2019-08-27 12:00:48

Tips Aman Mencegah dan Menyelamatkan Diri dari Kebakaran di Rumah

Semua orang tentu ingin selalu hidup dengan aman dan sehat. Sayangnya setiap hari manusia harus hidup berdampingan dengan berbagai risiko, bahkan ketika hanya tinggal di dalam rumah sekalipun. Semua risiko tersebut membuat Anda harus selalu waspada dan hidup dengan memiliki perlindungan diri yang baik. 

Kebakaran merupakan salah satu ancaman bahaya yang sangat mungkin terjadi di rumah. Jika sampai terjadi, kebakaran dalam skala menengah hingga besar sudah pasti menimbulkan kerugian materiil yang cukup besar. Tak hanya itu, nyawa penghuni juga bisa berada dalam bahaya. 

Mengingat risiko kebakaran yang cukup besar, Anda perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang cara mencegah terjadinya kebakaran. Penting pula untuk tahu apa yang harus dilakukan seandainya bencana tersebut benar-benar terjadi. Artikel ini akan coba membahasnya untuk Anda. 

Cara Mencegah Terjadinya Kebakaran di Rumah 

Pada banyak kasus kebakaran seringkali disebabkan oleh keteledoran para penghuni. Perhatikan hal-hal berikut agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama:

  • Gunakan Sumber Listrik Sesuai Prosedur 

Kabel-kabel perangkat elektronik yang bertumpuk di satu sumber listrik sudah dianggap sebagai pemandangan yang biasa saja di dalam sebuah rumah. Padahal hal tersebut bisa berbahaya karena rawan menyebabkan korsleting dan kebakaran. 

Usahakan untuk tidak memasangkan lebih dari 3 alat elektronik ke dalam 1 sumber arus listrik di rumah Anda. Pastikan pula soket-soket listrik tersebut aman dari jangkauan anak-anak. 

  • Jangan Simpan Barang Mudah Terbakar di Dapur Atau Sumber Api Lainnya 

Sebisa mungkin hindari penggunaan perabotan dari kayu atau bahan mudah terbakar lainnya di dapur. Hal tersebut bisa mempercepat penyebaran api jika suatu saat terjadi kebakaran. 

Tak hanya kompor, penggunaan sumber api lainnya juga harus diperhatikan dengan bijak. Misalnya jika Anda menghidupkan lilin saat terjadi pemadam listrik. Pastikan Anda menggunakan alas yang tepat untuk menyimpan lilin dan jauhkan dari tirai agar api tidak tiba-tiba menyambar.

  • Matikan Listri Saat Rumah Hendak Ditinggal dalam Waktu yang Lama 

Jangan biarkan listrik di rumah tetap menyala jika Anda hendak bepergian dalam waktu yang lama. Selalu ada risiko terjadinya korsleting listrik yang kemudian akan menimbulkan ledakan atau percikan api. Jika itu terjadi saat rumah dalam keadaan kosong, api pasti menyebar dengan cepat dan melahap rumah Anda. Jadi, matikan selalu meteran listrik Anda. 

  • Siapkan APAR di Rumah 

Jangan sepelekan keberaan APAR (Alat Pemadam Kebakaran) di rumah. Pastikan alat ini tersedia di rumah Anda agar bisa jadi pertolongan pertama saat terjadi kebakaran di rumah. 

Cara Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Kebakaran 

Meskipun sudah dicegah sedemikian rupa, berbagai bencana seringkali tak terduga datangnya. Ikuti cara-cara berikut untuk menyelamatkan diri dan penghuni rumah lain jika kebakaran terjadi di rumah Anda:

  • Semprot Sumber Api Menggunakan APAR

Sebelumnya perlu dipahami bahwa cara ini hanya boleh dilakukan jika api yang berkobar terbilang masih kecil. Semprot langsung sumber api menggunakan APAR sebelum api menyebar luas. Tapi jika api sudah terlanjur menyebar, pilihan terbaik yang Anda punya adalah menyelamatkan diri. Jangan memaksakan diri untuk melawan api karena itu justru bisa membahayakan Anda. 

  • Keluar Rumah Secepat Mungkin 

Jika masih memungkinkan untuk keluar, segeralah berlari ke luar untuk menyelamatkan diri Anda lewat akses terdekat yang bisa dijangkau. Jangan dulu berpikir untuk menyelamatkan harta benda saat keluar rumah, karena nyawa Anda adalah yang paling utama. 

Saat berlari ke luar rumah, gunakan kedua tangan untuk melindungi kepala Anda. Berlari dengan sedikit membungkuk juga bisa jadi pilihan yang tepat agar kepala tidak langsung terkena jika ada atap atau bagian rumah bagian lain yang roboh dan mengenai Anda. 

  • Telepon Pemadam Kebakaran 

Hubungi pemadam kebakaran atau nomor darurat lainnya segera setelah Anda menyadari bahwa api yang mulai berkobar tak bisa Anda kendalikan sendiri. Simpan selalu daftar nomor telepon darurat di dekat telepon rumah atau di dalam ponsel Anda untuk berjaga-jaga.

  • Pentingnya Memiliki Asuransi Kebakaran 

Kebakaran yang terjadi pasti menyebabkan kerugian secara materiil. Hal ini pasti akan sangat mengganggu kondisi keuangan Anda, terlebih jika kebakaran yang terjadi cukup besar. Namun sesungguhnya kerugian seperti ini bisa Anda minimalisir dengan memiliki asuransi rumah, khususnya yang mengcover kerugian akibat kebakaran. 

Asuransi Jasindo merupakan salah satu yang memiliki produk seperti ini. Apa saja yang dicover oleh asuransi kebakaran Asuransi Jasindo?

1. Perlindungan kebakaran dengan nilai pertanggungan maksimal seharga rumah Anda

2. Kebongkaran + TJH 

3. Bantuan sewa rumah 

4. Perlindungan untuk kerusakan yang diakibatkan huru-hara 

5. Kecelakaan diri 

6. Bantuan pengacara 

Tak berlebihan untuk menyebut paket perlindungan kebakaran di atas sebagai salah satu paket yang paling lengkap. Harga premi yang harus Anda bayarkan nantinya juga akan disesuaikan dengan nilai dari rumah Anda. Saat mengunjungi Asuransi Kebakaran Jasindo Anda akan diminta memasukkan harga rumah dan memilih sendiri jenis paket yang diinginkan. 

Mengingat manfaatnya yang cukup besar, memiliki asuransi rumah untuk melindungi asset berharga Anda sebaiknya tidak ditunda-tunda lagi. Selain asuransi kebakaran, cek juga produk bermanfaat lain yang ditawarkan oleh Asuransi Jasindo. 

Bagikan