2019-11-21 12:00:02

Asuransi Perjalanan Saat Traveling, Perlu Atau Tidak?

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan saat ingin traveling. Mulai dari dana, destinasi, tanggal keberangkatan, akomodasi, transportasi dan lain sebagainya. Di samping mempersiapkan hal-hal tersebut, ada baiknya anda juga mempersiapkan asuransi perjalanan. Mungkin sebagian dari anda berpikir bahwa asuransi perjalanan tidak penting. Padahal asuransi dapat menjadi pengganti biaya darurat jika ada hal buruk yang terjadi selama anda traveling. Ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan, begitu pula dengan sedia asuransi dulu agar tenang saat liburan.

Siapa yang senang berlibur di tengah kekhawatiran? Tentu anda bukan salah satunya kan? Namun, sebandingkah biaya yang dikeluarkan untuk membayar biaya asuransi perjalanan dengan manfaat yang didapatkan? Jika anda masih ragu akan hal tersebut, anda bisa mempertimbangkan cakupan yang diberikannya. Apa saja kira-kira?

  • Memberikan Bantuan atas Kecelakaan

Kecelakaan merupakan peristiwa tak terduga yang dapat terjadi di mana saja dan kapan saja. Tentu, mengalami kecelakaan saat traveling sangat tidak diinginkan oleh siapapun. Dengan memiliki asuransi perjalanan, anda dapat memiliki perlindungan atas kecelakaan. Perlindungan tersebut berupa bantuan atau pertanggungan terhadap kerugian yang dialami. 

Jika kecelakaan tersebut menyebabkan kematian, uang pertanggungan atau santunan akan diberikan kepada ahli waris anda, selama polis asuransi yang anda miliki masih berlaku. Selain itu, biasanya pihak asuransi memiliki kebijkan yang berbeda terkait hal ini, jadi sebelum memilih asuransi perjalanan ada baiknya memperhatikan syarat dan ketentuannya.

  • Memberikan Kompensasi atas Penundaan dan Pembatalan Perjalanan

Adanya penundaan dan pembatalan penerbangan seringkali terjadi ketika berpergian. Penundaan dan pembatalan perjalanan bisa terjadi karena cuaca buruk, perbaikan mesin, dan lain sebagainya.

Dengan memiliki asuransi perjalanan, anda tidak perlu mempersiapkan dana darurat yang cukup besar, sebab biasanya perusahaan asuransi akan memberikan kompensasi baik atas penundaan maupun pembatalan perjalanan. 

Biasanya kompensasi ini dapat mencakup biaya akomodasi jika penerbangan selanjutnya mundur lebih dari 6-8 jam, biaya kehilangan deposit, ataupun biaya pembelian tiket baru, bergantung pada kebijakan pihak asuransi.

  • Memberikan Jaminan Biaya Perawatan Medis

Kejadian tak terduga yang membutuhakan perawatan medis bisa terjadi kapan saja dan di mana saja, termasuk saat anda sedang menghabiskan liburan. Biaya perawatan medis yang tidak murah dapat merogoh kocek cukup dalam, apalagi jika terjadi di negara lain. Oleh sebab itu, asuransi perjalanan berguna untuk anda.

Jika anda harus mendapatkan perawatan medis selama liburan, pihak asuransi akan memberikan jaminan biaya mulai dari biaya konsultasi dengan dokter, biaya rawat inap, hingga biaya obat-batan. Untuk lebih lengapnya, anda bisa mencari informasi mengenai cakupan pembiayaan perawatan medis asuransi yang dipilih.

  • Memberikan Layanan Evakuasi Medis

Selain memberikan jaminan biaya perawatan medis, asuransi perjalanan dengan cakupan internasional biasanya juga memberikan layanan evakuasi medis bagi penggunanya. Evakuasi medis meliputi layanan pemulangan kembali ke negara asal karena alasan medis hingga layanan pemulangan kembali jenazah jika pemegang polis meninggal dunia saat traveling. 

  • Memberikan Ganti Rugi Kehilangan/Kerusakan Bagasi

Peristiwa bagasi hilang seringkali menimpa para traveler ketika melakukan perjalanan wisata. Selain hilangnya bagasi, kerusakan dan tertukar juga sering terjadi. Dengan memiliki asuransi perjalanan, anda akan mendapatkan perlidungan berupa biaya ganti rugi jika bagasi anda mengalami kehilangan, kerusakan ataupun keterlambatan. Di samping itu, anda juga akan mendapatkan jaminan perlindungan barang-barang pribadi yang hilang atau rusak selama perjalanan.

  • Memberikan Perlindungan pada Risiko Mobil Sewa

Asuransi perjalanan juga memberikan perlindungan pada risiko mobil sewa. Banyak dari anda yang menyewa mobil di destinasi liburan. Selain lebih mudah untuk berpindah-pindah, menyewa mobil, jika dilakukan bersama, akan membuat biaya liburan anda lebih murah.

Namun terkadang, kejadian tak terduga terjadi selama liburan. Seperti kecelakaan atau kerusakan. Akan terasa memusingkan jika kendaraan yang dipakai merupakan kendaraan sewa. Dengan memiliki asuransi, anda akan mendapatkan biaya perlindungan jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi pada mobil sewaan anda.

  • Tips Memilih Asuransi Perjalanan

Setelah mempertimbangkan perlindungan yang diberikan asuransi perjalanan, saatnya memilih yang sesuai dengan kebutuhan anda. Memilih asuransi perjalanan bukanlah hal yang sulit selama anda mau mempelajari detail perlindungan yang diberikan. Jadi, pastikan anda membaca syarat dan ketentuannya dengan teliti sebelum memutuskan untuk memilihnya.

Pilih asuransi yang sesuai dengan waktu anda perpergian, apakah anda hanya pergi berwisata di saat itu, ataukah dalam satu tahun ke depan anda akan pergi traveling kembali. Biasanya perusahaan asuransi memiliki beberapa jenis asuransi perjalanan yakni yang bersifat satu kali jalan atau bundling selama satu tahun. Selain berdasarkan waktu berpergian, paket asuransi juga ada yang bersifat untuk pribadi dan ada juga yang untuk keluarga. Jadi diperhatikan ya mana yang sesuai kebutuhan!

Jangan lupa juga untuk membandingkan dan memilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Perusahaan asuransi yang memiliki kredibilitas baik biasanya tidak akan menyulitkanmu. Salah satu yang bisa kamu pertimbangkan ialah Asuransi Jasindo Travel. Dengan asuransi ini, anda dapat menghilangkan kekhawatiran selama traveling baik sendiri maupun dengan keluarga. Ada berbagai banyak perlindungan yang bisa anda dapatkan selama melakukan perjalanan wisata. Bisa cek selengkapnya di halaman Asuransi Jasindo Travel.

Bagikan