2020-01-02 15:12:36

8 Tips Traveling untuk Traveler Masa Kini

Traveling merupakan kegiatan yang memerlukan persiapan yang optimal, karena traveling akan memakan waktu dan tenaga selama perjalanan. Jangan sampai kegiatan traveling kamu terganggu akibat kurangnya persiapan, seperti tidak dapat penginapan saat sudah sampai di tempat tujuan, alergi makanan lokal, penyakit kambuh di perjalanan, sampai koper yang kelebihan muatan akibat belanja yang gila-gilaan.

Untuk itu, mari simak tips traveling berikut yang bisa membantumu melakukan persiapan saat traveling:

Cari Tahu tentang Harga

Ilustrasi harga. Sumber: www.siliconweek.com

Sebelum memulai traveling, kamu harus tahu segala harga, mulai dari harga transportasi kamu ke tempat tujuan, makanan, penginapan, hingga harga oleh-oleh. Hal ini bertujuan agar kamu bisa mengatur pengeluaranmu selama traveling, supaya biaya travelingmu tidak overbudget alias saldo ATM kamu tidak mencukupi untuk membayar ini-itu di tempat tujuan. Apalagi jika kamu traveling ke luar negeri, yang mana di beberapa negara, biaya hidupnya tinggi, sehingga berimbas kepada harga penginapan dan juga makanan. Jadi, cari tahu dulu tentang harga-harga di tempat tujuanmu, untuk menghindari kamu jadi bokek mendadak saat traveling.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Ini Saat Traveling

Pesan Penginapan Sebelum Berangkat

Penginapan. Sumber: www.pulauayer.com

Jangan ambil risiko untuk memesan penginapan secara on the spot, terutama saat kamu belum mengetahui kondisi daerah yang akan kamu datangi. Bisa jadi, kamu tidak akan mendapatkan penginapan yang layak karena di hari saat kamu tiba di tempat tujuan, hampir semua penginapan sudah penuh. Pastikan kamu sudah memesan penginapan yang terletak di lokasi strategis, sehingga dekat dengan tempat-tempat yang akan kamu datangi. Kamu juga bisa lihat review penginapan di internet sehingga kamu bisa memilih penginapan apa yang memiliki review baik dengan harga yang disesuaikan dengan budgetmu.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Stamina Saat Mengemudi Jarak Jauh

Ketahui Jenis Transportasi yang Bisa Digunakan

Moda transportasi. Sumber: www.englishcafe.co.id

Sebelum traveling, kamu harus cari tahu jenis transportasi yang akan kamu gunakan untuk traveling dan bagaimana mobilisasimu di tempat tujuan. Apakah kamu akan menyewa mobil atau menggunakan jenis transportasi umum seperti bus atau kereta. Rancang dari awal moda transportasi apa yang kamu gunakan, seperti: Kamu akan pergi ke tempat tujuan naik pesawat, lalu ke penginapan dengan menggunakan taksi online, kemudian ke tempat-tempat wisata dengan bus. Dan pastikan tempat tujuan kamu memiliki moda transportasi tersebut.

Susun Rencana Perjalanan

Ilustrasi rencana perjalanan. Sumber: www.kucingbloon.wordpress.com

Meskipun tujuan travelingmu adalah untuk liburan atau bersantai, kamu tetap harus menyusun itinerary atau rencana perjalanan. Rencana perjalanan ini diperlukan untuk memberikan gambaran apa saja yang akan kamu lakukan di tempat tujuan, sehingga tak ada waktu yang terbuang sia-sia karena kamu nggak tahu kamu mau kemana atau melakukan apa di tempat tujuan. Cari tahu tempat-tempat apa saja yang akan kamu datangi saat traveling, seperti tempat wisata atau tempat bersejarah apa saja yang ada di daerah tersebut. Buat kegiatan travelingmu menyenangkan, tapi tetap terarah.

Jangan Membawa Terlalu Banyak Barang

Ilustrasi koper. Sumber: www.seindotravel.net

Saat traveling, hindari membawa terlalu banyak barang. Saat pergi, bawalah barang-barang yang memang kamu benar-benar butuhkan. Prinsip saat traveling adalah kepraktisan, sehingga kamu tidak usah direpotkan dengan berbagai macam barang saat bepergian. Sehari cukup 4 potong pakaian, sepasang pakaian pergi, dan sepasang pakaian tidur. Tidak usah membawa lebih banyak dari itu jika memang tidak dibutuhkan. Selain itu, belilah oleh-oleh sewajarnya, jangan sampai kopermu jadi kelebihan muatan, sehingga kamu dikenakan charge saat naik pesawat, karena oleh-olehmu membludak.

Bawa Obat - Obatan Mendasar

Obat-obatan. Sumber: www.minews.id

Karena traveling akan memakan waktu dan tenaga, bukan tidak mungkin kamu akan kelelahan di perjalanan. Tubuh yang lelah akan rentan terserang penyakit sehingga lazim ditemui orang yang bepergian jauh dari tempat tinggalnya, terkena flu atau demam di tempat tujuan. Maka dari itu, bawa obat-obatan seperti paracetamol yang berguna saat flu atau demam menyerang saat traveling. Jika kamu memang memiliki penyakit yang butuh obat-obatan khusus seperti asma, jangan lupa bawa inhaler untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba asmamu kambuh di perjalanan. Selalu sedia payung sebelum hujan, ya!

Abadikan Momen Berharga

Ilustrasi pengambilan foto. Sumber: www.kompasiana.com 

Abadikan keunikan tempat yang kamu kunjungi saat traveling, terutama hal-hal yang belum pernah kamu temui di tempat tinggalmu. Contohnya, saat kamu traveling ke Jepang dan melihat bunga sakura berguguran, maka abadikanlah keindahan tersebut dengan kameramu. Jika kamu fotografer amatir, tak perlu membawa kamera profesional. Cukup dengan kamera ponselmu, abadikanlah segala keindahan dan keunikan di tempat yang sedang kamu kunjungi, baik dalam bentuk foto atau video. Semua ini akan berguna sebagai "kotak memori" saat kamu ingin mengingat kembali momen-momen indah saat traveling.

Nikmati Waktu Travelingmu

Enjoy Your Time.

Enjoy every moment. Meskipun kamu mengabadikan keindahan tempat tujuan travelingmu dengan kamera, tapi jangan sampai kamu malah lebih fokus mengambil foto dibandingkan dengan menikmati waktu travelingmu. Bagilah waktu, misalnya, sepuluh menit pertama kamu memang foto-foto keindahan bunga sakura, tapi setelah sepuluh menit, gunakanlah waktumu untuk menikmati keindahan tersebut. Perhatikan pemandangan dan orang-orang sekitar, atau jika mau, berinteraksilah dengan warga lokal untuk menambah teman dan wawasanmu saat berkunjung ke negeri orang. Pastikan kamu mendapatkan banyak manfaat saat bepergian jauh dari tempat tinggalmu.

Itulah tips-tips traveling yang bisa kamu lakukan sebelum dan saat traveling. Nah, untuk membuat kegiatan travelingmu lebih lancar dan bebas khawatir, kamu bisa lindungi dirimu selama perjalanan dengan asuransi perjalanan dari Jasindo. Kamu cukup kunjungi https://www.jasindotravel.co.id/, isi data dirimu disana, dan dapatkan perlindungan selama kamu traveling. Premi rendah, perjalananmu bebas gundah!

#AsuransiJasindo #BUMNHadirUntukNegeri #MelengkapiHidupmu

Bagikan