2020-05-03 12:00:59

8 Kegiatan Ngabuburit Produktif di Rumah

Di Indonesia, setiap bulan Ramadan terdapat tradisi yang biasa disebut ngabuburit, yakni melakukan kegiatan untuk mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Biasanya, ngabuburit diisi dengan berjalan-jalan sore mencari panganan untuk berbuka puasa atau sekedar berkumpul dan mengobrol dengan teman. Akan tetapi, dalam situasi pandemi COVID-19 atau corona seperti sekarang, ketika semua orang dihimbau untuk berdiam di rumah demi mencegah penyebaran virus corona, kegiatan ngabuburit di luar rumah terpaksa harus dihindari dulu. Namun Anda masih dapat melakukan ngabuburit di dalam rumah saja dengan melakukan hal-hal produktif sembari menunggu azan magrib. Simak 8 kegiatan ngabuburit produktif di rumah berikut ini:

Membaca Al-Qur'an

Jika Anda memiliki target tertentu di bulan Ramadan seperti mengkhatamkan Al-Quran, maka Anda bisa membaca Al-Qur'an sembari menunggu waktu berbuka puasa. Selain membaca Al-Qur'an, Anda dapat mengulang hafalan surat-surat dalam Al-Qur'an sebagai bentuk kegiatan produktif selama ngabuburit. Anda juga bisa membaca serta mempelajari tafsir Al-Qur'an untuk menambah pengetahuan Anda tentang isi dari kitab suci ini.

Menyimak Ceramah Online

Karena pandemi corona, maka segala kegiatan yang berkaitan dengan berkumpulnya banyak orang terpaksa harus dihentikan dulu, salah satunya adalah beribadah di masjid. Sebelum pandemi, di bulan Ramadan banyak masjid-masjid yang menghadirkan ceramah ustad setiap selesai waktu salat, tetapi di saat seperti ini, ketika Anda tak bisa langsung menyimak ceramah di masjid, Anda bisa menggunakan platform online untuk menyimak ceramah-ceramah keagamaan dari ustad-ustad yang mumpuni di bidangnya. Dan karena online, Anda juga bisa memilih topik ceramah apa yang ingin Anda dengarkan. Dengan menyimak ceramah online ini, maka Anda dapat mengisi kegiatan ngabuburit dengan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang disampaikan dari ceramah para ustad tersebut.

Baca juga: 6 Kegiatan di Rumah untuk Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemi Corona

Menyiapkan Hidangan untuk Berbuka Puasa

Hidangan khas berbuka puasa di Indonesia biasanya terdiri dari kolak, es buah, es cendol, dan juga gorengan. Salah satu jenis kegiatan ngabuburit produktif di rumah adalah dengan menyiapkan hidangan tersebut. Jika biasanya Anda ngabuburit dengan mencari jajanan untuk berbuka puasa, sekarang Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Anda bisa mencari resep hidangan tersebut di internet, lalu memodifikasinya sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Anda juga bisa menjadikan kegiatan menyiapkan hidangan berbuka puasa ini sebagai sarana bonding dengan keluarga dengan mengajak anak, pasangan, atau orang tua untuk bersama-sama membuat kolak atau gorengan.

Membaca Buku

Dengan banyaknya waktu luang karena harus melakukan kegiatan di rumah saja, Anda bisa memanfaatkan kegiatan ngabuburit di rumah dengan membaca buku yang Anda sukai. Contohnya ada novel seru yang ingin Anda selesaikan, atau ada buku non-fiksi yang memberikan Anda banyak wawasan baru, maka semua itu bisa dilakukan di waktu sore menjelang magrib. Ngabuburit dengan membaca buku-buku yang Anda sukai akan membuat waktu terasa cepat berjalan sehingga azan magrib tak lagi terasa begitu lama.

Berolahraga

Agar tubuh Anda tetap sehat dan bugar, maka waktu ngabuburit dapat diisi dengan berolahraga di dalam rumah seperti senam atau yoga. Selain membuat fisik menjadi bugar, olahraga juga membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres. Berolahraga menjelang waktu berbuka juga menguntungkan karena ketika Anda sudah merasa haus akibat proses pembakaran yang terjadi di dalam tubuh, maka Anda bisa langsung meminum air putih saat azan magrib berkumandang. Tubuh menjadi sehat dan juga terhidrasi dengan baik.

Baca juga:  10 Cara Menurunkan Kolesterol

Mengobrol dengan Keluarga

Manfaatkan waktu ngabuburit di rumah dengan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Anda dapat mengobrolkan berbagai topik yang sedang hangat dan mendiskusikannya dengan anggota keluarga lain, atau Anda dapat menceritakan hal-hal lucu untuk menghibur keluarga Anda. Jika Anda berada di perantauan yang jauh dari keluarga, gunakan waktu ngabuburit ini untuk melakukan video call dan menyapa orangtua atau saudara Anda di rumah dan berbagi cerita menyenangkan dengan mereka sambil menunggu waktu berbuka puasa. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan kualitas hubungan dengan para anggota keluarga.

Membuat DIY untuk Dekorasi Rumah

Kegiatan produktif lain yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu ngabuburit adalah dengan membuat DIY untuk dekorasi rumah, contohnya dengan membuat keset dari kumpulan handuk yang sudah tidak terpakai, membuat wall decor dengan melukis kanvas menggunakan cat minyak, membuat lampu hias dari botol bekas, dan masih banyak lagi ide DIY untuk dekorasi rumah yang bisa ditemukan di internet dan dapat Anda kreasikan sesuai dengan selera pribadi. Dengan membuat DIY, Anda tidak hanya mengisi waktu menjelang berbuka puasa, namun juga dapat mempercantik rumah dengan hasil karya tangan Anda sendiri.

Berdonasi Online

Bulan Ramadan adalah bulan dimana segala amal baik dilipatgandakan oleh Allah Swt. Anda bisa mengisi waktu ngabuburit dengan melakukan donasi secara online untuk mereka yang membutuhkan, apalagi di masa sulit seperti sekarang ini. Anda bisa cari jenis bantuan apa yang ingin Anda berikan (Infaq, sedekah, atau zakat) secara online dan menyalurkan donasi Anda disana. Jika anda menyalurkan bantuan bisa melalui Asuransi Jasindo di Kitabisa.com bersama Asuransi Jasindo

Itulah 8 kegiatan ngabuburit produktif di rumah yang dapat Anda lakukan selama bulan Ramadan. Anda juga bisa melengkapi keberkahan Ramadan dengan perlindungan untuk diri Anda dan keluarga bersama Jasindo. Kunjungi www.jasindo.co.id untuk memilih jenis perlindungan yang Anda inginkan. Bersama Jasindo, kemudahan untuk mendapatkan perlindungan kini ada dalam genggaman Anda!

Bagikan