2019-11-05 12:05:12

Jangan Asal Memilih Asuransi Mobil Murah, Perhatikan Hal Berikut Agar Tak Salah Pilih

Melindungi mobil Anda dengan asuransi dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi resiko pemakaian kendaraan. Sudah banyak perusahaan penyedia layanan asuransi kendaraan di Indonesia, namun jangan sampai anda asal memilih asuransi mobil murah. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih perlindungan pada kendaraan anda, sebab perlindungan yang baik tidak akan menyulitkan anda kelak. Untuk itu, sebelum menggunakan asuransi untuk mobil anda, perhatikan hal berikut ini agar tak salah pilih ya!

1. Pilih Sesuai Kebutuhan Anda

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa anda pilih yakni asuransi All Risk atau Comprehensive dan asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risk merupakan bentuk asuransi yang menjamin semua resiko pada kendaraan. Mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan kendaraan.

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi yang hanya menjamin jika terjadi kehilangan total. Cakupan kehilangan total mulai dari kendaraan dengan 75% kerusakan hingga kehilangan kendaraan karena pencurian.

Melihat dua jenis di atas, anda perlu menentukan jenis asuransi mana yang kira-kira sesuai dengan kebutuhan anda. Lihatlah kondisi kendaraan untuk mempermudah anda. Biasanya, kondisi ini meliputi kondisi mesin, body mobil, usia mobil, dsb. Setelahnya, anda dapat mengetahui jenis asuransi apa yang dibutuhkan.

2. Lihat Rekanan Bengkel yang Dimiliki

Dalam memilih asuransi, lihat juga rekanan bengkel yang dimilikinya. Penting untuk mengetahui ada berapa banyak jaringan bengkel yang dimiliki. Selain itu, perhatikan juga kualitas bengkel yang ada, apakah memiliki rekam jejak yang baik atau tidak. Lihat juga lokasi jaringan bengkel terdekat, apakah dekat dengan tempat tinggal atau tidak. Jangan sampai anda memilih asuransi mobil murah, tetapi rekanan bengkel yang dimiliki bereputasi buruk atau jauh untuk dijangkau. 

3. Ketahui Prosedur Klaim yang Harus Dilakukan

Terkadang, hanya karena premi murah, beberapa orang tergiur membeli produk asuransi. Namun, di saat ingin klaim, pihak asuransi memberikan prosedur yang berbelit-belit. Tentu saja anda tidak mau menjadi salah satunya kan? Oleh sebab itu, sebelum memilih asuransi mobil, baiknya mengetahui bagaimana prosedur klaim yang diterapkan perusahaan asuransi yang anda pilih.

Untuk mengetahuinya, anda bisa melakukan pencarian di search engine dan membaca berbagai review atau testimoni yang tersedia. Pastikan asuransi yang anda pilih memiliki prosedur yang mudah dan efisien. Saat ini pun sudah banyak perusahaan asuransi yang menerima klaim melalui website/aplikasi secara online. Memilih perusahaan asuransi mobil murah dengan pelayanan klaim yang buruk dan lambat hanya akan menyusahkan anda.

4. Cari Tahu Tingkat Keluhan Nasabah

Sebelum memilih asuransi mobil murah, ada baiknya pula untuk mencari tahu tingkat keluhan nasabah asuransi tersebut. Ketahui hal ini dengan melihat review yang ada di Internet. Selain itu terkadang di forum media sosial juga banyak yang membahas hal ini.

Semakin rendah tingkat keluhan, semakin baik juga asuransi tersebut. sebab, tingkat keluhan yang rendah menandakan kualitas pelayanan yang diberikan. Siapa sih yang mau dilayani dengan lamban saat terkena musibah?

5. Perhatikan Layanan Pelanggan yang Dimiliki

Di samping memperhatikan beberapa hal di atas, anda juga perlu memperhatikan layanan pelanggan selama memilih asuransi mobil murah. Pilihlah asuransi yang menyediakan layanan pelanggan melalui call center dengan jam operasional 24 jam. Hal tersebut sangat penting jika suatu saat anda mengalami kejadian tak terduga di malam hari. Selain layanan telepon, perhatikan juga layanan lainnya seperti email dan juga kantor cabang untuk layanan pengaduan secara langsung. Perhatikan juga fasilitas tambahan seperti penyedia mobil derek, ambulans, hingga biaya transportasi selama mobil dalam masa perbaikan dan santunan terhadap pengemudi, penumpang dan korban jika terjadi kecelakaan. 

6. Jangan Lupa Lakukan Perbandingan

Melakukan perbandingan juga penting selama memilih asuransi. Ada banyak asuransi mobil murah yang ditawarkan di pasaran. Anda perlu melakukan perbandingan baik dari segi harga, kualitas layanan dan rekanan hingga fasilitas yang didapatkan. Jangan malas melakukan perbandingan, sebab tahap perbandingan merupakan tahan penentuan agar anda tidak salah pilih produk perlindungan kendaraan.

7. Perhatikan Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Memperhatikan kredibilitas perusahaan asuransi merupakan langkah pertama yang perlu anda lakukan. Jangan asal memilih asuransi, terkadang ada harga, ada pula kualitas layanan. Pastikan perusahaan asuransi yang dipilih memiliki reputasi baik di masyarakat. Baik dari segi pelayanan atau kondisi keuangan perusahaan. Di samping itu, pastikan perusahaan asuransi yang anda pilih sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Melihat testimoni pengguna asuransi di internet juga perlu dilakukan. Cari tahu informasi mengenai pelayanan, premi, dan hal lain terkait asuransi yang ingin anda ambil. Sudah banyak orang yang menjadi korban penipuan asuransi mobil murah, jangan sampai anda menjadi korban juga.

Saat ini, salah satu produk asuransi kendaraan yang perlu anda pertimbangkan ialah Jasindo OTO dan Jasindo OTO Plus. Dengan kualitas pelayanan dan fasilitas yang baik, Asuransi Jasindo hadir untuk memenuhi perlindungan kendaraan anda. Kunjungi www.jasindo.co.id untuk mengetahui lebih jelas mengenai Asuransi Kendaraan.

Bersama #AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu.

Bagikan