2019-10-17 12:00:12

Waspada Bengkel Mobil Abal-Abal, Begini Cara Memilih yang Berkualitas

bengkel mobil

Rutin digunakan untuk menemani aktivitas Anda sehari-hari, pastinya mobil kesayangan butuh perawatan rutin agar tetap prima. Meskipun mungkin tetap bisa bekerja sebagaimana mestinya, mobil yang tak rutin melakukan perawatan lama-kelamaan akan terasa tidak nyaman. 

Selama ini bengkel mobil resmi dari pabrikan selalu direkomendasikan sebagai bengkel terbaik untuk melakukan servis. Tapi tak jarang kita menemukan kendala untuk datang ke bengkel resmi. Bisa jadi karena letak bengkel mobil tersebut jauh dari tempat tinggal, atau bengkel tidak cukup memadai untuk melakukan servis atau modifikasi yang diinginkan. 

Sebelum membahas bagaimana cara memilih bengkel yang berkualitas Anda harus tahu dulu pada waktu seperti apa sajakah mobil harus dibawa ke bengkel. Jangan sampai mobil kesayangan tiba-tiba mogok dan menghambat aktivitas Anda. 

Kapan Harus Berkunjung ke Bengkel Mobil?

Peribahasa “lebih baik mencegah daripada mengobati” rupanya tak hanya berlaku bagi manusia. Peribahasa ini bisa juga Anda terapkan pada mobil. Biaya perawatan hampir selalu lebih murah dibanding biaya perbaikan ketika  terjadi kerusakan. Bawalah mobil Anda ke bengkel di saat-saat berikut:

  • Servis Rutin 

Miliki jadwal servis yang rutin, minimal sekali dalam sebulan. Hal yang harus dilakukan saat servis rutin adalah pengecekan semua oli yang dibutuhkan, pengecekan mesin, tekanan ban, dan lain-lain. 

Selain memastikan mobil selalu dalam kondisi prima, servis rutin bisa membuat semua kerusakan yang terjadi pada mobil terdeteksi sedini mungkin. Dengan begitu penanganannya juga lebih cepat dan tidak akan membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. 

  • Saat Anda Merasa Ada Kejanggalan 

Jika Anda merasa ada yang aneh dengan mobil Anda saat digunakan, sebaiknya jangan tunda untuk segera membawanya ke bengkel mobil terdekat. Cari tahu dengan pasti apa yang membuatnya terasa berbeda saat dikendarai. 

Kerusakan kecil yang tidak segera ditangani bisa berubah jadi kerusakan yang parah. Selain itu hal tersebut juga membahayakan keselamatan Anda saat berkendara. Jadi, jangan tunda untuk segera melakukan perbaikan, ya!

  • Saat Ingin Melakukan Modifikasi 

Beberapa modifikasi ringan mungkin bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Tapi jika hendak melakukan modifikasi yang besar, misalnya mengganti salah satu bagian mesin, ada baiknya untuk mendatangi bengkel mobil saja. Hal itu untuk memastikan proses modifikasi berlangsung dengan sempurna. 

Bagaimana Cara Memilih Bengkel Mobil yang Berkualitas

Agar tidak terjebak bengkel abal-abal, ada baiknya research terlebih dahulu dan harus punya pandangan mengenai bengkel yang akan dikunjungi. Yuk cek cara memilih bengkel mobil yang berkualitas di bawah ini:

  • Pilih Bengkel yang Memiliki Tekhnisi Profesional

Tekhnisi yang professional adalah salah satu kunci terpenting dalam menentukan bengkel yang berkualitas. Keprofesionalan tekhnisi di bengkel mobil tidak hanya terlihat saat mengerjakan mobil Anda, tapi juga saat diajak berbincang mengenai masalah pada mobil dan apa solusinya.

Beberapa bengkel ternama bahkan hanya mau mempekerjakan tekhnisi yang memiliki sertifikat tertentu. Bengkel seperti itu layak dijadikan pilihan untuk memanjakan mobil kesayangan Anda. 

  • Pilih Bengkel dengan Quality Control yang Baik 

Bengkel mobil yang berkualitas bisa terlihat dari prosedur quality control yang dimiliki. Pengerjaan mobil oleh tekhnisi juga pasti sudah memiliki SOP yang jelas. Oleh karena itu, ketika memilih bengkel cobalah perhatikan kedua hal tersebut. 

Bengkel-bengkel mobil berkualitas biasanya akan memberikan semacam buku catatan setiap Anda usai melakukan servis. Kalau berhasil menemukan bengkel seperti itu, tak ada salahnya untuk langsung dijadikan langganan. 

  • Pilih Bengkel yang Menjual Suku Cadang Lengkap 

Kelengkapan suku cadang yang disiapkan bisa juga menjadi salah satu indikator bengkel berkualitas, loh! Sebagai pelanggan Anda juga akan sangat dimudahkan oleh kelengkapan suku cadang yang dijual in. Anda jadi tak perlu susah payah mencari suku cadang yang dibutuhkan ke tempat lain. 

Tapi, Anda tetap harus teliti ketika membeli suku cadang bukan dari bengkel resmi, ya. Pastikan suku cadang yang dibeli dari bengkel mobil langganan tersebut benar-benar sesuai untuk mobil Anda. 

  • Minta Referensi Pada Orang Terdekat 

Jika masih ragu untuk memutuskan sendiri bengkel mana yang layak dijadikan langganan, Anda bisa meminta referensi pada orang terdekat Anda. Apalagi jika orang tersebut kebetulan adalah orang yang lebih mengerti tentang dunia otomotif. 

Selain pada orang terdekat, saat ini Anda juga bisa dengan menemukan review serta testimoni dari sebuah bengkel di internet. Bandingkan beberapa bengkel sekaligus, lalu baca dengan seksama review dan testimoninya sebelum Anda menjatuhkan pilihan. 

Menyerahkan mobil kesayangan ke bengkel mobil terpercaya untuk servis rutin dan macam-macam perbaikan akan membuat Anda merasa lebih tenang. Tapi jika ingin perlindungan yang lebih menyeluruh ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk segera memiliki asuransi mobil. 

Asuransi Jasindo memiliki produk perlindungan mobil yang pasti sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan harga premi yang relatif terjangkau, mobil kesayangan Anda sudah terlindungi dari berbagai risiko seperti kemalingan, kecelakaan, sabotase, dan lain-lain. 

Kepemilikan asuransi ini akan meminimalisir kerugian jika suatu saat terjadi hal yang tak diinginkan. Jadi tunggu apa lagi? Segera kunjungi Asuransi Mobil Jasindo untuk memastikan mobil kesayangan Anda selalu aman terlindungi.

Bagikan