2020-03-05 12:00:47

Yang Harus Dilakukan Jika Anda Ingin Klaim Asuransi Mobil

klaim asuransi

Asuransi mobil merupakan kebutuhan penting bagi para pemilik kendaraan yang ingin terlindungi dari risiko kerusakaan. Jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi pada kendaraan anda, anda bisa mengajukan klaim terhadap pihak asuransi, sehingga anda tidak perlu menguras tabungan dan dana darurat cukup banya untuk menanganinya.

Mengajukan klaim asuransi terkadang menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang. Anggapan bahwa proses klaim berbelit-belit banyak menghinggapi para pemilik asuransi. Padahal jika dipersiapkan dengan benar, klaim asuransi sangatlah mudah. Kira-kira apa saja yang perlu disiapkan sebelumnya?

  • Perhatikan Jenis Kerusakan yang Dimiliki

Ada dua jenis asuransi mobil yakni asuransi All Risk dan asuransi Total Loss Only (TLO). Asuransi All Risk merupakan asuransi kendaraan yang mencakup seluruh kerusakan mulai dari kerusakan kecil, kerusakan besar, hingga kehilangan kendaraan. 

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan jenis asuransi yang hanya mencakup 75% kerusakan kendaraan atau lebih. Berbeda dari asuransi All Risk yang menanggung segala jenis kerusakan, asuransi TLO tidak menanggung kerusakan kecil.

Ketahuilah jenis kerusakan yang anda miliki sebelum melakukan klaim, apakah masuk pada kerusakan kecil atau besar. Setelah itu anda lihat jenis asuransi apa yang dimiliki. Jika anda memiliki asuransi All Risk maka kerusakan sekecil apapun bisa diklaim. Jika asuransi anda kebetulan TLO maka klaim anda tidak bisa dilanjutkan.

  • Hubungi Pihak Asuransi Mobil Segera

Biasanya perusahaan asuransi memiliki tenggat waktu maksimal untuk melaporkan klaim yakni 1-3 hari sejak hari kejadian. Tenggat waktu tersebut penting untuk diperhatikan agar dapat mempermudah proses survei yang dilakukan saat prosedur klaim asuransi mobil dilakukan.

Segera hubungi pihak asuransi setelah kejadian yang mengaibatkan kerusakan terjadi. Apabila anda mengalami kecelakaan, biasanya akan ada layanan mobil derek dan perbaikan yang perlu dilakukan. 

  • Ingat Kronologi Kejadian Secara Rinci

Saat menghubungi pihak asuransi, anda akan ditanya mengenai kronologi kejadian yang menyebabkan kerusakaan kendaraan. Di samping itu, dari bagian klaim perusahaan asuransi juga akan menghubungi anda dan menanyakan terkait kejadian secara rinci. 

Pastikan jika anda dapat menjawab pertanyaan secara detail. Ingat-ingat waktu kejadian, lokasi, keadaan dan posisi pengemudi saat kejadian dan juga penyebab kejadian tersebut terjadi.

  • Persiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum kendaraan anda diperbaiki anda perlu melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan untuk proses klaim asuransi mobil. Apa saja formulir yang sekiranya dibutuhkan.

  1. Formulir Klaim
    Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan anda formulir ketika anda mengajukan klaim. Pastikan anda melengkapi formulir ini sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Formulir ini juga harus diisi dengan lengkap, apabila menemui kesulitan dalam mengisi Anda wajib untuk menanyakan kepada pihak asuransi agar proses klaim tidak terhambat.
  2. Surat Keterangan dari Kepolisian
    Jika anda mengalami kecelakaan dan kehilangan kendaraan, anda perlu meminta surat keterangan dari pihak kepolisian. Biasanya surat ini bisa didapatkan di kantor polisi terdekat dari lokasi terjadinya kecelakaan.
  3. Salinan Polis Asuransi
    Persiapkan juga fotokopi polis asuransi untuk mengajukan klaim asuransi mobil. Polis asuransi merupakan dokumen terpenting yang membuktikan jika anda menggunakan layanan asuransi. Polis asuransi juga menjadi acuan untuk memperoleh informasi besaran dan pembayaran premi anda.
  4. Salinan Identitas Diri dan Surat Kendaraan
    Sertakan juga Salinan identitas diri seperti SIM. SIM penting untuk mengetahui apakah pengendara mobil sudah memiliki izin berkendara. Jika pengendara mobil yang menyebabkan kecelakaan tidak memiliki SIM, biasanya proses klaim tidak dapat dilakukan. Selain SIM, anda juga perlu membawa Salinan STNK. Salinan STNK berguna untuk mengetahui kepemilika kendaraan. Namun, jika anda mengalami kehilangan kendaraan, anda perlu membawa surat bukti pemblokiran STNK kendaraan sebagai salah satu dokumen pelengkap.
  • Jangan Lupa Abadikan Kondisi Mobil

Abadikan kondisi mobil dengan memfotonya. Perlihatkan detail kerusakan secara lengkap. Anda bisa mengirim foto ini sebagai bukti kepada pihak asuransi agar klaim asuransi mobil tidak ditolak. Jika anda mengalami kehilangan mobil, anda juga bisa meminta bantuan pihak berwajib untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait.

  • Ikuti Prosedur dengan Baik

Proses klaim akan berjalan dengan lancar jika anda mengikuti semua prosedur dengan baik. Ikuti semua langkah dan lengkapi semua dokumen secara detail agar klaim dapat disetujui dengan cepat. Jika anda bersikap kooperatif, proses ini tidak akan memakan waktu yang banyak.

Pastikan anda juga membaca panduan untuk klaim yang biasanya disediakan oleh perusahaan asuransi baik dalam website resminya, maupun yang diberikan untuk anda. Sehingga anda bisa mengumpulkan semua dokumen tanpa perlu bolak-balik bertanya.

Itulah beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk mengajukan klaim kendaraan. Agar klaim asuransi tidak terhambat, pastikan anda memilih perusahaan asuransi mobil dengan reputasi baik dari segi pelayanan. Anda juga perlu memilih perusahaan asuransi yang telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Saat ini, salah satu produk asuransi kendaraan pilihan yang bisa anda pilih ialah Jasindo OTO dan Jasindo OTO Plus. Dengan kualitas perlindungan dan pelayanan yang baik, Jasindo hadir untuk memenuhi perlindungan kendaraan anda. Anda bisa mengunjungi situs www.jasindo.co.id untuk mengetahui lebih detail mengenai perlindungan asuransi, hanya dengan mengisi formulir online yang mudah Anda bisa langsung mendaftarkan asuransi untuk kendaraan Anda. Bersama #AsuransiJasindo #BUMNHadiruntukNegeri #MelengkapiHidupmu.

Bagikan