2020-05-13 12:00:37

Nonton Film Memiliki Segudang Manfaat Kesehatan, Apalagi Jika Ditambah Cemilan Sehat

Selama masa-masa di rumah saja, tidak ada salahnya menghabiskan waktu untuk nonton film. Menonton film dapat menjadi salah satu alternatif hiburan yang menyehatkan. Dilansir dari Kompas.com, menurut terapis anak dan remaja, Laura Fonseca, film dapat menjadi pengalih kesedihan dan penderitaan emosional lainnya. Film memiliki efek yang hebat dalam menghilangkan rasa cemas dan membuat anda kembali rileks. Nah, di samping itu, apa lagi dampak positif dari menonton film?

Dampak Positif Nonton Film Bagi Kesehatan Menurut Ahli

Menonton film dapat menjadi terapi tersendiri yang berdampak positif untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Berikut manfaat menonton film yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara baik dan tidak berlebihan.

  • Mengurangi Stress

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menghabiskan waktu untuk nonton film dapat memberikan efek emosional yang baik. Film memiliki kekuatan untuk menghapus rasa cemas dan membuat anda menjadi rileks. Rasa cemas merupakan salah satu faktor pendukung stress dalam diri. Dengan mengurangi rasa cemas secara tidak langsung anda juga mengurangi stress dalam diri. 

  • Sarana Pengembangan Diri

Banyak film yang memberikan pesan moral positif bagi penontonnya. Pesan moral positif yang dimiliki film dapat dimanfaatkan untuk terapi dan pengembangan diri. Menurut Gary Solomon, Ph.D, psikolog dari Collge of Southern Nevada, menonton film dapat menjadi terapi bagi penonton karena pneonton akan tenggelam dalam cerita dan merenungkan hal tersebut. Cukup baik untuk motivasi diri, bukan?

  • Baik untuk Kesehatan Otak

Untuk anda yang gemar menikmati film horror, ternyata film horror baik untuk kesehatan otak loh! Menonton film horror membantu anda melepaskan senyawa kimia dalam otak seperti serotonin, dopamin dan glutamat. Lepasnya senyawa kimia tersebut akan diikuti dengan perasaan senang sehingga baik untuk kesehatan otakmu.

  • Memberi Rasa Lega

Terkadang tanpa disadari, anda bisa terhanyut dalam cerita yang ada di film. Tak ayal, banyak yang bisa menangis, tertawa atau memaki selama nonton film. Perasaan terhanyut seperti karakter film seringkali dirasakan, namun hal tersebut baik untuk anda loh! Bayangkan di saat anda lelah dan bisa tertawa karena film komedi yang ditonton, cukup melegakan bukan?

Temani Waktu Nonton Film dengan Cemilan Sehat

Nonton film bisa menjadi kegiatan yang menyehatkan apalagi jika anda menghabiskannya bersama cemilan sehat. Terkadang, kurang sekali rasanya menonton film tanpa bekal cemilan. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi popcorn, minuman bersoda, atau makanan ringan berbumbu sebagai teman nontonmu, kini kamu bisa menggantinya dengan berbagai cemilan sehat. Ada apa saja kira-kira?

  • Salad Sayur

Salad sayur bisa menjadi pengganti cemilan anda selama menonton film. Kandungan mineral vitamin dan serat yang ada dalam salad memberikan berbagai manfaat dalam tubuh seperti mencegah sembelit, menjaga kesehatan mata, menjaga kesehatan usu, meningkatkan metabolism, dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Segala manfaat tersebut bisa dirasakan dengan catatan anda memilih sayuran yang bergizi seperti wortel, selada, kacang-kacangan, dsb.

  • Kurma

Dikutip dari cnnindonesia.com, kurma merupakan sumber serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kurma juga kaya antioksidan yang berperan dalam mencegah kanker. Untuk itu, jika anda menyukai cemilan manis, kurma mungkin dapat menjadi alternatif penggantinya. 

  • Buah Potong

Mengkonsumsi buah potong selama nonton film menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan. Di bulan Ramadhan ini, anda bisa memilih varian buah dengan kandungan yang menghidrasi seperti kelapa, semangka, tomat, stroberi, dan jeruk. Buah yang menghidarsi tubuh biasanya memiliki kandungan air di ata 90% dan baik untuk memenuhi kebutuhan cairan yang kurang karena berpuasa.

  • Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber probiotik yang memiliki manfaat baik untuk tubuh. Selain dapat melancarkan sistem pencernaan, deretan mineral dan gizi dalam yogurt dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Yogurt juga dapat menurunkan tekanan darah karea kandungan kalium yang ada dalam yogurt dapat menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh yang berperan meningkatkan tekanan darah. 

  • Rumput Laut

Cemilan sehat lain yang bisa kamu konsumsi selama nonton film ialah rumput laut. Rumput laut memiliki rasa yang gurih sehingga digemari banyak orang yang senang cemilan asin. Kandungan kalsium yang ada dalam rumput laut dapat menguatkan tulang dan gigi. Di samping itu, rumput laut juga bermanfaat untuk meningkatkan energi serta sebagai antioksidan yang mengkal radikal bebas. Konsumsi rumput lau secara rutin dapat membantu anda terhindar dari penyakit berbahaya seperti diabetes dan kanker.

  • Oatmeal

Tidak hanya untuk sarapan, oatmeal dalam porsi kecil juga dapat dijadikan cemilan sehat untuk menemani kegiatan menonton. Oatmeal memiliki manfaat membantu kadar gula darah namun mengenyangkan sedhingga cocok untuk anda yang ingin cemilan berat. Oatmeal bisa dikonsumsi dengan susu, buah-buahan seperti blueberry atau kacang almond tergantung selera.

Itulah beberapa rekomendasi cemilan sehat yang dapat menambah manfaat positif dari nonton film di rumah.  Selain melakukan kegiatan menyehatkan, ada baiknya juga memberi perlindungan kesehatan untuk diri anda beserta keluarga. Kunjungi Asuransi Kesehatan Jasindo untuk mendapatkan detail mengenai asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan diri anda. Mari lindungi diri sendiri dan keluarga. Bersama #AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu.

Bagikan