2019-10-10 12:00:14

Cara Memanfaatkan Promo Belanja Online Agar Tidak Kalap Menghabiskan Uang

Siapa yang tidak senang dengan promo belanja? Menjamurnya bisnis e-commerce marketplace di Indonesia memberikan berbagai promo dan diskon menarik untuk penggunanya. Mulai dari promo gratis ongkir, promo cashback, promo potongan harga, dsb. Semuanya dikemas semenarik mungkin.

Meskipun promo memberikan banyak keuntungan, anda perlu juga mengontrol hal tersebut agar pengeluaran bulanan tidak membengkak. Ada banyak cara baik yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan promo. Apa saja kira-kira?

  • Ketahui Kebutuhan 

Hal paling penting yang perlu anda lakukan sebelum membeli barang promo ialah mengetahui kebutuhan. Anda perlu mempertimbangkan apakah barang yang ingin dibeli itu dibutuhkan atau tidak. Seringkali kita membeli suatu barang hanya karena terlihat menarik dan setelahnya barang tersebut tidak terpakai. 

Ada baiknya anda membuat daftar barang-barang yang dibutuhkan ketika ingin memanfaatkan promo belanja. Jika kebetulan barang yang dibutuhkan sedang promo, segera beli. Memanfaatkan promo untuk membeli kebutuhan penting bisa memangkas anggaran cukup besar apabila dimanfaatkan dengan cermat.

  • Perhatikan Syarat dan Ketentuan Promo

Cermati kualitas barang diskon sebelum membelinya. Terkadang, penjual sering memberi potongan harga terhadap suatu barang karena sudah lama tersimpan. Sebelum membeli, anda bisa bertanya pada penjual mengenai hal-hal penting seperti tanggal kadaluarsa, kondisi barang, dan semacamnya.

Anda pun juga bisa membaca review dari orang-orang sebelumnya yang telah membeli barang tersebut melalui promo belanja. Baca satu persatu review yang ada secara detail dan perhatikan unggahan foto apabila ada. Biasanya review barang mencerminkan kualitasnya. Pastikan anda membacanya secara detail ya.

  • Belanja Seperlunya

Berbelanja seperlunya merupakan hal yang perlu ditekankan selama belanja online. Begitu pula jika sedang ada diskon. Terkadang penjual memberikan promo jika kita membeli barang lebih dari satu. Memang terlihat hemat, tetapi kalau barang tersebut tidak terlalu penting akan menjadi suatu pemborosan. Jadi, sebaiknya dipikirkan baik-baik ya sebelum membelinya.

  • Manfaatkan Fitur Cashback

Ada banyak e-commerce marketplace yang memberikan promo belanja online berupa cashback. Anda bisa memanfaatkan fitur ini selama belanja online. Biasanya, cashback yang diberikan dapat berupa koin yang bisa anda gunakan untuk membeli keperluan lain seperti pulsa, token listrik, paket internet atau beerbelanja barang lainnya. Memanfaatkan promo cashback secara tidak langsung dapat menguntungkan anda. 

  • Lakukan Perbandingan Harga

Melakukan perbandingan harga itu penting. Jangan sampai barang promo yang anda beli di toko X ternyata lebih mahal daripada di toko Y tanpa menggunakan promo belanja. Membandingkan harga perlu dilakukan dengan teliti agar anda dapat menghemat pengeluaran. Selain itu, membandingkan harga juga membuatmu tahu harga normal suatu barang di pasaran. 

  • Beri Batasan Uang Belanja

Memberi batasan uang yang dikeluarkan untuk belanja online memang perlu. Pastikan sebelum belanja apapun, anda membatasi biaya maksimal yang harus dikeluarkan. Membatasi biaya pengeluaran itu penting agar nantinya anda tidak kebablasan berbelanja. Selain itu, uang yang dibatasi juga dapat mengontrol perbelanjaan anda, sehingga tidak akan ada tambahan pengeluaran sekecil apapun itu.

  • Cek Ulang Sebelum Membayar

Selalu pastikan untuk melakukan pengecekan sebelum membayar barang. Cek lagi barang belanjaan satu persatu. Lakukan pertimbangan akhir apakah barang tersebut penting untuk dibeli. Biasanya, pikiran anda akan lebih jernih dibandingkan saat-saat pertama anda melihat barang yang menarik. Agar tidak membuang-buang uang, and perlu melakukan tahapan ini secara teliti dan cermat.

  • Cari Lokasi Pengiriman yang Dekat

Rasanya percuma jika anda mendapatkan promo belanja namun ongkos kirimnya cukup besar. Untuk itu, sebelum tergiur produk promo, pastikan lokasi pengiriman barang tersebut cukup dekat dari tempat tinggal anda, atau bisa memilih situs belanja yang menawarkan gratis ongkir.

  • Jangan Terlalu Sering Membuka Situs Belanja

Berselancar di situs belanja merupakan kegiatan menyenangkan untuk mengisi waktu, namun jika anda ingin berhemat usahakan untuk tidak terlalu sering membuka situs belanja. Menahan hasrat belanja online itu mudah ketika kita menjauhi sumbernya. Namun, bukan berarti anda tidak boleh membuka situs belanja sama sekali. Sebaiknya, cek situs belanja jika kebetulan anda ingin membeli kebutuhan penting saja.

  • Alokasikan Uang untuk Keperluan Lebih Penting

Alokasikan uang untuk keperluan yang lebih penting sebelum memutuskan belanja. Jangan hanya tergiur promo saja, namun perhatikan juga manfaat barang tersebut. Misalnya, anda tertarik membeli sepatu hanya karena barang tersebut sedang diskon, di saat yang bersamaan anda telah memiliki banyak sepatu. Pikirkan kembali, apakah anda membutuhkannya, apa saja kebutuhan lainyang bisa dipenuhi dengan nominal seharga sepatu tersebut. 

Anda bisa memasukkan nominal uang yang sama untuk pos-pos kebutuhan lebih penting seperti melakukan investasi, menabung untuk dana darurat, atau membeli asuransi. Mengalokasikan dana untuk produk asuransi memang terdengar aneh, namun ternyata cukup berguna loh. Daripada menghabiskan uang untuk promo belanja, anda bisa menyisihkan pengeluaran untuk melindungi diri dan keluarga di rumah. 

Cari tahu mengenai produk asuransi yang cocok untuk anda di Asuransi Jasindo. Ada berbagai produk perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan diri anda dan keluarga. Mulai dari perlindungan kesehatan, perlindungan hunian, perlindungan kendaraan, hingga perlindungan selama perjalanan. Bersama #AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu.

Bagikan