2019-06-03 12:01:00

7 Cara Memilih Ikan Segar

"Kalau tidak makan ikan, saya tenggelamkan!" begitulah kata-kata terkenal dari mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Kata-kata Bu Susi itu bukan tanpa alasan, sebab mengonsumsi ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, sebab tubuh ikan mengandung protein, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineral. Semua kandungan tersebut baik untuk menstimulus sel-sel otak, menjaga kesehatan tubuh, menstabilkan kadar kolesterol, serta menurunkan risiko terhadap penyakit berat seperti jantung dan stroke. Maka dari itu, konsumsi ikan perlu kita lakukan secara rutin. Olahan ikan yang menyehatkan tentulah berasal dari ikan yang segar. Untuk itu, mari simak 7 cara memilih ikan segar:

Mata Ikan Terlihat Bening

 mata ikan

 

Cara termudah untuk mengetahui apakah ikan masih segar atau tidak, kita hanya perlu melihat mata ikan tersebut. Bila mata ikan masih terlihat bening dan masih utuh di tempatnya, maka ikan tersebut masih segar. Sebab, ikan yang tidak segar, matanya akan keruh, terkadang memerah, berkerut, dan melesak ke dalam. Dengan sekali pandang, akan mudah mengenali mata ikan yang segar dan tidak berdasarkan ciri-ciri tersebut.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis dari Gaya Hidup Sehat 

Kulit Ikan Berwarna Cerah dan Mengilap

 

kulit ikan

 Cara mudah lainnya untuk melihat apakah ikan masih segar atau tidak, adalah dengan melihat kulit ikan tersebut. Kulit ikan yang segar akan berwarna cerah dan mengilat, sementara ikan yang tidak segar, kulitnya kusam dan sisiknya mudah rontok. Tentu hal ini juga dapat dengan mudah dilihat pada saat memilih ikan.

Tidak Berbau Busuk

 bau busuk

 Ikan yang segar memiliki bau khas laut atau air tawar, sementara ikan yang tidak segar akan berbau amis dan asam yang menyengat, bahkan mendekati busuk, atau menguarkan bau lumpur jika ikan tersebut merupakan ikan air tawar. Bila tidak yakin akan aroma ikan tersebut, Anda dapat mengangkat tubuh ikan dan sedikit mendekatkannya ke hidung. Bila ikan tidak memiliki bau amis yang menyengat, maka ikan tersebut masih segar.

Baca juga:  Pelaku Usaha Tani, Lindungi Aset Anda bersama Asuransi Usaha Tani Padi 

Insang Berwarna Merah

 

insang merah

 Ikan yang segar memiliki insang yang berwarna merah terang, tidak gelap kecokelatan. Selain itu, bila insang sudah berlendir dengan warna yang keruh, tandanya ikan itu sudah tidak segar lagi. Hanya perlu menyingkap sedikit celah di samping kepala ikan untuk mengetahui apakah insang ikan berwarna merah segar, atau malah berwarna gelap dan berlendir keruh. Selain itu, insang dari ikan yang masih segar tidak memiliki bau yang menyengat, sedangkan insang dari ikan yang sudah tidak segar akan berbau asam.

Daging Padat Elastis

 

fresh fishMenekan tubuh ikan

 Daging ikan yang segar akan terlihat padat dan elastis, dimana bila telunjuk kita ditekan ke tubuh ikan, maka dagingnya akan kembali seperti semula. Ikan yang sudah tidak segar, bila ditekan dagingnya dengan telunjuk, maka bekas telunjuk akan berbekas dan daging tidak kembali ke posisi semula. Perut ikan segar juga masih kokoh pada tempatnya, sedangkan ikan yang sudah tidak segar, isi perutnya lembek dan mudah terburai.

Baca juga:  Nikmati Long Weekend di 5 Destinasi Ini 

Tubuh Ikan Tidak Berlendir Kelabu

 

tubuh ikan

 Ikan yang segar masih memiliki daging yang padat, sisik yang kuat, serta lendir yang membalut tubuhnya berwarna bening. Sementara ikan yang sudah tidak segar memiliki lendir yang berwarna kelabu. Semua itu bisa terlihat jelas saat kita memperhatikan lebih dekat tubuh ikan tersebut. Selain itu, lendir ikan yang tidak segar juga akan mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Posisi Ikan Kokoh Saat Diangkat

 

ikan kokoh

 

Apabila tubuh ikan yang segar diangkat, maka posisi ikan tersebut masih terlihat kokoh, tidak lemas. Sebaliknya, bila tubuh ikan diangkat dan posisi ikan tersebut lemas dan cenderung melengkung ke bawah, maka bisa dipastikan bahwa ikan tersebut sudah tidak segar lagi. Maka dari itu, untuk lebih memastikan kesegaran ikan, selain melihat dari warna mata, kulit, dan aroma ikan tersebut, ada baiknya tubuh ikan juga diangkat untuk bisa memastikan kesegarannya.

Itulah 7 cara memastikan kesegaran ikan yang akan kita olah untuk dimakan. Perlu diketahui, semua manfaat dalam tubuh ikan hanya bisa didapat apabila ikan tersebut berada dalam kondisi segar. Apabila salah pilih ikan yang tidak segar, bukan hanya rasanya yang tidak enak, tapi justru bukannya tubuh kita menjadi sehat, malah penyakit yang akan didapat, sebab tubuh ikan yang sudah tidak segar sudah terkontaminasi dengan bakteri. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan. Cara memilih ikan segar pun bisa dimulai dengan kondisi tubuhnya, apakah matanya berwarna cerah atau keruh, apa kulitnya masih mengilap atau warnanya sudah memudar, apakah ikan masih berbau segar, atau malah sudah berbau busuk. Selain itu, untuk melihat lebih dalam, maka dapat dengan menekan tubuh ikan, apakah masih elastis atau tidak, melihat warna lendir ikan, masih bening atau sudah kelabu, dan mengangkat tubuh ikan, apakah posisi ikan masih kokoh di tangan atau sudah lemas.

Dengan mengetahui ketujuh hal tersebut, diharapkan Anda tidak akan lagi memilih ikan yang tidak segar, dan dapat rutin mengonsumsi ikan sehingga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat, dan sel-sel otak semakin berkembang dengan baik.

Bagikan