2020-05-16 12:00:25

8 Rekomendasi Masakan Rumah yang Sehat dan Praktis

masakan rumahan

Dalam kondisi jauh dari keluarga dan harus #dirumahsaja, masakan rumah akan selalu menjadi hal yang paling dirindukan. Sejatinya, masakan ibu di rumah mengandung kesan tersendiri bagi tiap orang, sebab perkenalan kita terhadap berbagai cita rasa makanan dimulai dari rumah. 

Di samping itu, makanan yang dibuat sendiri di rumah juga lebih menyehatkan. Kita dapat mengontrol bahan baku dan proses memasak dengan baik. Buat anda yang ingin memulai masak di rumah, ada beberapa rekomendasi masakan yang sehat dan praktis untuk dibuat loh! Cek selengkapnya di bawah ini.

  • Menikmati Segarnya Sayur Asem

Siapa yang tidak familiar dengan sayur asem? Sayur asem merupakan salah satu masakan rumah yang umum disajikan. Masakan ini menjadi favorit karena kesegaran kuahnya. Sayur ini juga cocok sebagai pendamping ikan goreng dan nasi putih hangat. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun cukup mudah seperti kacang panjang, labu siam, jagung manis, dsb. 

Sayuran yang ada pada sayur asem mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti mengontrol kadar gula darah, memperbaiki sistem pencernaan, mencegah hipertensi, dan juga meningkatkan metabolisme tubuh. 

  • Mencicipi Ayam Goreng Mentega di Rumah

Olahan  ayam begitu banyak macamnya, jika biasanya hanya membuat ayam ungkep untuk digoreng, kalian bisa mencoba resep praktis tapi rasanya dijamin bikin nagih. Salah satunya adalah ayam goreng mentega, ayam goreng mentega merupakan hidangan ayam yang sering dijumpai di dapur orang Indonesia. Perpaduan rasa manis, gurih, dan pedas menambah cita rasa tersendiri bagi penikmatnya. Cara membuat ayam goreng mentega pun tidak sulit dan cenderung mudah untu para pemula. Jadi, jangan sampai hidangan ini terlewatkan oleh anda yang suka masakan rumahan.

  • Manjakan Lidah dengan Sayur Bayam Ebi

Bayam merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan antioksidan dalam bayam berperan untuk mengontrol kadar diabetes dalam tubuh. Selain itu, kandungan klorofil, kalium, vitamin K dan vitamin yang ada pada bayam juga bermanfaat untuk mencegah kanker, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan tulang dan juga kesehatan kulit dan rambut.

Melihat manfaatnya, sayur bayam menjadi salah satu masakan rumah yang tidak boleh dilewatkan. Untuk menambahkan cita rasa pada bayam yang terasa hambar, anda bisa menambahkan ebi dalam rebusan bayam. Selain gurih, hidangan bayam akan menjadi lebih lezat daripada biasanya.

  • Tambah Lauk dengan Tumis Tempe Kacang Panjang

Masakan rumah sederhana lain yang bisa anda coba ialah tumis tempe kacang panjang. Resep masakan ini sangat umum dijumpai di mana saja mulai dari warung nasi rames hingga rumah makan tradisional. Untuk membuatnya juga cukup mudah, hanya perlu ditumis dan diberikan beberapa bumbu sederhana seperti saus tiram, garam, lada dan penyedap masakan. Cocok disajikan dengan nasi hangat dan dengan minuman yang segar seperti es jeruk ataupun es teh manis.

Selain mudah dibuat, tumis sayur ini juga memiliki berbagai kandungan gizi yang hadir dari bahan baku utamanya, kacang-kacangan. Tempe menjadi sumber protein nabati yang berguna bagi tubuh. Sedangkan kacang panjang mengandung vitamin A, vitamin C dan folat yang berguna untuk mencegah radikal bebas, menjaga kesehatan ibu hamil, dan menurunkan risiko rematik pada tubuh.

  • Menikmati Lezatnya Nasi Bakar

Kata siapa nasi bakar hanya dijumpai di rumah makan dan angkringan saja? Ternyata nasi bakar dapat dengan mudah dibuat di rumah. Isian nasi bakar juga dapat dikreasikan bermaca-macam. Anda bisa menambahkan ikan, ayam, jamur, tempe dan juga sayur-sayuran untuk menambah nutrisi dalam tubuh. Tertarik mencoba?

  • Tongseng Ayam Penggugah Selera Makan

Jika anda bosan dengan olahan ayam yang manis seperti ayam goreng mentega, anda bisa mencoba varian lain seperti tongseng ayam. Tongseng Ayam merupakan salah satu masakan rumah yang menjadi favorit pecinta santan. Membuat tongseng ayam pun cukup mudah, bahan-bahannya dapat dengan mudah dijumpai di pasar atau supermarket. 

  • Mencicipi Gurihnya Sayur Taoge Ikan Asin

Toge memang terkenal sebagai salah satu sayurang yang meningkatkan kesuburan, namun ternyata ada berbagai kandungan lain dari toge yang bermanfaat untuk tubuh loh! Toge kaya akan enzim yang meningkatkan metabolisme. Selain itu, toge juga dapat memukihkan anemia dengan kandungan zat besinya.

Dengan kandungan gizi yang bermanfaat untuk tubuh, toge menjadi salah satu masakan rumah yang umum disajikan di Indonesia, baik dalam menu bakso, soto, atau ditumis menggunakan ikan asin. 

  • Menjajal Pedasnya Terong Bawang Cabe

Pecinta masakan pedas pasti tidak akan melewtkan terong bawang cabe. Bahan baku yang dibutuhkan masakan ini cukup murah dan sederhana hanya terong dan telur. Rasa gurih dan pedas yang menjadi satu di mulut cukup memanjakan lidah. Lezatnya olahan terong ini akan terasa sempurna jika dimakan dengan sambal dan nasi panas. 

Itulah beberapa rekomendasi masakan rumah yang bisa anda coba di rumah. Mengkonsumsi makanan yang dibuat sendiri dapat menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan. Selain menjaga nutrisi makanan, pertimbangkan juga untuk memberikan perlindungan kesehatan. Kunjungi www.jasindo.co.id untuk mendapatkan informasi detail seputar perlindungan kesehatan anda. #AsuransiJasindo #BUMNuntukIndonesia #MelengkapiHidupmu.

Bagikan