2024-05-14 08:32:21

Jasindo Lindungi 10 Ribu Lebih Barang Milik Negara

Jasindo Lindungi 10 Ribu Lebih Barang Milik Negara

 

Jasindo Lindungi 10 Ribu Lebih Barang Milik Negara

Jakarta - PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) berperan aktif dalam memberikan perlindungan asuransi terhadap Barang Milik Negara (BMN). Pada tahun 2023, Jasindo telah mengasuransikan 10.373 objek BMN milik 78 Kementerian/Lembaga dengan total nilai pertanggungan (TSI) mencapai Rp72,64 triliun.

“Sepanjang tahun 2023, Jasindo telah membayarkan klaim asuransi BMN senilai Rp4,29 miliar. Kejadian klaim terakhir adalah terbakarnya Rumah Sakit Sulianti Saroso pada 3 Oktober 2023, dengan nilai klaim sebesar Rp1,9 miliar,” kata Direktur Pengembangan Bisnis Jasindo, Diwe Novara di Jakarta, Selasa (14/5).

Diwe mengatakan bahwa asuransi BMN merupakan salah satu bentuk kontribusi Jasindo dalam menjaga aset Negara. "Kami berkomitmen untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi aset-aset negara dari berbagai risiko," katanya.

Diwe menambahkan bahwa Jasindo sebagai leader Konsorsium Asuransi Barang Milik Negara (ABMN) dan juga sebagai Penerbit Polis Asuransi BMN terus memperkuat layanan melalui konsep risk management partnership. "Kami memiliki tim yang berpengalaman dan profesional untuk memberikan pelayanan dan saran perlindungan terbaik terhadap risiko yang mungkin dialami oleh Kementerian dan Lembaga Pemerintah. Kami juga menjalin kerja sama dengan perusahaan reasuransi terkemuka untuk memastikan kapasitas perlindungan yang memadai," jelasnya.

Luasan perlindungan asuransi BMN yang diberikan Jasindo dapat melindungi harta benda milik Kementerian dan Lembaga Pemerintah dari risiko kerusakan, kehilangan, atau kehancuran. Perlindungan ini mencakup namun tidak terbatas pada bangunan, mesin, lift, pagar, pipa, dan kabel, serta konten lainnya yang ada di dalam sebuah bangunan. Jika risiko terjadi karena penyebab yang tidak dikecualikan oleh polis asuransi BMN, maka setiap Kementerian dan Lembaga Pemerintah bisa mendapatkan perlindungan sesuai dengan ketentuan yang ada dalam polis.

“Dengan diasuransikannya aset Negara ini, dapat mengurangi beban keuangan negara saat terjadi kerusakan pada aset-aset tersebut, karena pihak asuransi yang akan menanggung biaya perbaikan dan restorasinya,” jelas Diwe.

Pada tahun 2024, Jasindo berharap dapat terus berkontribusi dalam melindungi aset-aset negara demi mendukung pembangunan nasional.

“Jasindo mengapresiasi Kementerian dan Lembaga yang telah berpartisipasi menjadi peserta asuransi dengan mengasuransikan Barang Milik Negara yang digunakannya, kami juga berupaya untuk terus membantu meningkatkan risk awareness kepada Kementerian dan Lembaga yang belum mengasuransikan asetnya, sehingga Barang Milik Negara tersebut mendapatkan perlindungan asuransi sepanjang Tahun Anggaran,” tutupnya.

***

Tentang PT Asuransi Jasa Indonesia

Asuransi Jasindo merupakan perusahaan asuransi umum dengan kepemilikan 1 lembar saham seri A dwiwarna milik Negara Republik Indonesia dan 424.999 lembar saham Seri B milik PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero). Asuransi Jasindo telah berpengalaman selama lebih dari 50 tahun dalam memberikan perlindungan asuransi bagi pelaku bisnis dan masyarakat Indonesia. Serta terbukti tangguh untuk bangkit dari kondisi yang menantang dan terus berinovasi dalam memberikan pelayanan profesional dan terbaik.

Saat ini Asuransi Jasindo fokus pada pertumbuhan bisnis yang profitable dan sustainable baik pada bisnis penugasan pemerintah maupun non pemerintah, serta memperkuat support business untuk memberikan pelayanan prima kepada nasabah. Asuransi Jasindo juga banyak mendapatkan dukungan reasuradur terkemuka, terutama untuk pertanggungan yang bersifat mega-risk.

Asuransi Jasindo juga senantiasa memegang teguh nilai-nilai budaya AKHLAK, sehingga Asuransi Jasindo melakukan pengembangan terhadap tata kelola dan manajemen risiko melalui penerapan GRC (Governance, Risk, dan Compliance) agar Perusahaan dapat menjaga Amanah yang dipercayakan oleh setiap tertanggung.

Bagikan

    PT ASURANSI JASA INDONESIA BERIZIN DAN DIAWASI OLEH OTORITAS JASA KEUANGAN

bergabung bersama kami