2019-10-22 12:00:43

Risiko Kerusakan Rumah di Musim Hujan

Sebagai tempat tinggal, keamanan di rumah sangat penting untuk selalu diperhatikan. Bukan hanya keamanan dari berbagai ancaman kejahatan dan lain-lain, tapi juga ancaman kerusakan yang mungkin akan membahayakan Anda sebagai penghuni. 

Menjelang datangnya musim hujan seperti saat ini, misalnya, Anda harus memastikan tidak ada risiko kerusakan yang serius. Kerusakan yang baru ditemukan saat musim hujan sudah mulai memasuki puncaknya sungguh akan menyulitkan karena proses renovasi juga akan banyak terhambat. 

Hal yang kemudian menjadi pertanyaan adalah risiko kerusakan seperti apa yang harus diwaspadai menjelang musim hujan? Lalu bagaimana cara mengatasi semua risiko tersebut? Berikut penjelasan yang mungkin akan membantu Anda lebih waspada:

  • Risiko Atap Bocor 

Salah satu keluhan yang paling banyak ditemukan di musim hujan adalah atap yang bocor. Kebocoran kecil saja bisa jadi masalah yang menyebalkan, apalagi jika sampai kebocorannya besar. Air hujan yang masuk ke dalam rumah bisa menyebabkan genangan dan sangat mungkin pula merusak perabotan yang ada di dalam. 

Kebocoran bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya bentuk atap yang terlalu landai, ada celah pada sambungan, pemasangan penutup atap yang kurang sempurna, hingga posisi talang air yang berubah. Usahakan untuk memeriksa bagian-bagian tersebut sebelum memasuki musim hujan. 

Langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah kebocoran pada atap adalah dengan mengoleskan pelapis anti bocor. Anda bisa menemukannya dengan mudah di toko material maupun membelinya secara online. 

  • Risiko Atap Roboh 

Anda harus benar-benar menghindari risiko yang satu ini karena bisa sangat membahayakan seluruh penghuni rumah. Robohnya atap bisa disebabkan oleh rangka atap yang sudah mulai melemah.Rangka itu sendiri bisa melemah karena usia atau rembesan air hujan yang lama-lama membuatnya lapuk.

Menjelang musim hujan sebaiknya Anda mulai memperhatikan struktur atap. Jangan tunda renovasi jika dirasa sudah waktunya ganti. Ada baiknya Anda mempertimbangan untuk menggunakan baja ringan sebagai rangka atap karena banyak kelebihan dibanding kayu. 

Kelebihan pertama dari baja ringan adalah usia pakainya yang lebih lama sehingga Anda bisa menghemat budget renovasi. Kelebihan kedua adalah pemasangannya yang lebih mudah karena baja ringan lebih mudah dipotong dan dibentuk sesuai dengan rangka atap yang diinginkan. Semua kelebihan tersebut membuat harganya yang sedikit lebih mahal dibanding material lain jadi terasa sepadan. 

  • Risiko Cat Rumah Berjamur 

Meskipun tampak sepele risiko kerusakan rumah yang satu ini pasti tetap menyebalkan, terlebih bagi Anda yang sangat fokus menjaga keindahan rumah. Cat dinding rumah bisa berjamur karena suhu udara yang terlalu lembab. Karena itulah risiko pertumbuhannya semakin tinggi di musim hujan. Anda bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan cat kedap air.

  • Risiko Banjir 

Risiko berikutnya yang harus diwaspadai di musim hujan adalah banjir. Bencana ini bisa menyebabkan banyak kerusakan pada rumah, perabot, dan bahkan pada kesehatan para penghuni rumah. 

Anda yang sudah bertahun-tahun tinggal di lingkungan rawan banjir mungkin sudah memiliki langkah antisipasi tersendiri. Tapi Anda yang selama ini jarang terkena banjir tidak boleh lengah. Jika curah hujan kelewat tinggi bisa jadi daerah rumah Anda ikut jadi korban genangan. 

Ketika banjir terjadi selamatkan barang-barang elektronik terlebih dahulu karena barang tersebut lah yang paling rawan rusak. Simpan barang elektronik di tempat yang lebih tinggi atau tempat yang terhindar dari genangan. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah. Misalnya dengan menggunakan triplek sebagai penghalau air. Caranya cukup mudah, Anda cukup menempatkan triplek di pintu yang bisa jadi jalan masuknya air. Cara lain yang bisa dilakukan antara lain adalah membuat tanggul sederhana dari karung yang diisi pasir atau membuat biopori di halaman depan rumah. 

  • Risiko Kebakaran Karena Masalah Kelistrikan 

Listrik dan air memang sulit menjadi teman yang akur. Macam-macam risiko bisa terjadi jika keduanya saling bersinggungan tanpa penanganan yang tepat. Salah satu risiko serius yang mungkin terjadi adalah kebakaran. 

Memasuki musim hujan Anda harus mengecek semua bagian rumah. Jangan sampai ada potensi masuknya rembesan atau tetesan air yang mengganggu sistem kelistrikan di rumah Anda dan kemudian menyebabkan kebakaran. 

Jika memungkinkan, coba pasang penutup pada setiap soket listrik di rumah Anda. Hal tersebut bisa meminimalir korsleting jika sampai ada rembesan atau percikan dari air hujan yang tidak bisa Anda antisipasi. Anda bisa menemukan produk tersebut dengan cukup mudah di online shop. Hindari juga pemasangan kabel yang terlalu bertumpuk karena berisiko menyebabkan korsleting. 

Jika sampai risiko-risiko di atas terjadi, Anda mungkin akan perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya. Demi menghindari hal tersebut, Anda bisa mulai menggunakan asuransi rumah dari Asuransi Jasindo. 

Produk asuransi rumah yang ditawarkan oleh Asuransi Jasindo menawarkan uang pertanggungan hingga seharga rumah Anda. RIsiko yang ditanggung oleh asuransi ini juga bermacam-macam, mulai dari kerusakan yang disebabkan oleh banjir, kebakaran, huru-hara, dan lain-lain. 

Jangan khawatir harga preminya akan membebani keuangan Anda. Cukup kunjungi Asuransi Rumah Jasindo dan Anda bisa memilih sendiri harga premi yang sesuai dengan budget. 

Bagikan