2020-03-31 12:00:00

7 Jenis Makanan dan Minuman untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Virus COVID-19 atau corona telah ditetapkan WHO sebagai pandemi, yakni wabah yang telah menyebar ke beberapa negara atau benua dan menjangkiti banyak orang. Penularan corona juga sangat cepat, melalui tetesan air liur (droplet) yang dihasilkan lewat bersin atau batuk. Untuk menghindari semua itu, pemerintah memberi imbauan pada masyarakat untuk karantina diri di rumah. Dalam kondisi seperti ini, masyarakat cenderung merasa cemas karena korban jiwa yang terus bertambah akibat corona. Namun, kecemasan tersebut bisa dihindari dengan tetap menjaga kebersihan, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki efek menenangkan. Jadi, Anda bisa mencoba mengkonsumsi jenis-jenis makanan dan minuman berikut untuk menghilangkan rasa cemas saat pandemi:

1. Asparagus

 

Asparagus

Asparagus merupakan jenis sayuran padat nutrisi. Salah satu kandungan yang dimiliki asparagus adalah vitamin B9 atau yang biasa dikenal dengan asam folat. Satu porsi asparagus dapat memenuhi sekitar 20 persen asupan folat harian dan potasium yang bisa menurunkan tekanan darah. Maka dari itu, mengonsumsi asparagus dapat mengurangi kecemasan karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Selain itu, asparagus juga dapat melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah, dan juga menurunkan berat badan. Anda bisa menyajikan hidangan tumis asparagus yang dapat disantap bersama keluarga selama masa karantina mandiri seperti sekarang ini.

 2. Dark Chocolate

 Chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate memiliki kandungan yang sangat baik bagi kesehatan karena mengandung berbagai jenis antioksidan seperti polifenol, flavanoid, dan katekin. Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi dark chocolate dapat mengurangi rasa cemas serta dapat memperbaiki mood. Di masa penyebaran wabah COVID-19 yang membuat cemas banyak orang seperti sekarang, ada baiknya Anda mengonsumsi dark chocolate sebagai cemilan ringan sebanyak 1,5 ons per hari. Apabila Anda rutin mengonsumsi dark chocolate ini selama dua minggu berturut-turut, maka dark chocolate juga membantu tubuh untuk memproduksi hormon untuk menekan cemas dan stres.

3. Alpukat

 

Alpukat

Alpukat memiliki kandungan vitamin B yang tinggi. Mengonsumsi alpukat dapat membantu pelepasan hormon seperti serotonin dan dopamin, dimana dua hormon ini sangat membantu tubuh untuk mengurangi rasa cemas. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan yang dimiliki oleh alpukat dapat membantu melancarkan peredaran darah ke otak. Untuk itu, Anda perlu menjadikan alpukat sebagai menu yang wajib dikonsumsi setiap hari. Di rumah, Anda dapat membuat berbagai jenis makanan dari alpukat, seperti mengoleskan alpukat yang sudah dihaluskan ke roti bakar, memasak alpukat dengan telurmata sapi, mengisi dada ayam goreng dengan alpukat, atau bisa juga dengan memakan langsung alpukat ditemani dengan madu untuk menambah rasa manis.

Baca juga: 6 Kegiatan di rumah untuk menjaga kesehatan mental selama pandemi corona

4. Oat

 

Oat

Oat memiliki kandungan magnesium tinggi, dimana magnesium merupakan salah satu mineral yang berfungsi untuk menenangkan tubuh dan mengurangi kecemasan. Setengah cangkir oat dapat mencukupi sepertiga kebutuhan magnesium harian manusia. Anda dan keluarga dapat menyajikan oat saat sarapan, dikonsumsi dengan susu hangat dan taburan buah kaya antioksidan seperti stroberi atau blueberry. Anda juga dapat menggantikan konsumsi nasi dengan oat, dimana oat juga berperan penting untuk melancarkan pencernaan, menurunkan kolesterol, serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Anda juga bisa mengkerasikan oat dengan mencampurkannya dalam hidangan telur orak-arik atau menyajikan oat dengan sup krim yang hangat.

5. Ikan Salmon

 

Salmon

Seperti yang lazim diketahui, ikan salmon memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi. Kandungan tersebut dapat melindungi sistem imun dan juga berperan penting dalam menjaga fungsi otak. Dengan mengonsumsi ikan salmon, maka Anda juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda untuk melawan segala penyakit, terutama COVID-19 yang sedang melemahkan seluruh dunia. Anda dapat menyajikan sup salmon hangat atau salmon kukus dengan lemon dan asparagus untuk dikonsumsi bersama dengan keluarga.

6. Telur

 

Telur

Telur merupakan bahan makanan yang paling mudah ditemukan dan harganya murah. Meskipun begitu, telur merupakan sumber protein yang sangat lengkap dengan kandungan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu asam amino yang dimiliki telur adalah gtripofan, yang membantu tubuh untuk menghasilkan hormon serotonin. Hormon serotonin ini dapat meningkatkan fungsi otak serta mengurangi kecemasan. Anda dapat menghidangkan berbagai makanan yang dipadu dengan telur seperti ayam dan telur balado, sampai sup telur dengan tahu. Menghidangkan telur, selain lezat dan murah, juga membantu Anda mengurangi kecemasan dalam kondisi pandemi seperti ini.

Baca juga: 5 peluang bisnis dari gaya hidup sehat

7. Teh chammomile

 

Camomile tea

Teh chammomile mengandung flavanoid yang berperan untuk menenangkan tubuh dan juga mengurangi kecemasan. Selain itu, teh chammomile juga memiliki wangi yang sangat memanjakan indra penciuman Anda. Anda bisa menghidangkan teh chammomile di pagi atau sore hari untuk membuat Anda merasa rileks menjalani aktivitas di rumah. Anda bisa menyajikan teh chammomile dengan air panas atau bisa juga Anda tambahkan madu untuk menciptakan rasa manis. 

Demikian 7 jenis makanan dan minuman yang dapat membantu Anda mengurangi rasa cemas saat Anda tidak bisa keluar rumah selama pandemi COVID-19 ini berlangsung. Selain dengan menjaga kebersihan dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, Anda juga harus melindungi diri dengan proteksi kesehatan. Anda dapat kunjungi www.jasindo.co.id untuk mendapatkan perlindungan kesehatan di tengah situasi yang tidak menentu seperti ini. Mari, lindungi Anda dan keluarga bersama Jasindo!

#AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu

Bagikan