2019-11-18 12:00:13

Ingin Punya Mobil Baru Tahun Ini? Perhatikan Hal-Hal Berikut Agar Tidak Salah Beli

Selain punya rumah sendiri, memiliki mobil pribadi nampaknya menjadi mimpi banyak orang. Apakah Anda termasuk yang memiliki impian tersebut?

Menjelang akhir tahun ini cukup banyak produk mobil baru yang dirilis di pasaran. Jadi, setelah sekian lama mungkin sekarang adalah saat yang tepat untuk mewujudkan impian Anda memiliki kendaraan roda empat pribadi. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah mobil apa yang sebaiknya dibeli?

Banyaknya pilihan mobil di pasaran mau tak mau pasti membuat Anda cukup bingung menentukan pilihan. Apalagi kalau sudah dibenturkan dengan urusan budget. Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa tips yang bisa diikuti agar akhirnya tidak merasa salah beli. Yuk simak tips di bawah ini:

  • Sesuaikan dengan Budget 

Berbicara tentang budget saat membeli mobil bukan semata-mata membicarakan harga mobil tersebut. Anda harus memperhatikan uang muka yang dibutuhkan, cicilan yang harus dibayarkan (jika menggunakan sistem kredit), biaya servis rutin dan lain-lain. 

Besarnya cicilan setiap bulan dan berapa lama tenor yang diambil harus sangat diperhatikan karena itu akan berdampak pada kondisi finansial untuk waktu yang lumayan lama. Pastikan dulu cicilan mobil ini tidak menganggu pemenuhan kebutuhan Anda yang lainnya. Jika dirasa masih terlalu berat, cobalah pertimbangkan untuk perpanjang masa tenor. 

  • Pahami Kebutuhan Anda Sebelum Membeli Mobil 

Jika hitung-hitungan budget sudah selesai, kini waktunya bertanya pada diri sendiri kebutuhan seperti apa yang mengharuskan Anda mobil? Apakah untuk digunakan mobilitas kerja sehari-hari di lingkungan perkotaan? Untuk perjalanan jauh? Atau hanya untuk dipakai sesekali bersama keluarga?

Jawaban dari pertanyaan tersebut akan sangat membantu dalam menentukan kendaraan seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Mobil yang digunakan untuk diri sendiri beraktivitas sehari-hari tentu beda dengan mobil yang diperuntukan untuk bepergian dengan keluarga dengan jumlah yang cukup banyak, atau mobil untuk menerjang medan yang cukup berat. 

Membeli mobil yang tidak sesuai dengan kebutuhan bisa membuat Anda menyesal kedepannya. Jadi perhatikan dengan seksama peruntukannya, ya. 

  • Tentukan Merk Mobil yang Hendak Dipilih 

Merk mobil yang Anda pilih bisa menentukan banyak hal. Mulai dari kualitas dari mobil itu sendiri, harga, servis pasca pembelian, hingga kemudahan mendapatkan suku cadang jika dibutuhkan. Karena itu, meski banya orang berkata jika merk bukanlah segala-galanya tak ada salahnya untuk tetap mempertimbangkan unsur yang satu ini.

Demi menjamin kemudahan mendapatkan suku cadang dan aneka servis nantinya, pilihlah merk-merk yang sudah memiliki nama besar di Indonesia. Semakin banyak penggunanya di suatu negara, maka bengkel resmi dan suku cadang dari mobil tersebut akan semakin mudah ditemukan. Harganya pun akan relatif bersaing. 

  • Pahami Spesifikasi Mobil yang Hendak Dibeli

Sebagai orang awam mungkin tak semua aspek dalam spesifikasi mobil bisa Anda pahami. Kendati demikian tetap penting untuk Anda mencari tahu dengan detil spesifikasi dari kendaraan yang hendak Anda beli. Tak ada salahnya juga untuk membandingkan beberapa opsi sekaligus. 

Mempelajari spesifikasi sebuah mobil akan memberikan Anda gambaran penting tentang seberapa irit atau boros mobil tersebut, seberapa nyaman dan aman penggunaannya, dan lain-lain. Jika datang langsung ke dealer, Anda juga bisa dengan leluasa bertanya berbagai hal tentang spesifikasi mobil yang Anda incar. Pihak dealer pasti akan dengan senang hati membantu menjawab pertanyaan Anda. 

Unsur yang paling penting diperhatikan adalah kualitas bahan bakar, konsumsi bahan bakar, sistem keamanan, dan juga perawatan rutin yang dibutuhkan. Tapi jangan lupa juga memerhatikan keindahan desainnya. Anda tentu ingin tampil gaya dengan mobil baru, bukan?

  • Melakukan Test Ride 

Setelah mempertimbangkan berbagai aspek di atas, mintalah test ride pada pihak dealer yang Anda kunjungi. Test ride berguna untuk meyakinkan diri Anda kalau kendaraan yang dipilih memang nyaman untuk dikendarai dan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Jangan ragu untuk meminta saran lain jika ketika melakukan test ride Anda justru jadi ragu pada pilihan awal. 

Ketika akhirnya mobil impian sudah berhasil dibawa pulang, tugas Anda belum selesai. Setiap pembelian mobil baru biasanya dibekali garansi 1 hingga 5 tahun pemakaian. Namun itu semua belum cukup untuk memastikan mobil Anda aman dari berbagai risiko kerusakan maupun kehilangan. 

Sebaiknya Anda melengkapi mobil kesayangan dengan asuransi tambahan. Asuransi mobil dari Asuransi Jasindo adalah salah satu yang paling direkomendasikan. Mengapa demikian? Karena dengan harga premi yang relatif terjangkau Anda sudah bisa mendapatkan perlindungan yang komprehensif alias menyeluruh.

Harga premi yang ditawarkan oleh Asuransi Jasindo sangat berimbang karena disesuaikan dengan tipe mobil dan harga jualnya di pasaran. Sementara masalah pada mobil yang dicover meliputi total loss, kerusakan karena bencana alam, kerusakan karena huru-hara, sabotase, kecelakaan, dan masih banyak lagi.

Berbagai hal tak terduga bisa terjadi saat Anda berkendara, terlebih lagi jika hal ini bisa menyebabkan kerugian besar untuk Anda. Agar tidak menyesal, pastikan mobil Anda sudah terproteksi dengan baik mulai sekarang. Cukup kunjungi Asuransi Mobil Jasindo untuk mendapatkan informasi seputar asuransi mobil yang Anda butuhkan. Jangan tunda sampai hal-hal tak menyenangkan terlanjur terjadi.

Bagikan