2020-01-17 14:59:58

7 Cara Agar Tidak Gampang Sakit

Pekerjaan yang menumpuk, cuaca yang tak menentu, dan makan yang tidak teratur seringkali menjadi penyebab tubuh menjadi rentan terhadap penyakit. Saat terserang penyakit, tentu kita menjadi tidak produktif karena harus istirahat untuk memulihkan kondisi tubuh. Ketidakproduktifan ini bisa mengganggu, baik untuk pekerjaan, maupun untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk itu, mari simak 7 cara agar tidak gampang sakit agar tubuhmu senantiasa sehat:

Banyak Minum Air Putih

Air putih. Sumber: www.riamiranda.com

Cara paling mudah untuk terhindar dari penyakit adalah dengan meminum air putih. Air putih dapat mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, kita dianjurkan minum sebanyak 8 gelas sehari untuk mendapatkan manfaat maksimal dari air putih. Biasakan untuk selalu minum air putih setelah bangun tidur untuk kembali menghidrasi tubuh. Selain itu, kurangi konsumsi minuman manis yang mengandung gula dan gantilah kebiasaan meminum minuman manis itu dengan mengonsumsi air putih untuk menghindari penyakit akibat sering mengonsumsi gula, seperti diabetes. Selain untuk mendetoksifikasi tubuh kita dari dalam sehingga daya tahan tubuh kita meningkat, konsumsi air putih juga penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan kenyal.

Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah. Sumber: www.hallosehat.com

Sejak kecil, kebanyakan anak sudah dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah agar bisa tumbuh sehat. Meskipun kandungan masing-masing buah dan sayur berbeda satu sama lain, akan tetapi secara umum, sayur dan buah memiliki kandungan vitamin, mineral, dan serat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Selain itu, sayur dan buah juga mengandung antioksidan dalam jumlah besar, dimana antioksidan ini berguna untuk melindungi tubuh dari penyakit, mengurangi risiko kanker, dan menangkal radikal bebas sehingga sel-sel tubuh tetap sehat. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Stamina Saat Mengemudi Jarak Jauh

Rutin Berolahraga

Olahraga pagi. Sumber: www.ekrut.com

Berolahraga adalah salah satu hal terpenting yang harus dilakukan agar badan kita tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Memang, bagi banyak orang, memulai untuk rutin berolahraga terasa berat, apalagi bila memiliki kegiatan yang padat. Tapi, untuk menjaga kesehatan, kita harus mencoba untuk berolahraga dari sekarang. Olahraga pun tidak harus yang langsung berat, bisa dimulai dengan jalan pagi santai rutin selama 30 menit, stretching, atau senam ringan. Cobalah untuk memulai rutin olahraga minimal satu kali per minggu, untuk kemudian frekuensi tersebut bisa dinaikkan sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan waktu. Jika punya waktu yang lebih luang, kamu dapat mencoba renang, tenis, badminton, futsal, atau olahraga fisik lain yang kamu suka. Semua itu akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh sehingga kamu tidak gampang sakit.

Baca Juga: 5 Olahraga Ringan untuk Ibu Hamil

Menjaga Kebersihan

Alat kebersihan. Sumber: www.dekoruma.com 

Salah satu faktor penyebab tubuh mudah terserang penyakit adalah lingkungan yang tidak bersih. Maka dari itu, kita harus memelihara kebersihan tubuh dan lingkungan tempat kita biasa beraktivitas seperti rumah dan kantor. Menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mandi dua kali sehari, pada pagi dan sore hari, untuk meluruhkan kotoran-kotoran yang menempel seharian di tubuh. Selain itu, lingkungan rumah juga harus kita pastikan kebersihannya dengan rutin menyapu dan mengepel rumah setiap hari, serta mengganti seprai sebanyak dua minggu sekali. Jangan biarkan debu dan kotoran menempel lama di lingkungan rumah untuk menghindari diri dari penyakit.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup. Sumber: www.therapedic.co.id

Setelah seharian beraktivitas, tubuh kita berhak untuk mendapatkan istirahat berupa tidur yang cukup. Waktu tidur berkaitan dengan kesehatan tubuh, jika tubuh kurang tidur, maka kita akan rentan terkena penyakit seperti hormon yang tidak teratur, hingga jantung dan diabetes. Sebaliknya, jika ingin sehat, maka kita harus tidur dalam jangka waktu yang dianjurkan, yakni 8 jam untuk orang dewasa. Dengan mendapatkan tidur yang cukup, maka tubuh cenderung tidak mudah terserang penyakit.

Mengelola Stres

 Ilustrasi meditasi. Sumber: www.kompas.com

Padatnya aktivitas seringkali menyebabkan stres bagi orang-orang dewasa. Dan stres dapat membuat fisik juga turut terserang penyakit. Maka dari itu, untuk menjaga diri dari stres, kita perlu mengelolanya agar kelelahan emosi tersebut tidak mengganggu kesehatan mental dan fisik kita. Cara untuk mengelola stres diantaranya adalah dengan meditasi, atau jika perlu pertolongan lebih lanjut, bisa menghubungi tenaga ahli seperti psikolog. Selain itu, liburan singkat untuk membebaskan diri dari rutinitas harian juga merupakan cara efektif untuk mengelola stres.

Demikian 7 cara yang bisa dilakukan untuk memperkuat tubuh sehingga tidak mudah sakit. Dapat disimpulkan bahwa untuk menjaga ketahanan tubuh, tak cukup hanya dengan berolahraga, tapi juga dengan menjaga pola makan, tidur, serta pengelolaan stres yang optimal. Dengan tubuh yang tahan terhadap penyakit, maka kita akan menjadi lebih produktif, yang mana akan memberikan banyak dampak baik seperti bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu hingga menjaga jiwa agar tetap lebih stabil karena memiliki fisik yang kuat.

Selain membangun pola hidup sehat, kita juga harus mempersiapkan perlindungan manakala penyakit yang tak diinginkan tiba-tiba menyerang tanpa bisa kita kontrol. Maka dari itu, lengkapi perlindungan kesehatan Anda dengan asuransi kesehatan dari Jasindo. Anda dapat mengunjungi www.jasindo.co.id, isi data diri Anda, dan agen kami akan menghubungi Anda untuk membantu Anda mendapatkan perlindungan kesehatan yang terbaik.

 #AsuransiJasindo #BUMNHadirUntukNegeri #MelengkapiHidupmu

Bagikan