2019-07-22 08:00:00

7 Tips Workout Simpel di Rumah

Dalam kehidupan masyarakat urban yang padat dengan pekerjaan, menjaga kesehatan dengan berolahraga seringkali terabaikan dari jadwal harian karena keterbatasan waktu. Padahal, olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mulai dari menjaga bentuk tubuh agar tetap ideal, mencegah penyakit jantung dan stroke, mencegah kelebihan berat badan, hingga membuat suasana hati menjadi lebih baik dan tidur malam bisa lebih nyenyak. Maka dari itu, ada beberapa workout simpel yang bisa  kamu lakukan di tengah padatnya aktivitas pekerjaan agar tubuhmu tetap sehat. Gerakan-gerakan ini dapat kamu praktekkan sebelum berangkat kerja dalam waktu sekitar sepuluh menit saja. Simak 7 tips workout simpel di rumah berikut:

Push Up

Push up merupakan jenis workout paling umum yang diketahui oleh masyarakat. Untuk melakukan push up, kamu bisa memulai dengan badan tengkurap di atas lantai, kemudian angkat tubuh dengan kuat menggunakan lengan, lalu turunkan tubuh sampai siku membentuk sudut 90 derajat. Lalu kamu ulangi tahap tersebut hingga beberapa kali. Sebagai permulaan saat pertama kali melakukan workout push up, kamu bisa mencoba dengan interval waktu selama 1 menit. Push up jika dilakukan setiap hari bermanfaat untuk menguatkan tulang, meringankan gerakan tubuh sehari-hari, meningkatkan kekuatan dan massa otot, serta menjaga tekanan dan gula darah.

Planking

Planking merupakan bentuk workout dengan cara tengkurap lalu mengangkat badan dengan bertumpu pada lengan bawah dan kesepuluh jari kaki. Jika kamu baru pertama kali melakukan planking, maka kamu bisa mencobanya selama 20 detik dahulu di hari pertama, untuk kemudian secara bertahap ditingkatkan durasinya per sepuluh detik di hari-hari berikutnya, hingga akhirnya kamu bisa mencapai 5 menit planking di hari ke-30. Untuk itu, kamu harus melakukannya secara rutin setiap hari untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. Manfaat dari planking adalah untuk melangsingkan perut, meredakan nyeri tubuh, memperbaiki postur tubuh, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan kesehatan tulang dan sendi. 

Baca juga: 5 Gerakan Olahraga Sederhana Agar Produktif Bekerja 

Jump Rope

Jump rope alias lompat tali merupakan workout simpel yang bisa dilakukan dengan peralatan cukup mudah. Kamu cukup menyediakan alat untuk lompat tali yang dapat dengan mudah ditemukan di supermarket atau online shop langgananmu, lalu kamu tinggal melompat menggunakan tali tersebut selama minimal tiga menit untuk membakar kalori. Manfaat lain dari jump rope adalah dapat membentuk otot lengan, kaki, dan perut, membuat tubuhmu menjadi lebih lentur dan bugar, meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan kepadatan tulang, melatih efisiensi pernapasan, serta dapat membuat pikiran lebih tenang. Lompat tali mengombinasikan gerak tubuh dan otak bersamaan, sehingga turut meningkatkan sistem koordinasi di dalam tubuh.

Baca juga:  5 Cara Sederhana Mengatasi Stress Sehari-hari

Squat

 

Untuk melakukan squat, pertama kamu berdiri tegak dengan posisi tangan berada di samping badan, lalu perlahan kamu menurunkan tubuh hingga posisi setengah duduk dengan paha sejajar dengan lantai, kemudian julurkan kedua tanganmu ke depan, dan tumpukan bobot tubuh pada tumit. Lakukan gerakan ini sebanyak minimal sepuluh kali. Workout squat ini bermanfaat untuk membakar kalori, memperkuat otot, meminimalkan terjadinya selulit, meningkatkan aliran darah, dan meningkatkan fleksibilitas. Jadi, jangan lupa untuk melakukan workout ini setiap hari, ya!

Baca juga: 7 Cara Agar Tidak Gampang Sakit

Wall Sit

Wall sit merupakan jenis workout yang mudah karena kamu hanya perlu mencari dinding saja. Untuk melakukan wall sit, kamu dapat berdiri dengan jarak setengah meter di depan dinding dengan punggung menghadap ke dinding. Kemudian kamu geser punggung ke bawah dan menempel pada dinding hingga kakimu menekuk pada sudut 90 derajat. Bahu, punggung atas, dan kepalamu harus lurus menempel dinding. Tahan posisi ini selama minimal 30 detik. Wall sit bermanfaat untuk membangun kekuatan serta daya tahan otot pada tubuh bagian bawah apabila kamu rutin melakukannya setiap hari. 

Lunge

Tahapan pertama untuk melakukan lunge adalah dengan berdiri tegak, tempatkan tangan di pinggul, dan tarik bahu ke belakang. Setelah itu, langkahkan kaki kananmu ke depan dan turunkan tubuh perlahan-lahan hingga lutut membentuk sudut 90 derajat, namun lutut kiri tidak boleh menyentuh lantai. Setelah beberapa saat, kembalikan posisi tubuh Anda seperti di awal, lalu ulangi lagi gerakannya dengan kaki yang lain. Untuk percobaan pertama, Anda bisa mencoba 10 kali gerakan lunge dengan 5 kali di kaki kanan dan 5 kali di kaki kiri. Melalukan lunge dengan rutin setiap pagi bermanfaat untuk meningkatkan jaringan otot, membentuk tubuh bagian bawah, memberi fleksibilitas pada pinggul, serta memperkuat inti tubuh.

Jumping Jacks

Jumping jacks merupakan jenis workout yang dulu sering kita lakukan di bangku Sekolah Dasar saat pelajaran olahraga, sehingga seharusnya gerakan ini sudah familiar bagimu. Untuk mengawali jumping jacks, kamu berdiri dengan tegak dengan kedua tangan di samping badan, lalu melompat dengan membuka lebar kedua kaki dan tangan ke arah samping. Kamu bisa lakukan ini berulang-ulang hingga dua menit. Manfaat dari jumping jacks yang dilakukan dengan rutin setiap hari adalah untuk melatih otot-otot kaki, perut, lengan, dada, serta bahu.

Itulah 7 tips workout simpel di rumah yang bisa kamu praktekkan sebelum memulai aktivitas harianmu. Di samping menjaga agar tubuhmu tetap sehat dan bugar, kamu juga perlu melindungi diri dari segala risiko yang mengancam kesehatanmu. Kunjungi website di www.jasindo.co.id untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan bagi kesehatanmu dengan premi yang murah. Semua itu bisa kamu dapatkan hanya di Jasindo!

Bagikan