2019-09-01 12:00:43

5 Tips Menjadi Konsumen Cerdas

Sebagai seorang pelanggan, hendaknya kita menjadi seorang pelanggan yang tak hanya bisa menilai kualitas suatu barang atau jasa dengan baik, namun juga mampu berbelanja dengan bijaksana sehingga tidak membeli barang-barang yang pada akhirnya akan menumpuk sia-sia karena tidak digunakan. Selain itu, seorang konsumen juga hendaknya berkontribusi dalam menjaga lingkungan dengan tidak menyumbang lebih banyak sampah seperti sampah plastik yang dapat mencemari lingkungan. Dengan begitu, meskipun berbelanja merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan, akan tetapi seorang konsumen perlu menjadi konsumen yang cerdas untuk bisa berbelanja dengan sebijaksana mungkin. Untuk itu, mari simak 5 tips menjadi konsumen cerdas:

  • Membeli Barang Kebutuhan dengan Bijaksana

Seorang konsumen yang cerdas cenderung tidak impulsif dalam membeli barang yang tidak terlalu diperlukan. Konsumen yang cerdas akan membeli barang-barang yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup sehingga tidak menumpuk barang-barang yang pada akhirnya tidak terpakai hingga lewat masa kadaluarsanya. Selain bijak membeli barang dalam jumlah yang cukup, sebaiknya untuk barang-barang yang digunakan dalam jangka panjang dan memiliki umur simpan produk yang lama (Contohnya beras, garam, gula, peralatan mandi, dan sejenisnya), sebaiknya dibeli dalam jumlah grosir. Belanja dengan harga grosir biasanya lebih murah dibandingkan belanja dengan harga eceran. Dengan begini, Anda bisa menghemat uang dan waktu berbelanja Anda.

Baca juga: 7 Cara Memilih Ikan Segar

  • Memperhatikan Label dan Tanggal Kadaluarsa

Untuk produk seperti makanan, konsumen yang cerdas harus memperhatikan terlebih dulu label yang tertera dalam kemasan. Dari sana, Anda bisa melihat komposisi makanan yang bisa Anda perhatikan untuk menghindari alergi atau memperhatikan nutrisinya atau kehalalan makanan. Untuk produk lain selain makanan seperti peralatan mandi dan make up, Anda juga harus memperhatikan tanggal kadaluarsa produk tersebut. Tanggal kadaluarsa merupakan informasi apakah produk tersebut masih layak pakai atau tidak. Bila produk telah melewati tanggal kadaluarsa, ada perubahan yang terjadi di dalam produk tersebut, seperti perubahan rasa, tekstur, dan juga aroma, dimana produk tersebut sudah tidak bisa lagi dikonsumsi. Dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa dengan seksama, Anda dapat menghindari diri dari risiko keracunan makanan ataupun alergi karena mengonsumsi barang yang sudah expired.

  • Pastikan Produk Sesuai SNI

Saat membeli produk, pastikan bahwa produk tersebut telah tersertifikasi. Salah satu cara mudah untuk melihat apakah produk tersebut sudah memenuhi standar atau tidak adalah dengan memperhatikan label Standar Nasional Indonesia (SNI). Dengan membeli produk yang sudah berlabel SNI, maka produk seperti makanan, peralatan makan, air minum kemasan, sampai ke barang elektronik menggunakan bahan baku yang tidak membahayakan konsumen. Selain itu, dengan membeli produk berlabel SNI, maka keselamatan konsumen akan terjaga. Maka, konsumen yang cerdas sudah pasti membeli produk yang sudah sesuai dengan SNI, dengan mutu dan bahan baku yang sudah terjamin kualitasnya.

Baca juga: 7 Cara Agar Tidak Gampang Sakit

  • Membeli Barang Original

Konsumen cerdas merupakan konsumen yang sangat menghargai hak cipta. Sebagai konsumen yang cerdas, Anda haruslah membeli barang-barang original. Selain keasliannya terjaga, Anda juga terlindungi dari segala macam masalah yang bisa ditimbulkan oleh barang-barang bajakan, misalnya rentan rusak, sampai ke risiko barang tersebut dapat mencelakai Anda, contohnya kosmetik tidak original yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti merkuri atau hidrokinon. Jangan sampai mengorbankan keselamatan dan kesehatan Anda hanya karena tergiur oleh harga murah dari produk-produk bajakan atau biasa dikenal dengan produk KW. Lebih baik Anda berbelanja produk buatan perusahaan lokal yang sudah terjjamin orisinalitasnya dibandingkan dengan produk bermerk ternama namun bukan produk asli. Yuk, biasakan belanja produk-produk original dan say no to KW!

  • Berbelanja Menggunakan Kantong Kain

Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah terbesar yang mampu mencemari lingkungan, baik di darat maupun di laut karena plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa terurai. Salah satu sumber penyumbang sampah plastik adalah kantong belanja. Maka dari itu, untuk bisa menjaga lingkungan agar sampah plastik tidak bertambah semakin banyak, Anda sebaiknya menggunakan kantong kain saat berbelanja. Anda dapat membeli kantong kain ini di minimarket atau supermarket terdekat dengan harga yang relatif murah. Kantong kain ini juga dapat Anda pakai berkali-kali setiap belanja, sehingga daya tahannya lebih lama. Jadi, yuk jaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan kantong plastik!

Demikian 5 tips menjadi konsumen cerdas yang mampu mengalokasikan pengeluaran untuk hal-hal bermanfaat, terhindar dari sikap konsumtif berlebihan, menjaga keselamatan diri sebagai konsumen, serta turut berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang bebas sampah plastik. Pastikan diri Anda menjadi konsumen yang cerdas dengan menerapkan tips-tips di atas supaya Anda juga turut menjadi pribadi yang lebih bijaksana dalam berbelanja.

Selain melindungi hak-hak Anda sebagai konsumen dengan menjadi seorang konsumen yang cerdas dalam meneliti barang-barang yang Anda beli, Anda juga hendaknya turut melindungi diri Anda beserta keluarga dengan perlindungan dari Jasindo! Kunjungi situs AsuransiJasindo dan pilih perlindungan sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa perlu khawatir akan risiko-risiko yang dapat menimpa Anda ataupun keluarga. Mari jadi konsumen cerdas bersama dengan Asuransi Jasindo!

Bagikan