2024-09-04 11:40:06

Jasindo Bayarkan Klaim Asuransi Marine Hull Rp5,7 Miliar ke Putra Marindo Prima

Jasindo Bayarkan Klaim Asuransi Marine Hull Rp5,7 Miliar ke Putra Marindo Prima

 

Jasindo Bayarkan Klaim Asuransi Marine Hull Rp5,7 Miliar ke Putra Marindo Prima

Balikpapan, 2 September 2024 - PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) telah membayarkan klaim asuransi Marine Hull sebesar Rp5,7 miliar kepada PT Putra Marindo Prima pada Senin, 2 September 2024.

Pembayaran klaim Asuransi Rangka Kapal ini dilakukan di Balikpapan, Kalimantan Timur, dan diterima langsung oleh Pimpinan Operasional PT Putra Marindo Prima. PT Putra Marindo Prima, perusahaan asal Balikpapan, merupakan pemilik Kapal Barge Tongkang Baiduri 27259.

Selama operasionalnya, kapal ini digunakan untuk mengangkut material dan batu bara di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.

Kapal Tongkang Baiduri 27259 telah diasuransikan oleh PT Putra Marindo Prima sejak tahun 2011 melalui PT Asuransi Jasindo RO Balikpapan, sebagai langkah antisipasi terhadap risiko yang mungkin terjadi di perairan Kaltim dan Kaltara.

"Asuransi Jasindo selalu berkomitmen untuk bekerja sesuai dengan prinsip Good Corporate Governance (GCG). Salah satu syarat untuk memenuhi GCG adalah menyelesaikan klaim sesuai dengan ketentuan yang berlaku," ujar Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo, Brellian Gema, dalam siaran persnya.

Brellian menambahkan bahwa pembayaran klaim sesuai dengan nilai pertanggungan adalah bentuk komitmen perusahaan kepada nasabah. Selama risiko yang terjadi masih dijamin dalam ketentuan polis, Jasindo akan menyelesaikannya.

Jasindo mencatatkan kinerja positif dalam lini bisnis asuransi Marine Hull atau rangka kapal. Brellian menyebutkan bahwa pendapatan premi bruto dari lini asuransi Marine Hull mencapai Rp130,01 miliar pada semester I-2024.

"Nilai ini naik signifikan sebesar 41,93% dibandingkan dengan pencapaian yang sama pada tahun sebelumnya," ungkapnya.

Prospek asuransi Marine Hull hingga akhir tahun ini dinilai sangat menjanjikan. Hal ini dipengaruhi oleh peningkatan aktivitas ekonomi dan volume perdagangan maritim, yang berpotensi membawa akuisisi tertanggung baru.

"Namun, ada beberapa faktor yang perlu diwaspadai, seperti fluktuasi harga di sektor industri pelayaran, bencana alam, dan geopolitik internasional, yang dapat mempengaruhi ekonomi global, khususnya industri pelayaran," tambah Brellian.

Ia juga menekankan pentingnya memiliki asuransi Marine Hull untuk melindungi aset-aset seperti kapal dari risiko kerusakan, kecelakaan, cuaca buruk, serta risiko lainnya selama operasional.

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun di sektor asuransi umum dan belasan tahun dalam mengelola produk asuransi Marine Hull, Jasindo dinilai sangat terukur dalam menganalisis dan mengelola risiko yang sesuai dengan industri pelayaran.

***

Tentang PT Asuransi Jasa Indonesia

Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi umum dengan kepemilikan 1 lembar saham seri A dwiwarna milik Negara Republik Indonesia dan 424.999 lembar saham Seri B milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia. Serta terbukti tangguh untuk bangkit dari kondisi yang menantang dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan profesional dan terbaik.

Saat ini Asuransi Jasindo fokus pada pertumbuhan bisnis yang profitable dan sustainable baik pada bisnis penugasan pemerintah maupun non pemerintah, serta memperkuat support business untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah. Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan reasuradur terkemuka, terutama untuk pertanggungan yang bersifat mega-risk.

Asuransi Jasindo juga senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya AKHLAK, sehingga Asuransi Jasindo melakukan pengembangan terhadap tata kelola dan manajemen risiko melalui penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) agar Perusahaan dapat menjaga Amanah yang dipercayakan oleh setiap tertanggung.

 

 

Bagikan

    PT ASURANSI JASA INDONESIA BERIZIN DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN

bergabung bersama kami