mengalir dari Bogor hingga Jakarta. Selain upacara, komunitas ini juga menanam pohon bambu di sekitar sungai. Upacara unik yang dilakukan di sungai ini tak hanya dilakukan di Ciliwung, beberapa daerah lain seperti Solo dan Magelang juga mengadakan upacara 17 Agustus di tengah sungai.

  • Upacara di Dasar Laut

 

Jika ada upacara yang dlakukan di Gunung Semeru, maka ada juga upacara 17 Agustus yang dilakukan di dasar laut, seperti yang dilakukan oleh beberapa komunitas penyelam pada tahun 2018 lalu di Pulau Sangiang, Banten. Upacara 17 Agustus di dasar laut tersebut dilakukan dalam kedalaman 30 meter di bawah permukaan air laut, pada jarak 200 meter dari bibir pantai. Selain mengibarkan bendera di dasar laut, para penyelam ini juga melakukan kegiatan underwater clean up, yakni melakukan kegiatan bersih-bersih laut dan juga memungut sampah yang terdapat di dasar laut. Tentu upacara 17 Agustus di dasar laut ini merupakan upacara unik yang juga membutuhkan skill menyelam yang mumpuni.

Baca juga: 5 Cara Menumbuhkan Rasa Nasionalisme

  • Upacara di dalam Goa

 

Upacara 17 Agustus di Goa Lawa Purbalingga. Sumber: jatengprov.go.id

Lokasi upacara unik 17 Agustus lainnya adalah upacara di dalam goa. Upacara ini dilakukan pada tahun 2018 di objek wisata Goa Lawa Purbalingga (Golaga). Upacara ini diikuti oleh 250 orang peserta yang berasal dari MTs Negeri 5 Siwarak dan komunitas Pajero Sport Family (PSF) Banten. Upacara ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang harus masuk dan keluar goa untuk mengatur strategi dan juga bersembunyi saat perang gerilya untuk memperjuangkan kemerdekaan. Upacara yang dilakukan dalam goa itu dilaksanakan dengan khidmat dan juga membuat hati tergetar saat terbayang bagaimana perjuangan orang-orang di masa lalu. Para peserta upacara di Golaga ini berharap bahwa dengan dilaksanakannya peringatan kemerdekaan di dalam goa, maka kemerdekaan yang sudah didapat dengan susah payah ini senantiasa dirawat oleh para generasi penerus bangsa.

  • Upacara di Kebun Binatang


Upacara 17 Agustus bersama satwa. Sumber: suaraindonesia.co.id

Hal menarik dari upacara yang dilakukan di kebun binatang adalah pesertanya tak hanya manusia saja, namun juga para hewan satwa yang dipelihara di dalam kebun binatang tersebut. Upacara 17 Agustus di kebun binatang ini dilaksanakan oleh Mini Zoo Jogja Exotarium Sleman. Upacara ini tentunya menarik perhatian para pengunjung melihat para pawang dan satwa yang terdiri dari kuda, kambing, burung, ular, hingga musang mengikuti upacara peringatan hari kemerdekaan dengan khidmat. Jika para satwa saja bisa dengan tenang mengikuti upacara 17 Agustus, kita sebagai manusia juga harusnya lebih bisa memaknai esensi dari kemerdekaan, bukan?

Baca juga: 5 Lomba Unik 17 Agustus

Demikian 5 lokasi upacara unik 17 Agustus yang dilakukan mulai dari puncak tertinggi hingga di dasar laut Indonesia. Sebagai negara yang memiliki bentang alam luas dan dihiasi dengan berbagai keindahan alami yang sedap dipandang mata, hendaknya kita sebagai masyarakat Indonesia memaknai kemerdekaan ini dengan terus berusaha memajukan Indonesia sesuai dengan potensi masing-masing agar Indonesia mampu menjadi negara yang disegani oleh dunia internasional.

Selain mencintai negara ini dengan sepenuh hati, Anda hendaknya juga mencintai diri sendiri dan keluarga dengan memberikan perlindungan akan risiko yang bisa saja terjadi dalam hidup ini. Asuransi Jasindo hadir untuk memberikan perlindungan terbaik bagi Anda dan keluarga dengan berbagai macam jenis asuransi yang dapat Anda pilih sehingga Anda bisa menjalani aktivitas tanpa perlu khawatir akan segala risiko. Kunjungi situs www.jasindo.co.id dan percayakan perlindungan diri Anda dan keluarga pada kami!

Bagikan