2020-02-10 12:00:23

Ternyata Ada 8 Jenis Coklat di Dunia, yang Manakah Coklat Terenak?

coklat

Coklat jadi makanan yang akrab buat semua orang. Rasanya yang khas memang membuat banyak orang jatuh cinta. Baik dimakan langsung maupun diolah menjadi makanan dan minuman, rasanya tak ada yang bisa menolak coklat.

Bukan hanya rasanya yang kelewat lezat yang membuat orang jatuh cinta. Coklat juga dikenal sebagai happy food alias makanan yang bisa membuat Anda merasa bahagia. Jadi, ketika sedang memiliki mood yang buruk cobalah mengkonsumsi coklat untuk memperbaiki mood Anda.

Sebagai pecinta coklat Anda pasti sudah punya pilihan coklat terenak versi sendiri. Tapi, Anda wajib tahu kalau ada setidaknya 8 jenis coklat di dunia. Apa sajakah itu? Cek penjelasan di bawah ini, ya!

  • Coklat Bubuk 

Cokelat jenis ini adalah coklat terenak untuk dijadikan campuran bahan kue atau dibuat minuman. Coklat jenis ini merupakan salah satu jenis coklat yang paling rendah lemak. Cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang berusaha menjaga berat badan. 

Cokelat bubuk dibuat dengan cara memisahkan mentega coklat dan cairan coklat. Ketika mencari coklat bubuk Anda mungkin akan menemukan beberapa bubuk dengan warna yang berbeda antara 1 dengan yang lainnya. Perbedaan tersebut muncul karena perbedaan jenis kakao yang digunakan dan juga komposisi pembuatan bubuk coklatnya. 

  • Coklat Couverture 

Kemurnian coklat ini menjadikannya pilihan coklat terenak bagi banyak orang. Couverture disebut murni karena terbuat dari campuran mentega coklat dan cairan coklat itu sendiri. Lemak dalam jenis coklat ini tidak dipisahkan sehingga terasa sangat pekat dan kaya rasa ketika dimakan. Meski begitu coklat couverture memiliki rasa yang pahit karena dalam pembuatannya tidak menggunakan campuran gula.

Kemurnian coklat couverture membuat harga jualnya lumayan mahal. Jenis ini juga lebih lazim dijadikan campuran kue atau coating berbagai makanan ketimbang dimakan langsung. Anda bisa dengan mudah menemukan coklat jenis ini di toko bahan-bahan kue. 

  • Coklat Compound

Coklat compound bolehlah disebut sebagai coklat couverture versi murah. Coklat jenis ini terbuat dari campuran cokelat bubuk, leothin, minyak sayur, dan gula. Sama seperti couverture, coklat compound juga biasa digunakan sebagai campuran bahan kue atau melapisi produk pangan tertentu. 

Ada 3 jenis coklat compound yang bisa Anda temukan di pasaran, yakni dark chocolate, milk chocolate, dan white chocolat. Dark chocolate adalah coklat terenak dengan rasa coklat yang sangat mendominasi karena tidak menggunakan campuran susu maupun gula. 

Sementara seperti namanya, milk chocolate dibuat dengan mencampurkan susu ke dalam bahan-bahan pembuat coklat compound. Adapun white chocolate dibuat dengan mencampurkan cacao butter ke dalam bahan coklat compound. Kesemua jenis ini mudah ditemukan dengan harga yang relative terjangkau.

  • Coklat Cair 

Coklat cair adalah coklat alami yang sudah mengalami proses pengolahan sedemikian rupa. Produk coklat terenak ini biasanya dibuat dengan mencampurkan saripati cokelat dan gula. Sayangnya kadar gula yang digunakan pada produk ini cukup tinggi sehingga Anda harus sangat membatasi kadar konsumsinya jika tak ingin meningkatkan risiko terkena diabetes. 

  • Kakao 

Jenis coklat yang satu ini mungkin yang paling mudah Anda temukan, bahkan di warung-warung kecil sekalipun. Kakao terbuat dari saripati coklat yang sudah dipisahkan. Bahan bakunya yang sederhana dan proses pengolahannya yang mudah membuat harga coklat ini sangat terjangkau. Tapi Anda harus waspada karena beberapa merk menambahkan kadar gula yang cukup tinggi ke dalamnya. 

  • Coklat Susu 

Ternyata Anda bisa menemukan coklat susu yang bukan merupakan bagian dari coklat compound sehingga cukup lezat untuk dikonsumsi secara langsung. Coklat terenak yang dimaksud dibuat dari olahan kakao yang kemudian dicampur susu dengan perbandingan tertentu. 

Kandungan kakao dalam coklat susu terbilang rendah, yakni rata-rata hanya 20%. Hal itu membuat rasa coklatnya tidak dominan. Ketika memakan coklat ini Anda akan lebih banyak mendapatkan sensasi milky dan creamy, cocok untuk Anda penyuka makanan manis. Tapi ingat selalu untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah berlebihan, ya. 

  • Coklat Putih 

Jenis coklat terenak yang satu ini cocok dikonsumsi oleh kamu yang tak terlalu suka sensasi pahit kakao tapi juga ingin menghindari sensasi terlalu milky dan creamy. Coklat putih dibuat dari campuran sari kakao dan gula saja. Rasanya cukup manis tapi mengandung lemak yang lebih sedikit dibanding coklat susu. 

Coklat putih bisa digunakan untuk campuran bahan kue, dekorasi kue, ataupun dimakan langsung. Untuk jenis yang kadar kakaonya tidak terlalu tinggi bisa kamu temukan di pasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal. 

Sekarang sudah tahu, kan, coklat terenak kesukaan Anda masuk ke dalam jenis coklat apa? Mengkonsumsi coklat memiliki banyak sekali manfaat. Selain bisa memperbaiki mood, coklat juga bisa jadi anti depresan, membantu meredakan rasa nyeri, dan membantu memperlancar peredaran darah. 

Tapi jika Anda memilih mengkonsumsi jenis coklat yang dibuat dengan campuran gula atau pemanis lainnya, konsumsilah dalam jumlah yang bijak. Jangan sampai usaha menjaga mood justru memicu munculnya penyakit lain di tubuh. Lindungi selalu diri Anda dengan memilih asupan secara bijak. Jangan lupa manfaatkan produk dari Asuransi Jasindo di www.jasindo.co.id untuk perlindungan yang lebih menyeluruh.

Bagikan