2019-09-12 12:00:00

Cara Agar Makeup Tahan Lama Saat Harus Beraktivitas Seharian

makeup

Mengenakan makeup jadi rutinitas yang sulit ditinggalkan sebagian besar wanita sebelum memulai aktivitas di luar rumah. Macam-macam perlengkapan makeup untuk menunjang penampilan dikoleksi meskipun harus merogoh kocek cukup dalam. 

Mengenakan makeup sendiri merupakan kegiatan yang membutuhkan skill. Anda yang mengenakannya setiap hari tentu paham betul akan masalah ini. Apalagi jika hendak merias diri untuk acara-acara tertentu seperti menghadiri pernikahan, arisan keluarga besar, dan lain-lain. Anda tentu menginginkan riasan yang lebih cantik dari biasanya. 

Satu hal yang bisa merepotkan adalah ketika ada bagian riasan yang luntur dan butuh touch up. Memoleskan lagi beda, lipstick, atau eyeliner mungkin terlihat sebagai perkara yang sederhana. Tapi tentu tidak demikian halnya jika Anda sedang sibuk-sibuknya menjalankan aktivitas. 

Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda ikuti untuk membuat makeup jadi tahan laman. Ikuti cara-cara di bawah ini, ya!

  • Pastikan Wajah dalam Keadaan Bersih 

Setiap hendak menggunakan makeup, bahkan untuk makeup yang paling sederhana sekalipun, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Jangan malas untuk mencuci muka menggunakan air dan face wash sebelum mulai merias diri. JIika dirasa kurang bersih Anda juga bisa menggunakan toner setelahnya. 

Mencuci muka dan membersihkannya menggunakan toner akan menghilangkan minyak berlebih dan partikel-partikel dari wajah Anda. Dengan begitu foundation, bedak, dan macam-macam riasan lainnya akan menempel dengan lebih sempurna. 

  • Memakai Moisturizer 

Sebagian dari Anda mungkin berpikir bahwa moisturizer hanya diperlukan oleh mereka yang memiliki kulit kering atau normal, bukan oleh orang yang kulitnya berminyak. Ternyata anggapan tersebut kurang tepat. Apapun jenis kulitnya tetap membutuhkan moisturizer, namun Anda harus cermat dalam memilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit. 

Penggunaan moisturizer berfungsi untuk mencegah kulit wajah terus menerus memproduksi sebum atau minyak. Sebum atau minyak yang berlebih pada wajah akan membuat makeup Anda lebih cepat luntur. Jangan lupa untuk memilih moisturizer yang berbahan alami dan sesuai dengan kondisi wajah Anda agar tak menyebabkan masalah lain, ya. 

  • Memakai Primer 

Kebanyakan wanita hanya mengenakan primer ketika hendak melakukan riasan pesta atau riasan berat lainnya. Padahal tak ada salahnya untuk mengenakan primer sebelum makeup sehari-hari, tapi tentunya dengan olesan yang lebih tipis. 

Primer memang berfungsi untuk membuat riasan jadi lebih melekat ke wajah dan tahan lama. Hal ini akan sangat membantu ketika aktivitas Anda sedang padat-padatnya dan sulit menemukan waktu untuk touch up. Apalagi jika kebanyakan aktivitas yang Anda lakukan berlangsung di luar ruangan. 

Primer biasa digunakan berdampingan dengan foundation. Gunakan keduanya tipis-tipis saja untuk riasan sehari-hari Anda agar kulit wajah tetap bisa bernafas. 

  • Pilih Produk Makeup yang Waterproof 

Harga makeup waterproof biasanya sedikit lebih mahal. Namun itu tentu sepadan dengan ketahanannya yang jauh lebih baik. Jenis makeup seperti ini wajib dimiliki oleh Anda yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. 

Makeup waterproof dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah luntur ketika terkena keringat atau percikan air. Lipstik dengan klaim waterproof bahkan bisa tetap melekat cantik di bibir Anda setelah mengkonsumsi berbagai makanan. 

Meski produk waterproof mempunyai ketahanan sedemikian rupa, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan membersihkannya. Produk tetap bisa dibersihkan tanpa kesulitan dengan menggunakan micellar water. 

  • Tutup Ritual Menggunakan Setting Spray 

Setting spray adalah cairan yang berfungsi untuk mengunci make up Anda sehingga membuatnya tahan lama. Penggunaannya adalah di akhir ketika Anda sudah selesai merias wajah. Tempatkan botol setting spray sekitar 20 hingga 30 cm dari wajah, kemudian spray beberapa kali secara merata. 

Agar tidak menyebabkan iritasi pada wajah, Anda harus memilih setting spray dengan hati-hati. Usahakan untuk mengenakan produk yang water base atau berbahan dasar air. Produk seperti ini sudah relatif mudah ditemukan di pasaran dengan cukup banyak pilihan. Anda mungkin akan perlu merogoh kocek cukup dalam untuk memiliki produk dengan kualitas yang baik. 

  • Hentikan Kebiasaan Menyentuh Wajah 

Sering-sering menyentuh wajah, bahkan dengan gerakan paling lembut sekalipun, lama-lama bisa merusak makeup Anda, loh. Jadi hentikan kebiasaan seperti ini untuk memastikan riasan tetap tahan lama. 

Kebiasaan menyentuh wajah juga harus dihindari karena bisa mendatangkan efek buruk bagi kesehatan. Kita tak pernah tahu kuman apa saja yang ada di tangan dan kemudian melekat di wajah ketika kita sering-sering menyentuhnya. 

Anda mungkin akan perlu menyiapkan budget yang tidak sedikit untuk memenuhi kebutuhan kecantikan seperti makeup, skincare, pakaian, haircare, dan lain-lain. Usahakan untuk membuat budget sebijak mungkin agar Anda tetap bisa menabung dan berinvestasi demi masa depan yang lebih baik. 

Dewasa ini memiliki perlindungan diri seperti asuransi juga sangat penting untuk setiap orang. Memahami kebutuhan perlindungan setiap orang yang pasti berbeda-beda, Asuransi Jasindo punya banyak sekali produk perlindungan yang bisa dipilih. 

Produk-produk asuransi yang ditawarkan oleh Asuransi Jasindo menawarkan perlindungan yang lengkap namun dengan harga premi yang takkan memberatkan kantong Anda. Ingin mencari tahu produk apa saja yang mereka miliki? Segera kunjungi www.jasindo.co.id

Bagikan