2024-05-01 09:27:39

5 Produk Jasindo Tumbuh Positif, Asuransi Satelit Mendominasi

5 Produk Jasindo Tumbuh Positif, Asuransi Satelit Mendominasi

5 Produk Jasindo Tumbuh Positif, Asuransi Satelit Mendominasi

Bandung Lima produk PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo tumbuh positif pada 2023. Hal ini sesuai dari laporan keuangan 2023 (audited) Asuransi Jasindo yang dipublikasi pada minggu ketiga April 2024.

Manurut Direktur Utama Asuransi Jasindo, Andy Samuel, lima produk tersebut antara lain Marine Hull, Energy Offshore, Energy Onshore, Satelit, dan Liability. Kelima tersebut meningkat penjualannya dibanding tahun sebelumnya.

“Pencapaian ini menjadi tanda bahwa Jasindo sudah kembali on track, yaitu kembali pada core competence. Peningkatan pada produk-produk tersebut memang sesuai dengan target industri-industri yang menjadi keahlian kami, yaitu mega risk,” katanya.

Andy juga menjelaskan kenaikan terdapat pada produk Marine Hull dengan total Rp166,43 miliar pada 2022 meningkat menjadi Rp275,38 miliar pada 2023. Untuk produk Energy Offshore total Rp570,79 miliar pada 2022 meningkat menjadi Rp572,62 miliar pada 2023. Begitu pula dengan produk Energy Onshore total Rp39,62 miliar pada 2022 meningkat menjadi Rp44,42 miliar pada 2023.

“Produk asuransi Satelit pun demikian, sebelumnya total Rp129,97 miliar pada 2022 naik menjadi Rp283,40 miliar pada 2023. Produk Liability Rp40,00 miliar pada 2022 naik menjadi Rp 40,36 miliar pada 2023,” tambahnya.

Andy melanjutkan, Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia. Serta terbukti tangguh untuk bangkit dari kondisi yang menantang dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan profesional dan terbaik.

“Kepercayaan itulah yang akhirnya bisa mengantarkan Jasindo bisa memegang asuransi penting di Indonesia. Salah satunya satelit,” lanjut Andy.

Di produk satelit, Jasindo menjadi risk management partner untuk Telkom Indonesia dalam memberikan perlindungan asuransi untuk satelit Telkomsat, yaitu risiko peluncuran dan risiko pada saat in-orbitAndy menambahkan bahwa kehadiran risiko-risiko tersebut yang membuat Jasindo memiliki peran penting untuk memberikan pelayanan perlindungan asuransi komprehensif (launch & in orbit insurance), mulai dari total loss yang mencakup kerugian atau kerusakan total, constructive total loss yang mencakup kerugian di atas 75% dari nilai yang dijamin, dan partial loss yang mencakup kerusakan sebagian. Selain asuransi satelit, asuransi marine hull pun tercatat tumbuh positif. Proteksi di sektor kelautan menjadi penting di Indonesia. Perairan yang mencapai 3,25 juta km2 atau sekitar 63 persen wilayah Indonesia, menjadi lalu lintas kapal untuk mengangkut logistik.

“Untuk itu, asuransi di sektor kelautan menjadi hal utama,” lanjut Andy.

Asuransi Jasindo merespon kebutuhan sektor kelautan dengan memberikan layanan melalui produk-produk yang tepat sehingga menjamin kemungkinan bahaya atau risiko yang timbul di laut.

“Perlindungan ini diberikan dalam beberapa produk asuransi yaitu Marine Hull & Machinery (asuransi rangka kapal), Marine Cargo (asuransi pengangkutan) dan Marine Liability (asuransi tanggung gugat berhubungan dengan risiko laut),” tutup Andy Samuel.

***

Tentang PT Asuransi Jasa Indonesia

Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi umum dengan kepemilikan 1 lembar saham seri A dwiwarna milik Negara Republik Indonesia dan 424.999 lembar saham Seri B milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia. Serta terbukti tangguh untuk bangkit dari kondisi yang menantang dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan profesional dan terbaik.

Saat ini Asuransi Jasindo fokus pada pertumbuhan bisnis yang profitable dan sustainable baik pada bisnis penugasan pemerintah maupun non pemerintah, serta memperkuat support business untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah. Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan reasuradur terkemuka, terutama untuk pertanggungan yang bersifat mega-risk.

Asuransi Jasindo juga senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya AKHLAK, sehingga Asuransi Jasindo melakukan pengembangan terhadap tata kelola dan manajemen risiko melalui penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) agar Perusahaan dapat menjaga Amanah yang dipercayakan oleh setiap tertanggung.

Bagikan

    PT ASURANSI JASA INDONESIA BERIZIN DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN

bergabung bersama kami