Asuransi Jasindo

2017-08-01 05:28:05

5 Tips Mengelola Keuangan Untuk Persiapan Traveling

Mengatur keuangan adalah salah satu tantangan tersendiri saat Anda akan traveling. Meski sudah menentukan budget dan mengalokasikan uang untuk masing-masing keperluan mulai dari transportasi, akomodasi, uang makan hingga dana cadangan, terkadang Anda kalap dan tanpa sadar menghabiskan uang lebih selama di perjalanan dan saat di tempat tujuan wisata.

Atur keuangan agar tidak kebablasan atau menghabiskan uang begitu saja sebelum dan selama traveling. Berikut 5 tips sederhana mengelola keuangan agar Anda bisa traveling rutin dan have fun di destinasi impian.

1.Membuat Anggaran dan Mematuhinya

Atur anggaran sesuai dengan penghasilan dan ke mana Anda akan traveling. Namun sedetil apapun Anda menyusun anggaran, hal paling penting tetaplah disiplin untuk mematuhi anggaran yang sudah dibuat. Selain ada aplikasi pengaturan keuangan yang bisa Anda unduh dan install di smartphone, Anda juga bisa menggunakan cara klasik untuk mengatur keuangan dengan memisahkan uang ke dalam amplop-amplop dan diberi nama sesuai dengan kebutuhan yang akan dibayar.

2.Menambah Sumber Penghasilan

Kini ada banyak peluang untuk menambah sumber penghasilan, mulai dari freelancing hingga ikut garage sale. Nah, penghasilan tambahan ini akan sangat membantu Anda menambah pemasukan, khususnya yang digunakan untuk jalan-jalan.

3.Disiplin Menabung

Jika Anda merasa sukar menabung, Anda belajar disiplin menabung dengan mekanisme autodebet dari penghasilan bulanan. Dengan mengikuti program autodebet berjangka, Anda akan menabung otomatis tiap bulan dan tak bisa menarik uang sesuka hati. Anda juga tak bisa menarik dana Anda sebelum waktunya karena akan ada sejumlah denda yang harus dibayarkan jika Anda melakukannya. Atur jumlah yang akan Anda tabung sesuai kebutuhan dan kemapuan Anda. Misalnya saja Anda akan pergi traveling 6 bulan ke depan, maka atur saja agar tabungan Anda mencapai target dalam 6 bulan.

4.Manfaatkan Promo dan Diskon

Jika Anda cermat, ada banyak celah yang bisa dimanfaatkan agar tetap bisa traveling dengan budget yang sangat minim. Salah satunya memanfaatkan berbagai promo dan diskon menarik seperti promo tiket pesawat murah dan diskon hotel. Rajin-rajin juga mencari informasi travel fair, siapa tahu Anda mendapatkan deal fantastis ke destinasi impian.

5.Menyediakan Dana Tak Terduga

Tak ada yang ingin terkena musibah saat berlibur. Namun tak ada salahnya Anda bersiap. Dana tak terduga sangat diperlukan agar Anda tidak perlu khawatir kehabisan tabungan karena budget traveling sudah dianggarkan dengan memasukkan pos untuk "dana tak terduga". Berkat bantuan dana cadangan, rencana traveling Anda akan tetap aman.

Risiko apapun bisa terjadi kapan saja saat Anda melakukan traveling, mulai dari jatuh sakit, kecelakaan, penundaan penerbangan, dan lainnya. Agar pengalaman traveling maksimal, pastikan Anda juga dilindungi oleh Asuransi Perjalanan dari Asuransi Jasindo.

Asuransi Perjalanan Jasindo menawarkan perlindungan komprehensif dan memberikan jaminan manfaat perlindungan medis (reimbursement), bantuan darurat (evakuasi dan repatriasi), kecelakaan diri dan meninggal dunia akibat kecelakaan, ketidaknyamanan perjalanan, dan banyak manfaat lainnya.

Jadi, sudah siap mengepak ransel untuk agenda traveling yang selanjutnya?



Bagikan