2019-07-01 12:00:00

6 Tips Traveling Aman dan Murah

Hobi yang saat ini sedang banyak diminati adalah traveling, dimana seseorang akan memijak tempat di luar lingkungan hidup dimana ia biasa menjalani aktivitasnya. Traveling tak hanya menjadi ajang untuk mengeksplor tempat-tempat baru, namun juga bisa menjadi ajang eksplorasi diri, karena kita akan menghadapi suasana dan budaya masyarakat yang berbeda dari tempat asal kita. Bagaimana kita bersikap terhadap perbedaan tersebut dapat menjadi refleksi diri ke depannya. Untuk mendapatkan manfaat dari traveling, tidak harus dengan biaya yang mahal. Justru dengan budget yang murah, kamu juga bisa traveling tanpa harus mengorbankan keamanan dan kenyamananmu. Simak 6 tips traveling aman dan murah berikut ini:

Riset Tempat yang Akan Dikunjungi

 

Riset

Sebelum berangkat ke tempat tujuan, riset merupakan hal yang harus dilakukan untuk mengetahui moda transportasi apa saja yang dapat digunakan untuk menuju tempat tersebut, harga penginapan, harga makanan, transportasi yang dipakai di tempat tujuan, sampai ke harga suvenir. Riset tersebut dapat dengan mudah dilakukan di internet lewat artikel atau review dari mereka yang sudah mengunjungi tempat itu sebelumnya. Dengan menggunakan riset tersebut, kamu bisa menyesuaikan budget dengan harga-harga termurah di tempat itu dan juga mengetahui kondisi keamanan tempat tujuan. Sebagai contoh, jika tempat tersebut bisa dijangka dengan transportasi darat, maka untuk menghemat biaya, gunakanlah kendaraan pribadi, atau moda transpotasi darat umum seperti bis. Selain itu, kamu bisa memilih penginapan termurah namun memiliki review yang baik dari pengunjung-pengunjung sebelumnya.

Baca Juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Traveling

Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

 

Health Body

Saat traveling, penting untuk memastikan bahwa tubuh berada dalam kondisi sehat untuk melakukan perjalanan. Apabila sebelum perjalanan kesehatan terganggu, ada baiknya untuk periksa ke dokter dan meminta saran dokter apakah bisa melanjutkan kegiatan traveling atau tidak. Selain itu, penting untuk membawa a-obatan penting selama traveling, terutama bila kamu menderita penyakit kambuhan seperti asma.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Stamina Saat Mengemudi Jarak Jauh

Bawa Barang Secukupnya

 

packing

Membawa barang secukupnya merupakan salah satu cara untuk menjaga keamanan selama traveling. Kamu tidak akan disibukkan dengan bawaan yang banyak, sehingga konsentrasimu bisa terjaga untuk menjaga barang-barang yang memang penting saja. Dengan membawa barang secukupnya pun, kamu menghindari diri dari potensi menarik perhatian seseorang yang ingin melakukan tindak kriminal. Jadi, kalau kamu hanya pergi selama akhir pekan, tidak usah membawa barang seperti jika kamu ingin mudik lebaran, ya!

Mencari Tiket Murah

 

promo

Hal wajib yang dilakukan para traveler sebelum traveling adalah mencari tiket murah. Tiket murah ini bisa kamu dapatkan di acara Travel Fair, dan juga berbagai promosi online di sosial media ataupun situs langsung perusahaan penyedia transportasi. Tiket murah juga bisa didapatkan dengan merencanakan perjalanan dari jauh hari. Selain itu, jika kamu mengumpulkan poin perjalanan seperti frequent flyer, kamu bisa menukar poin yang sudah terkumpul dengan diskon untuk tiket maskapai yang akan kamu gunakan untuk perjalananmu. Dengan begitu, kamu bisa menghemat biaya perjalanan.

Menjaga Barang Berharga 

 

safe

Jika kamu membawa barang berharga seperti dompet, ponsel, dan kamera, kamu harus meletakkan barang tersebut di tempat yang bisa dijangkau oleh tanganmu. Hal ini sebagai langkah preventif jika di keramaian ada orang yang ingin mengambil barang-barang berharga tersebut, sebab kamu akan lebih mudah mempertahankannya. Dan selalu waspada serta tidak lengah saat berada di keramaian untuk menghindari copet-copet yang biasanya beroperasi di tempat yang ramai seperti tempat wisata. Selain itu, saat meninggalkan penginapan, usahakan untuk tidak membawa terlalu banyak uang tunai. Alokasikan uang secukupnya saat bepergian keluar penginapan sebagai antisipasi dari copet atau dompet yang tertinggal di tempat umum.

Kunjungi Tempat yang Terkenal Aman

 

JapanJepang sebagai salah satu negara teraman. Sumber: www.smartertravel.com

Kunjungilah tempat-tempat yang memang terkenal akan keamanannya. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan, terutama bila kamu akan traveling seorang diri, sebab ada banyak tempat yang berisiko untuk dikunjungi karena tingkat kriminalitasnya tinggi. Mencari tahu keamanan sebuah tempat juga dapat dilakukan dengan riset di internet. Disana, kamu bisa mencari informasi mengenai keamanan dan cara menjaga diri saat berada di tempat yang ingin kamu kunjungi. Jangan sampai liburanmu malah menjadi musibah karena dompetmu dicopet orang.

Demikian 6 tips traveling aman dan murah yang bisa diterapkan sebelum dan selama traveling. Kunci utama dari pengalaman traveling yang menyenangkan adalah dengan melakukan persiapan yang optimal dengan mengetahui situasi dan kondisi tempat yang akan dikunjungi, termasuk juga dengan menjaga kesehatan diri menjelang traveling. Dengan begitu, kamu dapat menikmati hari-hari menyenangkan selama kamu berada di tempat tujuan.

Persiapan penting selanjutnya adalah memastikan bahwa dirimu terlindungi selama traveling dengan Asuransi Travel dari Jasindo. Asuransi Travel dari Jasindo melindungimu dari hal-hal diluar kontrol yang terjadi selama perjalanan, seperti kecelakaan atau bahkan penyakit yang tiba-tiba kambuh di tengah perjalanan. Kamu cukup mengunjungi www.jasindo.co.id untuk mengisi data diri dan layanan pelanggan kami akan segera menghubungi Anda untuk proses lebih lanjut. Jadi, buat travelingmu jadi lebih berarti dan juga bebas dari rasa khawatir dengan perlindungan dari Jasindo!

Bagikan