2017-10-18 04:25:16

Asuransi Uang: Perlindungan yang Tidak Kalah Penting

Asuransi Uang: Perlindungan yang Tidak Kalah Penting

Asuransi memiliki jenis yang beragam seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan asuransi kebakaran. Bagaimana dengan asuransi uang, pernahkah Anda mendengar tentangnya? Kini saatnya Anda memahami lebih jauh tentang jenis asuransi yang satu ini.

Mengapa Asuransi Uang Penting?

Asuransi uang adalah produk asuransi yang melindungi Tertanggung, terutama institusi perbankan atau lembaga keuangan lainnya dari risiko hilangnya dana tunai, surat berharga, atau alat tukar lain yang senilai dengan uang baik selama penyimpanan, saat di area kasir (teller), maupun dalam pengiriman dari satu tempat ke tempat lain. Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan ganti rugi bila uang atau alat tukar lain yang senilai dengan uang milik Anda mengalami berbagai risiko yang tidak diinginkan, termasuk perampokan, penodongan, dan pembobolan brankas.

Uang kertas dan uang logam jelas menjadi objek perlindungan utama dari asuransi uang. Namun, nilai uang di sini juga disetarakan ke dalam beberapa bentuk lain, di antaranya cek, giro bilyet, wesel, materai, logam mulia, perhiasan emas, serta sekuritas, atau surat-surat berharga seperti surat kontrak, sertifikat, akta notaris, dan segala bukti pembayaran atau apa pun bisa diuangkan. Tertanggung pun akan menentukan sendiri premises atau lokasi yang akan ia asuransikan. Biasanya ini adalah bagian dari bangunan/gedung yang digunakan oleh Tertanggung untuk menjalankan usahanya. Wilayah lokasi bisa diperluas, misalnya mencakup tempat parkir, pagar luar, dan sebagainya. Asuransi uang umumnya menawarkan 4 jenis pertanggungan, yakni:

Cash In Transit (CIT)
Melindungi dan memberikan jaminan ganti rugi kepada Tertanggung atas kerugian/kehilangan uang tunai atau objek lain yang senilai dengan uang selama masa pengiriman dari premis ke lokasi tujuan, baik dibawa oleh Tertanggung, maupun oleh orang atau jasa pengiriman yang ditunjuk oleh Tertanggung.

Cah In Safe (CIS)
Melindungi dan memberikan jaminan ganti rugi kepada Tertanggung atas kerugian/kehilangan uang tunai atau objek lain yang senilai dengan uang selama dalam penyimpanan di brankas atau lemari besi akibat perbuatan masuk dengan paksa dan kekerasan, serta pencurian, perusakan, atau perampokan.       

Cash In Cashier Box (CICB)
Melindungi dan memberikan jaminan ganti rugi kepada Tertanggung atas kerugian/kehilangan uang tunai atau objek lain yang senilai dengan uang selama berada di area kasir selama jam kerja akibat perbuatan masuk dengan paksa dan kekerasan, serta pencurian, perusakan, atau perampokan.      

Cash In ATM (CI ATM)
Melindungi dan memberikan jaminan ganti rugi kepada Tertanggung atas kerugian/kehilangan uang tunai atau objek lain yang senilai dengan uang yang disimpan dalam mesin ATM.

Dalam menjalani hidup, kita tentu merencanakan dan mengusahakan segala sesuatunya secara maksimal agar semua berjalan dengan baik. Sayangnya, kejadian tak terduga bisa datang kapan saja hingga berpotensi menimbulkan keresahan bagi Anda. Untuk itu, Asuransi Jasindo hadir untuk memberi ketenangan dalam hidup Anda. Bersama Asuransi Uang Jasindo, dapatkan perlindungan dan jaminan anti rugi atas risiko kerugian atau kehilangan pada uang atau objek lain yang senilai dengan uang melalui 4 pertanggungan, yakni Cash In Transit (CIT), Cash In Safe (CIS), Cash In Cashier Box (CICB), serta Cash In ATM (CI ATM).

Bagikan