2020-05-08 12:00:03

Asal Dilakukan dengan Baik, Belanja Online Ternyata Banyak Untungnya Loh!

Di masa-masa PSBB seperti saat ini, belanja online menjadi pilihan banyak orang. Menurut data yang dihimpun dari Telunjuk.com, telah terjadi lonjakan pembelian online, terutama pembelian sembako dan kebutuhan pokok sebesar lebih dari 400% semenjak masa PSBB. Tentu, kenaikan ini tidak terjadi tanpa alasan. Sebagian orang memilih berbelanja online karena beberapa alasan. 

Mengapa Belanja Online?

Ada beberapa alasan yang membuat anda perlu mempertimbangkan untuk berbelanja online di masa-masa seperti ini. Apa saja kira-kira?

  • Hemat Waktu

Berbelanja secara online lebih menghemat waktu. Anda bisa membandingkan harga, mencari produk, sambil melakukan kegiatan lain di rumah. Hal ini merupakan poin plus untuk anda yang memiliki banyak kegiatan. 

Selain itu, belanja online tidak mengharuskan anda mengantre selayaknya berbelanja langsung di toko atau supermarket. Pembayaran dapat dilakukan dengan metode transfer atau menggunakan kartu kredit. Lebih efisien bukan?

  • Tidak Harus Keluar Rumah

Di masa-masa seperti ini, meminimalisir frekuensi keluar rumah menjadi pilihan yang bijak. Dengan berbelanja dari rumah, anda tidak perlu keluar rumah dan menghabiskan banyak waktu di luar. Berbelanja bisa dilakukan sambil memasak, menonton TV, hingga sebelum tidur di malam hari. 

  • Harganya Lebih Murah

Terkadang berbelanja di marketplace lebih menguntungkan dari berbelanja langsung karena adanya berbagai promo. Mulai dari potongan harga hingga promo ongkos kirim. Dengan melakukan belanja online, bukan tidak mungkin anda dapat menekan biaya pengeluaran bulanan (dengan catatan dapat terkontrol tentunya).

Bagaimana Belanja Online yang Baik?

Berbelanja secara online dari rumah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan berbelanja langsung. Perlu ketelitian dan pengetahuan mengenai harga barang yang ingin anda pilih. Tetapi, jika belum terbiasa berbelanja secara online, anda bisa memperhatikan beberapa cara agar tidak salah pilih selama berbelanja.

  • Pilih Toko Terpercaya

Sebelum memutuskan untuk membeli barang, pastikan toko yang anda pilih merupakan toko yang terpercaya. Bagaimana cara mengetahuinya? Anda hanya perlu melihat review pembeli secara teliti. Anda bisa membaca testimoni dan melihat foto yang diunggah pembeli sebelumnya jika ada. Perhatikan apakah barang yang ada sudah sesuai apa belum dengan deskripsi penjual.

Di samping itu biasanya jika anda berbelanja di marketplace, terdapat tanda “official store” yang menandakan bahwa toko tersebut dikelola langsung oleh produsen produk atau distributor resmi. Untuk menghindari penipuan, anda bisa memilih untuk belanja online toko resmi yang ada. 

  • Baca Deskripsi Barang Secara Teliti

Teliti adalah kunci dari belanja secara online. Tanpa ketelitian biasanya akan berujung pada kekecewaan. Sebelum memutuskan membeli sesuatu secara online, perhatikan baik-baik deskripsi yang dituliskan oleh penjual. Jangan sampai setelah sampai, ternyata barang tidak sesuai dengan ekspetasi anda. 

  • Bandingkan Barang Sejenis untuk Harga Terbaik

Tak ada salahnya melakukan riset untuk membandingkan harga terbaik. Seringkali, harga suatu barang di tiap toko memiliki perbedaan yang cukup besar. membandingkan harga barang sejenis dapat membuat anda tahu harga pasaran normal sehingga bisa menekan biaya belanja bulanan. Walaupun begitu, tetap jangan abaikan kualitasnya ya!

  • Cari Lokasi Pengiriman Terdekat

Percuma mendapatkan harga barang yang murah, namun pengirimannya jauh. Biasanya harga pengiriman barang bisa mencapai setengah harga atau melampaui harga barang yang dibeli. Memperhatikan lokasi pengiriman barang penting sekali buat anda yang belanja online. Terutama jika anda berbelanja kebutuhan pangan. Untuk mempermudah hal ini, biasanya marketplace sudah menyediakan fitur untuk mengurutkan berdsarkan lokasi anda saat ini. 

Mengatur Keuangan Selama Belanja Online di Masa Pandemi

Tak bisa dipungkiri, banyaknya promo dan pilihan barang yang menarik perhatian dapat menjadi wujud godaan tersendiri dari belanja secara online. Namun, di tengah masa pandemi seperti saat ini, rasanya menjaga stabilitas keuangan merupakan prioritas utama yang perlu dipertahankan. Nah, bagaimana sih cara menekan keinginan untuk berbelanja online agar keuangan dapat diatur dengan baik?

  • Beli Barang Sesuai Kebutuhan

Pastikan sebelum belanja anda telah memastikan apa yang harus dibeli. Jika sempat, anda bahkan bisa membuat daftar barang belanjaan yang dibutuhkan agar pengeluaran anda dapat terkontrol dengan baik. Fokus pada pengeluaran primer dan hindari pengeluaran lainnya yang belum dibutuhkan. 

  • Jika Butuh, Carilah Harga Promo

Tak selamanya promo itu buruk. Promo dapat dimanfaatkan untuk hal-hal baik selama anda membeli kebutuhan primer yang dibutuhkan. Promo yang diberikan toko online dapat membantu anda mengurangi anggaran belanja online. Bagaimana cara mencari promo? Anda hanya perlu bersabar untuk menjelajahi marketplace dan membandingkan harga. Sama seperti berbelanja di Mall bukan?

  • Alokasikan Uang untuk Dana Darurat atau Asuransi

Selama anda mengurangi anggaran belanja dan hanya membeli kebutuhan primer saja, tabungan anda dapat bertambah secara signifikan. Di masa krisis seperti, ada baiknya mengalokasikan uang tersebut untuk dana darurat. Kita tidak tahu apa yang terjadi di masa akan datang bukan? Mempersiapkan diri menjadi salah satu langkah bijak yang dapat kita lakukan.

Selain dialokasikan untuk dana darurat, anggaran belanja online juga dapat dialokasikan untuk perlindungan kesehatan dengan asuransi. Anda bisa mengunjungi Asuransi Kesehatan Jasindo untuk mendapatkan detail mengenai asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan diri anda. Mari lindungi diri sendiri dan keluarga. Bersama #AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu.

Bagikan