2019-11-12 12:00:53

Cara Jitu Membuat Rumah Aman Saat Ditinggal Bepergian

Rumah adalah tempat yang selalu ingin dituju setelah seharian lelah melakukan berbagai kegiatan. Berkumpul bersama orang-orang tersayang dan bisa beristirahat dengan nyaman memang jadi alasan menagapa rumah akan selalu dirindukan. 

Rumah juga menjadi tempat untuk banyak barang berharga yang mungkin Anda kumpulkan dengan bekerja keras selama bertahun-tahun. Mengingat hal tersebut, tak heran jika setiap orang akan mengusahakan banyak hal untuk memastikan rumah aman sepanjang waktu. 

Kekhawatiran akan keamanan rumah biasanya muncul ketika Anda harus meninggalkannya dalam keadaan kosong. Apalagi jika Anda hendak bepergian jauh dan dalam waktu yang cukup lama. Misalnya ketika Anda dan keluarga sedang pergi berlibur ke luar negeri, dinas luar kota, atau mudik lebaran.

Nah, daripada Anda terus menerus khawatir, ada beberapa tips yang bisa memastikan rumah aman selalu saat ditinggal bepergian dalam keadaan kosong. Simak tips-tips di bawah ini, ya!

  • Matikan Semua Aliran Listrik 

Korsleting listrik atau hubungan arus pendek jadi salah satu hal yang harus dihindari. Jika masalah kelistrikan tersebut sampai terjadi, risiko kebakaran di rumah mungkin akan sulit dihindari. Untuk menghindari risiko tersebut, sebaiknya Anda mematikan semua aliran listrik di rumah. 

Pastikan tidak ada kabel yang tersambung ke aliran listrik. Sementara untuk lampu, nyalakan 1 lampu di ruang tengah atau ruang keluarga agar rumah tidak terlalu lembab saat ditinggalkan untuk waktu yang lama. 

  • Cabut Sambungan Gas dan Kompor 

Kebocoran gas biasanya ditandai dengan munculnya aroma yang menyekat dari sekitar tabung. Pada saat seperti itu sambungan antara gas dan kompor harus segera dicopot. Tabung gas juga sebaiknya dibawa ke ruang terbuka.

Tapi, saat Anda sedang tidak di rumah Anda otomatis tidak bisa mengenali tanda-tanda tersebut. Akibatnya kebocoran gas yang terjadi mungkin saja akan membesar dan mengakibatkan ledakan atau kebakaran dan melahap seisi rumah. Demi menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya mencopot sambungan antara kompor dan tabung gas lalu simpan keduanya di tempat aman.

  • Pastikan Semua Saluran Air Sudah Mati 

Hal berikutnya yang harus diperiksa untuk memastikan rumah aman adalah saluran air. Sebelum bepergian jauh dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong pastikan semua saluran air sudah dimatikan. Anda pasti tak mau kan saat kembali ke rumah disambut oleh genangan air dan alat-alat elektronik yang rusak karenanya?

  • Keluarkan Semua Sampah dari Dalam Rumah 

Jangan meninggalkan sampah ketika hendak meninggalkan rumah selama berhari-hari. Sampah tersebut bisa saja membusuk dan membuat seisi rumah jadi beraroma tidak sedap. Kalaupun sampah yang ditinggalkan adalah sampah kering yang tidak bisa membusuk, sampah tersebut bisa menjadi sarang semut.

Langkah paling bijak adalah dengan membuang semua sampah yang ada di dalam rumah ke penampungan yang ada di luar. Memastikan rumah bersih sebelum ditinggalkan membuat Anda tak perlu repot beres-beres sekembalinya dari perjalanan nanti. 

  • Kunci Rapat Semua Pintu dan Jendela 

Masuknya pencuri memang jadi salah satu risiko yang paling ditakuti saat harus meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa meminimalisir risiko tersebut dengan memastikan semua pintu dan jendela terkunci rapat. 

Sebagai langkah pencegahan, gunakan gembok berukuran besar di pagar rumah saat Anda hendak bepergian jauh. Bila memungkinkan pasang juga teralis besi di semua jendela yang ada di rumah Anda sehingga pencuri akan kesulitan untuk masuk. 

  • Lapor Pada Petugas Keamanan Sekitar 

Jika kebetulan Anda tinggal di komplek yang dijaga petugas keamanan, maka Anda wajib untuk melapor saat hendak meninggalkan rumah untuk waktu yang lama. Hal tersebut akan membuat petugas keamanan memberikan perhatian lebih kepada rumah Anda. 

Kalau tak ada petugas keamanan, cobalah untuk melapor ke RT atau RW di lingkungan Anda. Selain memastikan rumah mendapatkan pengawasan yang diperlukan, hal tersebut juga akan menciptakan kesan bahwa Anda adalah warga yang baik dan menghargai pengurus di lingkungan sekitar.

  • Meminta Bantuan Pada Tetangga

Hal ini mungkin agak sulit dilakukan di kota-kota besar, namun tak ada salahnya untuk dicoba. Beritahukan kepada tetangga Anda bahwa Anda hendak meninggalkan rumah untuk beberapa waktu ke depan. Lalu cobalah saling bertukar nomor ponsel agar mereka bisa mengabari Anda jika ada kejanggalan selama rumah ditinggalkan. 

Kalau sudah mengenal cukup lama dan saling percaya, Anda mungkin bisa menitipkan kunci pada tetangga. Mintalah bantuan untuk mematikan lampu teras Anda setiap pagi dan nyalakan kembali setiap menjelang malam. 

  • Miliki Asuransi Rumah 

Setelah melakukan semua usaha untuk menciptakan rumah aman di atas, waktunya Anda melengkapi perlindungan dengan memiliki asuransi rumah. Pilihlah asuransi yang siap mengcover biaya perbaikan jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran, kebanjiran, huru-hara dan lain-lain. 

Asuransi Jasindo adalah salah satu perusahaan asuransi yang menawarkan paket perlindungan lemah super lengkap. Harga premi dari asuransi ini juga relative terjangkau karena akan disesuaikan dengan harga properti yang Anda miliki. 

Agar terhindar dari rasa khawatir saat harus meninggalkan rumah dalam waktu lama, segera kunjungi Asuransi Rumah Jasindo. Temukan produk perlindungan rumah yang Anda butuhkan agar setiap saat bisa tenang karena tahu rumah aman selalu.

Bagikan