2019-10-01 12:00:23

Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Lingkungan Rumah Anda Jadi Langganan Banjir

Bagi sebagian warga Jakarta dan daerah-daerah lainnya, musim hujan selalu datang dengan banyak kekhawatiran.  Hal itu biasanya dirasakan oleh mereka yang lingkungan rumahnya jadi langganan banjir. Bagaimana tidak, ancaman rumah dan isinya yang rusak karena terendam air berhari-hari hingga risiko kesehatan selalu datang bersamaan dengan turunnya hujan deras. 

Pindah rumah ke lingkungan baru yang bebas dari risiko banjir selalu nampak sebagai solusi yang paling menjanjikan. Tapi tentu saja pelaksanaannya tidak semudah itu. Oleh karenanya, jika kebetulan Anda tinggal di kawasan rawan banjir ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna meminimalisir risiko.

Bagaimana Meminimalisir Risiko Kesehatan?

Berbagai penyakit siap mengintai Anda dan keluarga yang terdampak banjir. Mulai dari penyakit ringan seperti penyakit kulit hingga penyakit yang lebih serius seperti tifus atau infeksi saluran pernapasan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko terkena penyakit tersebut:

  • Siapkan Sepatu Boots

Saat ada genangan air, kaki jadi anggota tubuh pertama yang sering bersentuhan dengan air kotor tersebut. Anda yang tinggal di lingkungan rawan banjir wajib mempersiapkan sepatu boots untuk melindungi kaki saat banjir tiba. 

Memakai sepatu boots berarti meminimalisir terkena penyakit kulit. Selain itu Anda juga akan terhindar dari penyakit leptospirosis. Penyakit yang disebabkan oleh air kencing tikus tersebut sangat rawan menyerang saat banjir melanda. 

  • Mengkonsumsi Multivitamin 

Begitu musim hujan tiba Anda dan keluarga sebaiknya mulai lebih rajin mengkonsumsi multivitamin, terutama yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Cara tersebut akan membantu Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit yang datang bersamaan dengan datangnya musim hujan. 

  • Mengungsi 

Jika genangan di rumah sudah terlalu parah jangan memaksakan diri untuk tetap tinggal. Udara yang jadi terlalu lembab saat banjir sangat tidak bagi baik kesehatan. Selain itu ada risiko penyakit lain yang mengancam seperti DBD, malaria, dan lain-lain. 

Jika lingkungan rumah Anda adalah langganan banjir maka akan sangat bijak untuk selalu mempersiapkan rencana pengungsian. Jadi, ketika banjir besar tiba-tiba melanda Anda tak perlu lagi kebingungan memikirkan tujuan mengungsi. 

Bagaimana Meminimalisir Risiko Kerusakan Rumah?

Risiko yang tak kalah menyebalkan saat banjir melanda adalah kerusakan rumah dan perabotan yang ada di dalamnya. Jangan khawatir, karena hal tersebut bisa diminimalisir dengan langkah pencegahan yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  • Buat Rumah Bertingkat 

Rata-rata rumah yang dibangun di lingkungan langganan banjir pasti dibangun bertingkat. Tujuannya adalah agar saat bencana terjadi lantai yang lebih tinggi bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang rawan rusak sekaligus tempat berlindung para penghuninya. 

Jika sampai saat ini rumah Anda belum bertingkat, cobalah untuk memikirkan opsi ini dan segera merealisasikannya. Bila memungkinkan, pindahkan semua kamar tidur ke lantai atas agar ketika banjir melanda semua anggota keluarga tetap bisa beristarah dengan nyaman.

  • Amankan Barang-Barang Elektronik 

Barang elektronik merupakan barang yang paling mudah rusak jika terkena genangan air. Ketika hujan deras mulai turun dan ada potensi banjir, segera amankan semua barang elektronik yang ada di rumah Anda. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menyimpannya di atas meja tinggi atau langsung memindahkan ke lantai atas. 

Langkah antisipasi lain yang perlu dilakukan adalah membuat semua soket listrik di rumah Anda berada di tempat yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mencegah terjadinya konsleting listrik saat rumah tergenang banjir. 

  • Minimalisir Penggunaan Perabotan dari Kayu 

Langkah pencegahan yang satu ini perlu dilakukan oleh Anda yang tinggal di lingkungan dengan intensitas banjir cukup sering. Pasalnya perabotan yang terbuat dari kayu akan lebih cepat lapuk dan mengalami kerusakan jika sering terendam air. 

Sebagai alternatif Anda bisa memilih perabotan berbahan dasar stainless atau plastik. Kedua material tersebut memiliki ketahanan yang relative lebih baik terhadap air. Selain itu harganya bisa lebih terjangkau ketimbang perabot berbahan dasar kayu.

  • Miliki Asuransi Rumah 

Kita tidak bisa selalu bisa memprediksi kerusakan seperti apa yang akan ditimbulkan oleh banjir dan bencana alam lainnya. Memiliki asuransi rumah jadi langkah paling bijak untuk meminimalisir kerugian yang ditimbulkan. 

Perlindungan rumah seperti yang ditawarkan oleh Asuransi Jasindo adalah salah satu yang terbaik karena menawarkan perlindungan yang menyeluruh. Tak hanya melindungi kerusakan yang diakibatkan oleh bencana alam, Asuransi Jasindo juga dapat melindungi kerugian yang diakibatkan oleh kebakaran, huru-hara dan lain-lain. 

Harga premi asuransi rumah yang ditawarkan oleh perusahaan ini cukup beragam serta sangat bergantung pada harga rumah yang Anda miliki. Setelah memasukkan harga rumah di Asuransi Rumah Jasindo Anda bisa melihat langsung beberapa opsi beserta detail perlindungan yang ditawarkan.

Tak hanya asuransi rumah, Asuransi Jasindo memiliki banyak produk lain yang siap memastikan keamanan diri dan juga asset-asset berharga Anda. Pengalaman selama puluhan tahun di bidang asuransi juga membuat sepak terjangnya tak perlu diragukan lagi. Temukan informasi lengkap seputar produk yang ditawarkan dengan mengunjungi website resmi Asuransi Jasindo

Bagikan