2020-04-23 12:07:10

5 Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Berpuasa

Bagi umat muslim, puasa di bulan Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan selama kurang lebih 30 hari. Ketika berpuasa, seseorang dilarang makan dan minum mulai dari waktu subuh hingga magrib, dimana durasinya sekitar 13 jam. Tidak mengonsumsi apapun dalam rentang waktu 13 jam tak jarang membuat tubuh terasa lemas dan tidak bertenaga, apalagi bila diawali dengan makan sahur yang tidak memiliki cukup nutrisi serta konsumsi makanan dan minuman yang berlebihan di waktu berbuka. Maka dari itu, untuk menjaga agar tubuh simak 5 tips agar tubuh tetap bugar selama berpuasa berikut ini:

Mengonsumsi Makanan Bernutrisi Saat Sahur 

buah sayur

Pada saat berpuasa, sistem kekebalan tubuh akan menurun karena tidak adanya asupan nutrisi bagi tubuh. Untuk mempersiapkan tubuh supaya tetap bugar walau tidak mendapatkan asupan nutrisi selama 13 jam, maka ketika sahur Anda perlu menyiapkan menu yang cukup nutrisi. Berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi hidangan yang cukup akan karbohidrat dan protein, serta tidak lupa dengan tambahan vitamin C dan zinc untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama berpuasa. Contoh menu yang lengkap dengan nutrisi tersebut adalah sebagai berikut: Nasi secukupnya sebagai sumber karbohidrat, daging ayam atau ikan yang kaya akan protein, buah-buahan seperti jeruk dan apel yang mengandung vitamin C, serta sayuran hijau seperti kangkung untuk memenuhi asupan zinc.

Berolahraga

yoga

Puasa bukan halangan bagi Anda untuk tetap rutin berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Akan tetapi, olahraga saat berpuasa tentu berbeda dengan hari biasa, karena saat berpuasa Anda tidak dapat langsung meminum air ketika berkeringat banyak. Untuk itu, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti stretching, senam ringan, yoga, naik-turun tangga, atau yang paling mudah adalah dengan membersihkan dan menata ulang kamar yang membutuhkan gerak tubuh Anda. Di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, dimana Anda sebaiknya berada di rumah saja, memang disarankan untuk berolahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan. Akan tetapi, saat pandemi sudah berakhir, olahraga yang juga cocok dilakukan saat puasa adalah berjalan kaki selama tiga puluh menit atau bersepeda. Olahraga ini bisa Anda lakukan 45 menit menjelang berbuka puasa untuk menghindari rasa haus berlebih.

Baca juga: 7 Tips Workout Simpel di Rumah

Meminum Air Putih dengan Aturan 2-2-4

Air putih

Pada saat berpuasa, tubuh mengalami kekurangan cairan karena tidak adanya asupan air putih. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa ketika sahur dan berbuka, Anda mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh tetap bugar selama berpuasa. Agar tubuh terhidrasi dengan baik selama berpuasa, maka Anda bisa mengikuti aturan 2-2-4 saat meminum air putih, yakni 2 gelas ketika sahur, 2 gelas ketika berbuka, dan 4 gelas di atas jam 8 malam hingga waktunya tidur. Jangan lupa berikan jeda setiap periodenya, jangan langsung minum 2 gelas dalam waktu bersamaan agar Anda tidak kembung. Dengan mengikuti aturan ini, selain asupan cairan tubuh Anda terpenuhi dengan baik, Anda juga dapat memperlancar pencernaan dan membuang racun di dalam tubuh. Selain itu, hindari konsumsi teh atau kopi ketika sahur, penuhi kebutuhan cairan Anda hanya dengan air putih.

Baca juga: 7 Cara Agar Tidak Gampang Sakit

Tidak Berlebihan Saat Berbuka Puasa

Meskipun menahan lapar dan haus selama 13 jam, jangan langsung melahap semua hidangan saat azan magrib berkumandang. Berbuka puasa secara berlebihan dapat menyebabkan berat badan Anda naik dengan tidak sehat dan juga dapat mengakibatkan sakit perut setelahnya. Pada saat berbuka puasa, sebaiknya Anda minum segelas air putih dan mengonsumsi buah seperti kurma sebanyak tiga butir untuk mengembalikan gula darah. Disarankan untuk makan berat selepas tarawih dengan makanan bernutrisi seperti daging dan sayuran untuk memenuhi asupan gizi bagi tubuh Anda. Dengan mengonsumsi makanan bergizi dan air putih dalam porsi yang tidak berlebihan ketika berbuka puasa, maka tubuh akan mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga Anda bisa tetap bugar untuk kembali berpuasa di esok hari.

Tidur yang Cukup

 

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa dari pagi hari hingga menjelang malam, jangan lupa untuk tidur yang cukup. Hindari tidur terlalu malam karena Anda harus bangun sekitar jam 4 pagi untuk mulai makan sahur. Tidur terlalu malam akan menurunkan kualitas tidur sehingga Anda akan merasa mudah lelah saat beraktivitas selama berpuasa. Selain itu, kurang tidur dan kurang asupan nutrisi selama 13 jam juga memicu stres yang berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. Tidurlah yang cukup di malam hari dengan durasi tidak kurang dari 7 jam untuk mempersiapkan tubuh Anda menjadi bugar saat berpuasa di keesokan harinya.

Demikian 5 tips agar tubuh tetap bugar selama berpuasa yang dapat Anda jalani agar puasa Anda tak hanya bernilai ibadah, namun juga menyehatkan secara fisik. Selain dengan melakukan aktivitas untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan bugar, lengkapi perlindungan bagi kesehatan Anda dan keluarga dengan asuransi kesehatan dari Jasindo! Kunjungi www.jasindo.co.id dan dapatkan perlindungan kesehatan dengan premi yang terjangkau! 

 

Bagikan